Info Sekolah
Jumat, 13 Des 2024
  • Guru SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru Inovatif dan Dedikatif Tingkat Jawa Tengah ##SMKN 10 Semarang Juara 3 Jambore GTK Hebat 2024 Kategori Kepala SMK Inovatif

Mengenal Jurusan RPLG SMKN 10 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita / PPDB

Sebagai langkah awal untuk melangkah ke jenjang pendidikan menengah atas, siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Provinsi Jawa Tengah segera memasuki babak baru dalam perjalanan akademik mereka. Bulan Juni 2024 akan menjadi momen penting dengan bergulirnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sebelum menapaki tahap ini, penting bagi calon peserta didik untuk mempertimbangkan dengan cermat pilihan jurusan yang akan mereka ambil di SMK sebagai kelanjutan studi.

Dalam menentukan pilihan, SMK Negeri 10 Semarang hadir sebagai opsi yang amat rasional. Dikenal sebagai salah satu Sekolah Pusat Keunggulan di Kota Semarang, mutu pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah ini telah teruji dan terbukti. Kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi, mengingat statusnya yang telah masuk dalam kategori Sekolah Pusat Keunggulan.

Di SMK Negeri 10 Semarang, terdapat delapan jurusan yang tersedia, masing-masing memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri. Penting bagi calon peserta didik untuk mengenal setiap jurusan secara lebih mendalam agar dapat memilih sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Jurusan yang diperkenalkan pertama adalah Rekayasa Perangkat Lunak dan Game. Jurusan RPLG adalah cabang ilmu teknik yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak, mulai dari perencanaan, desain, pengujian, hingga pemeliharaan sistem perangkat lunak. Siswa di jurusan ini akan belajar tentang berbagai metode, alat, dan teknik yang digunakan dalam siklus pengembangan perangkat lunak.

Jurusan ini merupakan magnet bagi para pecinta teknologi, khususnya dalam bidang komputer dan permainan. Melalui jurusan ini, siswa akan dibekali dengan pengetahuan mendalam mengenai rekayasa perangkat lunak serta pengembangan game. Mereka akan mempelajari berbagai bahasa pemrograman, desain game, serta manajemen proyek perangkat lunak. Prospek kerja bagi lulusan jurusan ini sangat menjanjikan, mengingat perkembangan industri game yang pesat serta kebutuhan akan tenaga ahli di bidang teknologi informasi. Selain mempelajari keterampilan teknis, siswa RPL juga akan diajarkan konsep-konsep dasar dalam manajemen proyek, analisis kebutuhan pengguna, dan pemecahan masalah dalam konteks pengembangan perangkat lunak.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan Game (RPLG) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berfokus pada Teknologi Informasi (IT) dan komputer, khususnya pada aspek perangkat lunak atau software. Berikut adalah beberapa materi yang dipelajari di jurusan ini:

  1. Sistem Komputer: Memahami bagaimana sebuah komputer bekerja, perangkat apa saja yang ada di dalamnya, bagaimana proses bekerja di dalamnya, cara kerja sistem operasi, dan bagaimana hubungan dengan software yang diinstal.
  2. Jaringan Komputer: Memahami bagaimana komputer dapat saling terhubung satu sama lain melalui jaringan komputer.
  3. Algoritma dan Pemrograman: Memahami urutan langkah dalam melakukan sebuah aktivitas dan proses membuat script dari algoritma menggunakan bahasa pemrograman.
  4. Pemrograman: Belajar bahasa pemrograman dan teknik pemrograman untuk mengembangkan aplikasi.
  5. Analisis dan Desain Perangkat Lunak: Mengenal metodologi dan alat untuk menganalisis dan merancang perangkat lunak.
  6. Pengujian Perangkat Lunak: Memahami teknik pengujian perangkat lunak untuk memastikan kualitas aplikasi.

Lulusan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan Game (RPLG) memiliki peluang kerja yang luas. Berikut adalah beberapa peluang kerja untuk lulusan jurusan RPLG:

  1. Software Engineer/Programmer: Mereka menciptakan dan memelihara perangkat lunak yang digunakan dalam berbagai industri.
  2. Mobile Computing Developer: Mereka mengembangkan aplikasi untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.
  3. IT Consultant: Mereka memberikan saran dan solusi teknis untuk perusahaan atau organisasi.
  4. System Analyst: Mereka merancang dan menganalisis sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
  5. Game Developer: Mereka menciptakan dan mengembangkan video game untuk berbagai platform.
  6. Software Tester: Mereka melakukan pengujian perangkat lunak untuk memastikan kualitas dan keandalan.

Selain itu, lulusan RPLG juga memiliki peluang untuk menjadi Database Engineer, Web Developer, System Analyst, dan Arsitektur Jaringan Komputer. Mereka juga bisa menjadi pendiri startup berkat keahlian yang dimiliki.

Lulusan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan Game (RPLG) di SMK memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Berikut adalah beberapa pilihan jurusan yang relevan:

  1. Teknik Informatika: Jurusan ini mempelajari berbagai aspek teknologi informasi, termasuk pemrograman, sistem operasi, dan jaringan komputer.
  2. Sistem Informasi: Fokus pada penggunaan teknologi informasi untuk mendukung operasi dan manajemen organisasi.
  3. Rekayasa Perangkat Lunak: Lebih spesifik pada proses pengembangan perangkat lunak, termasuk analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.
  4. Teknologi Game: Bagi yang berminat dengan game, bisa memilih program studi ini.
  5. Ilmu Komputer: Mempelajari prinsip-prinsip dasar komputasi, termasuk algoritma, struktur data, dan teori komputasi.

Lulusan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan Game (RPLG) memiliki banyak peluang untuk menjadi pengusaha di bidang teknologi informasi. Berikut adalah beberapa profesi yang bisa dipilih:

  1. Pengembang Aplikasi: Mereka menciptakan aplikasi yang digunakan banyak orang di era digital.
  2. Programmer: Mereka bisa menjadi programmer profesional dan mendirikan startup sendiri.
  3. Konsultan IT: Mereka menawarkan jasa konsultasi aplikasi atau sistem komputer di banyak perusahaan.
  4. Pengembang Game Online: Mereka menciptakan dan mengembangkan video game untuk berbagai platform.
  5. Database Engineer: Mereka merancang dan mengelola database untuk perusahaan atau startup.
  6. Web Developer: Mereka menciptakan dan mengembangkan website.
  7. System Analyst: Mereka menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem.
  8. Arsitektur Jaringan Komputer: Mereka merancang dan mengelola jaringan komputer.

Dengan keahlian yang dimiliki, lulusan RPLG juga dapat menjadi pelaku digital bisnis. Mereka bisa memanfaatkan teknologi untuk menciptakan produk atau layanan yang inovatif dan berdampak luas.

Pada tahun ajaran 2024/2025, Rekayasa Perangkat Lunak dan Game (RPLG) SMKN 10 Semarang membuka pintu lebar-lebar untuk calon siswa baru melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pada PPDB tahun ini, jurusan RPLG menerima sebanyak 108 siswa baru. Jumlah ini setara dengan tiga rombongan belajar.

SMKN 10 Semarang terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan vokasi terbaik bagi para siswanya. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, diharapkan para siswa baru ini dapat mengembangkan potensi mereka dan menjadi generasi penerus yang handal di bidang Rekayasa Perangkat Lunak dan Game. Selamat bergabung di SMKN 10 Semarang, para siswa baru! Kami tidak sabar untuk melihat apa yang akan kalian capai di masa depan.

Penulis : Panitia PPDB SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar