Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Renungan Ahad: Menjaga Semangat dan Harapan

Diterbitkan : - Kategori : Kerohanian

Kitab Injil Yohanes menulis kisah tentang Yesus yang mengadakan mujizat saat menghadiri acara pernikahan di Kota Kana. Di tengah acara, tuan rumah menghadapi masalah dengan berkurangnya salah satu hidangan yaitu minuman anggur. Menghadapi permasalahan tersebut, Yesus yang hadir di tengah acara pernikahan membantu menolong tuan rumah dengan mengubah air menjadi anggur, sehingga kebutuhan minuman anggur tersedia untuk seluruh tamu yang datang.

Melihat bahwa ketersediaan minuman anggur yang tidak habis hingga acara selesai dengan kualitas anggur yang baik tersebut, seorang pemimpin pesta, yang istilah pada jaman ini disebut pemimpin wedding organizer pun keheranan dengan minuman anggur disediakan oleh tuan rumah, dan berkata kepadanya: “Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang.”

Selama menjadi wedding organizer yang selalu memimpin dan mengatur dari pesta ke pesta, tuan rumah pemilik pesta biasanya menyediakan hidangan yang baik dahulu, baru hidangan yang kurang baik. Tetapi, di acara pesta kali ini dia menemui hidangan minuman anggur yang baik dari awal pesta dimulai hingga selesai.

Buah anggur merupakan buah yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Karena, buah anggur memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita, diantaranya adalah: (1) meningkatkan kekebalan tubuh, (2) mengandung antioksidan untuk memperlambat penuaan, (3) menjaga kesehatan kulit dan rambut, (4) meningkatkan kaulitas tidur, (5) meningkatkan kesehatan jantung, (6) melindungi pengelihatan yang sehat, dan (7) menjaga kesehatan pencernaan (Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/ini-7-manfaat-buah-anggur-yang-jarang-diketahui)

Dengan kondisi tubuh yang bugar dan jiwa yang bahagia, maka kita pun dapat semakin bersemangat untuk melaksanakan segala aktifitas setiap hari dengan baik dan mendapatkan hasil yang terbaik. Bahkan, hubungan kita dengan orang-orang disekitar kita pun akan terbangun dengan sangat harmonis, memiliki kepedulian dan saling tolong menolong.

Dari uraian tersebut di atas, maka kita dapat belajar bahwa sebagai insan yang mendapat amanah dan melayani di dalam keluarga, pekerjaan, sekolah/kampus, maupun di lingkungan manapun, kita membutuhkan semangat yang dari awal hingga akhir tetap terjaga. Tidak dapat dipungkiri bahwa di dalam kehidupan, kita akan menghadapi masalah demi masalah yang dapat menggerus semangat di dalam hidup kita, sehingga lambat laun kita mulai tidak bersemangat lagi untuk terus melanjutkan setiap aktifitas, bahkan berhenti.

Sebagai orangtua, anak, suami/istri, siswa, mahasiswa, pegawai, pengusaha, atau posisi maupun pekerjaan apapun, apakah cinta dan semangat Anda saat ini redup? Rencana yang Anda susun tidak sesuai dengan harapan? Anda kecewa dan ingin berhenti? Jangan putus asa, masih ada pengharapan. Dekatkan diri Anda kepada TUHAN, terus berdoa dan jalankan Firman-NYA. Maka, TUHAN akan melakukan mujizat dalam hidup Anda, dengan mengalirkan cinta dan semangat yang baru. Seperti halnya Yesus mengubah air yang tawar menjadi minuman anggur yang membangkitan semangat, menyegarkan tubuh dan jiwa Anda, serta menjadi berkat bagi orang lain. Undang TUHAN selalu di dalam kehidupan kita.

AMIN, TUHAN memberkati.

Penulis: Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Nananng
Sabtu, 11 Mar 2023

Mantap…. Kang…..👍👍👍🤗🤗

Balas
Bpk daniel gunarso
Sabtu, 11 Mar 2023

Luar biasa puji Tuhan

Balas
Nanda destiana
Selasa, 21 Mar 2023

Sangat luar biasa

Balas

Beri Komentar