Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Mengenal Jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 10 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita / PPDB

Penduduk Indonesia cenderung memilih sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari. Popularitas sepeda motor yang tinggi membuka peluang besar di bidang otomotif, terutama dalam perbaikan dan perawatan. Untuk mendukung peluang tersebut, diperlukan pendidikan khusus yang fokus pada teknik otomotif sepeda motor. Program keahlian ini dikenal sebagai Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) adalah program keahlian yang mengajarkan kompetensi teknik otomotif, dengan penekanan pada keterampilan dan layanan mekanik sepeda motor. Program ini dirancang untuk mempersiapkan peserta didik bekerja di berbagai bidang, baik di instansi pemerintah, perusahaan swasta, maupun sebagai wirausaha. Tujuan dari program TBSM adalah menghasilkan lulusan yang kompeten dan kompetitif dalam menghadapi dunia usaha dan industri.

Di tengah perkembangan teknologi dan mobilitas yang pesat, permintaan akan pengetahuan dan keahlian dalam bidang teknik sepeda motor semakin meningkat. SMK Negeri 10 Semarang menjadi salah satu institusi pendidikan yang memberikan perhatian khusus terhadap jurusan ini. Melalui program yang komprehensif dan inovatif, sekolah ini berhasil menghasilkan lulusan yang siap bersaing di industri sepeda motor yang dinamis dan terus berkembang.

Materi yang Dipelajari di TBSM SMKN 10 Semarang

Di jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di SMK, siswa akan mempelajari berbagai mata pelajaran yang dirancang untuk memberikan keterampilan teknis dan pengetahuan bisnis yang dibutuhkan dalam industri sepeda motor.

  1. Salah satu mata pelajaran utama adalah Gambar Teknik Otomotif, di mana siswa akan memahami gambar teknik dan simbol-simbol yang digunakan dalam industri otomotif. Selain itu, Teknologi Dasar Otomotif memperkenalkan konsep dasar berbagai teknologi yang digunakan dalam kendaraan bermotor, sedangkan Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif membekali siswa dengan keterampilan dasar yang dibutuhkan dalam teknik otomotif, termasuk penggunaan alat dan teknik dasar perbaikan.
  2. Dalam hal pemeliharaan, siswa akan belajar tentang Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor, mencakup teknik perawatan dan perbaikan mesin sepeda motor, termasuk sistem bahan bakar, pendingin, dan pelumasan. Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor mengajarkan perbaikan dan perawatan komponen sasis, termasuk suspensi, rem, dan roda. Siswa juga akan mempelajari Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor, yang mencakup perbaikan dan pemeliharaan sistem kelistrikan sepeda motor, termasuk sistem pengapian dan penerangan. Selain itu, Pemeliharaan Berkala Sepeda Motor mengajarkan perawatan rutin yang diperlukan untuk menjaga performa sepeda motor, dan Teknik Diagnostik Sepeda Motor mengajarkan teknik dan alat yang digunakan untuk mendiagnosis masalah pada sepeda motor.
  3. Dalam aspek bisnis dan manajemen, siswa akan mempelajari Manajemen Bengkel Sepeda Motor, yang mencakup konsep dasar manajemen bengkel, termasuk operasional, administrasi, dan layanan pelanggan. Selain itu, mata pelajaran Kewirausahaan membekali siswa dengan prinsip-prinsip dasar kewirausahaan, cara memulai bisnis, dan manajemen usaha kecil.

Mata pelajaran ini dirancang untuk memberikan keseimbangan antara teori dan praktik, memastikan bahwa siswa memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di industri otomotif, khususnya dalam bidang sepeda motor.

Peluang Karir Lulusan TBSM SMKN 10 Semarang

Lulusan dari jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di SMK memiliki berbagai peluang karier yang menjanjikan di industri otomotif, khususnya dalam bidang sepeda motor.

