Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Visi, Misi dan Tujuan

VISI:

“Menghebatkan SMKN 10 Semarang melalui Penguatan Landasan Pembangunan Sekolah secara Terukur Berbasis Literasi dan Digitalisasi.”

MISI:

  1. Meningkatkan Literasi Siswa dan Guru dengan menyediakan program dan lingkungan pembelajaran yang mendorong minat baca dan pengembangan ketrampilan literasi.
  2. Menerapkan Pendekatan Digital dalam Pembelajaran dengan integrasi teknologi digital dan pelatihan guru secara reguler.
  3. Mengembangkan Kurikulum Berbasis Literasi dan Digitalisasi.
  4. Meningkatkan Kompetensi Guru dalam penggunaan metode pembelajaran inovatif dengan memberikan akses ke sumber daya pendidikan digital
  5. Membangun Kemitraan dengan Iduka untuk memperkuat link and match dengan perkembangan industri.
  6. Melakukan evaluasi berdasarkan data untuk menyusun rencana aksi perbaikan dan pengembangan sekolah.

TUJUAN :

  1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Literasi dan Digitalisasi: Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum yang berfokus pada penguatan literasi dan pemanfaatan teknologi digital sebagai alat pembelajaran yang efektif, sehingga menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

  2. Mendorong Kreativitas dan Inovasi dalam Proses Pendidikan: Menumbuhkan semangat inovasi dan kreativitas di kalangan guru dan siswa, sehingga mendorong penggunaan metode pembelajaran yang inovatif, penemuan ilmu baru, serta implementasi teknologi untuk memperkaya pengalaman belajar di SMKN 10 Semarang.
  3. Membangun Budaya Literasi dan Digital di Sekolah dan Masyarakat: Menanamkan nilai-nilai literasi dan digitalisasi di seluruh elemen warga sekolah serta melibatkan masyarakat dalam mengapresiasi dan mendukung penerapan literasi dan teknologi digital sebagai bagian dari budaya sekolah.
  4. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Sekolah: Mengembangkan program pelatihan dan pengembangan SDM bagi guru dan tenaga kependidikan guna meningkatkan kompetensi dalam mengintegrasikan literasi dan teknologi digital dalam proses pembelajaran dan manajemen sekolah.
  5. Memperkuat Kerjasama dengan Industri dan Dunia Usaha: Membangun kemitraan yang erat dengan industri dan dunia usaha untuk menciptakan kesempatan belajar yang relevan dan aplikatif bagi siswa, serta mempersiapkan mereka agar siap terjun ke dunia kerja dengan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan industri.
  6. Menumbuhkan Kesadaran Berwawasan Lingkungan: Mendorong kesadaran berwawasan lingkungan di kalangan guru dan siswa dengan mengintegrasikan pendekatan berbasis literasi dan digitalisasi dalam pendidikan lingkungan, sehingga SMKN 10 Semarang dapat berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan kelestarian alam.
  7. Mengukir Prestasi di Bidang Akademik dan Non-Akademik: Mendorong siswa untuk berprestasi di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik, melalui penerapan strategi literasi dan digitalisasi yang memacu kreativitas dan kompetensi mereka.
  8. Memaksimalkan Penggunaan Teknologi dalam Pengelolaan Sekolah: Mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pengelolaan administrasi sekolah, pemantauan kinerja siswa, dan pelaporan hasil belajar untuk meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas sekolah.
  9. Mengembangkan Lulusan yang Berkarakter dan Berdaya Saing: Menanamkan nilai-nilai karakter yang kuat dan etika berlandaskan nilai-nilai keislaman serta mengembangkan lulusan yang berdaya saing, tangguh, dan siap menghadapi tantangan global.
  10. Menjadi Rujukan Pendidikan Vokasi Berbasis Literasi dan Digitalisasi: Membangun reputasi SMKN 10 Semarang sebagai rujukan pendidikan vokasi yang unggul dalam menerapkan literasi dan digitalisasi dalam kurikulum dan proses pembelajaran.