  1. Dalam bidang teknik, lulusan dapat bekerja sebagai mekanik sepeda motor di bengkel resmi atau independen, melakukan perbaikan dan perawatan sepeda motor. Mereka dapat berspesialisasi dalam diagnostik dan troubleshooting untuk memperbaiki masalah teknis sepeda motor. Selain itu, lulusan juga bisa menjadi teknisi diagnostik, ahli dalam menggunakan alat diagnostik untuk mendiagnosis masalah pada sepeda motor, bekerja di pusat layanan atau bengkel yang menyediakan layanan khusus diagnostik.
  2. Sebagai pengelola bengkel, lulusan dapat mengelola operasional sehari-hari sebuah bengkel sepeda motor, menangani administrasi, layanan pelanggan, dan manajemen staf teknis. Mereka juga dapat menjadi spesialis modifikasi dan kustomisasi, melakukan modifikasi dan kustomisasi sepeda motor sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Dalam peran ini, lulusan bisa bekerja di bengkel spesialis atau membuka usaha sendiri yang fokus pada modifikasi.
  3. Di bidang bisnis dan manajemen, lulusan dapat bekerja di dealer sepeda motor sebagai tenaga sales dan pemasaran, menjual produk dan layanan, serta mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan sepeda motor dan aksesori. Sebagai manajer toko suku cadang dan aksesori, mereka dapat mengelola toko yang menjual suku cadang dan aksesori sepeda motor, mengatur inventaris, pemasaran, dan layanan pelanggan.
  4. Bagi yang memiliki jiwa kewirausahaan, lulusan dapat membuka dan mengelola bisnis bengkel sepeda motor atau toko suku cadang dan aksesori, menjadi pemilik usaha yang menyediakan layanan perawatan, perbaikan, dan modifikasi sepeda motor. Prospek karier ini menawarkan kesempatan bagi lulusan untuk mengembangkan keterampilan mereka dan sukses di industri otomotif yang dinamis.

Dengan keterampilan teknis yang mendalam dan pengetahuan bisnis yang baik, lulusan jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor memiliki prospek karier yang luas dan beragam, serta kesempatan untuk berkembang dan sukses di industri otomotif.

Peluang Studi di Perguruan Tinggi

Lulusan dari jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMK memiliki berbagai pilihan jurusan di perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan dan memperdalam pengetahuan serta keterampilan mereka. Beberapa jurusan yang relevan dan dapat dimasuki oleh lulusan TBSM mencakup bidang teknik dan manajemen.

  1. Di bidang teknik, lulusan TBSM dapat memilih jurusan Teknik Mesin, yang mempelajari prinsip-prinsip desain, analisis, manufaktur, dan pemeliharaan sistem mekanik. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai sektor industri, termasuk otomotif. Jurusan Teknik Otomotif juga sangat relevan, dengan fokus pada desain, pengembangan, pembuatan, dan pemeliharaan kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Pengetahuan ini akan sangat berguna bagi lulusan yang ingin mendalami aspek teknis kendaraan bermotor.
  2. Teknik Elektro adalah pilihan lain yang menarik, di mana mahasiswa akan mempelajari sistem kelistrikan dan elektronika yang diterapkan pada kendaraan bermotor. Pengetahuan ini sangat berguna untuk pekerjaan yang berhubungan dengan sistem elektronik pada sepeda motor. Selain itu, Teknik Industri menawarkan pembelajaran tentang optimalisasi sistem produksi dan operasional, cocok bagi lulusan yang tertarik pada aspek manajemen dan efisiensi dalam industri otomotif.
  3. Di bidang manajemen dan bisnis, lulusan TBSM dapat memilih jurusan Manajemen, yang mempelajari pengelolaan organisasi, termasuk pemasaran, sumber daya manusia, dan keuangan. Ini relevan bagi mereka yang ingin fokus pada aspek bisnis dan manajemen bengkel atau dealer. Alternatif lainnya adalah Manajemen Bisnis Otomotif, program yang lebih spesifik dan fokus pada manajemen dalam industri otomotif, termasuk penjualan, layanan, dan pengelolaan bisnis otomotif.

Dengan berbagai pilihan ini, lulusan TBSM memiliki peluang untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka lebih lanjut, membuka pintu untuk karier yang sukses di industri otomotif dan manajemen bisnis.

Jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 10 Semarang tidak hanya memberikan pendidikan teknis yang solid, tetapi juga membuka pintu bagi siswa untuk menjelajahi peluang karier yang menarik di industri sepeda motor yang sedang berkembang pesat. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama masa pendidikan, lulusan siap memasuki dunia kerja dan berkontribusi dalam mendorong kemajuan industri otomotif di masa depan. Program ini membekali siswa dengan kemampuan praktis dan teori yang relevan, memastikan mereka dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam sektor yang dinamis ini.

Penulis : Suparman, S.Pd, Ketua Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar