Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Ibadah Gabungan Pelajar Kristen SMA/SMK Rayon Semarang Utara

Diterbitkan : - Kategori : Kerohanian

Jumat, 20 Oktober 2023 – Semangat Pelajar Kristen untuk membangun kerjasama antar sekolah terus meningkat. Hal tersebut terjadi karena para Pelajar tersebut untuk menunjukkan eksistensi mereka melalui prestasi sesuai potensi masing-masing. Sehingga, untuk mewujudkan harapan tersebut, setiap Pelajar membangun kerjasama dan komunikasi dengan Pelajar dari sekolah lain untuk bisa saling mendukung dan melengkapi.

Memperhatikan fenomena tersebut, Yayasan Jelai Kasih Indonesia memfasilitasi dan memberi ruang kepada Pelajar di Kota Semarang untuk berkumpul bersama, melalui bimbingan dan pendampingan dalam bidang kerohanian maupun kegiatan-kegiatan lain yang mampu mengembangkan potensi dan talenta Pelajar..

Mengawali program bimbingan dan pendampingan tersebut, Yayasan Jelai Kasih Indonesia menyelengarakan kegiatan Ibadah Gabungan (Oikumene) Pelajar Kristen SMA dan SMK di Rayon Semarang Utara. Kegiatan tersebut mendapat perhatian dan dukungan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, serta Kepala Sekolah dari 5 (lima) SMA dan SMK di Rayon Semarang Utara, yaitu: (1) SMA Negeri 14 Semarang, (2) SMA Masehi 1 PSAK Semarang, (3) SMK Negeri 10 Semarang, (4) SMK Negeri Jawa Tengah di Semarang, dan (5) SMK Wira Samudera Semarang.

Atas dukungan tersebut di atas, maka pada hari Jumat, 20 Oktober 2023 jam 14.00 WIB bertempat di SMK Negeri 10 Semarang, kegiatan Ibadah Gabungan (Oikumene) Pelajar Kristen SMA dan SMK di Rayon Semarang Utara dilaksanakan dengan diikuti oleh 145 Peserta yang terdiri dari Siswa Kristen yang didampingi oleh Ibu/Bapak Guru Mapel Pendidikan Agama Kristen (PAK) maupun Guru Pendamping masing-masing sekolah.

Membuka kegiatan Ibadah Gabungan (Oikumene) Pelajar Kristen SMA dan SMK di Rayon Semarang Utara, Kepala SMK Negeri 10 Semarang, Bp. Ardan Sirodjuddin, S.Pd., memberikan sambutan memotivasi kepada seluruh Peserta yang hadir, “Saya sangat mendukung setiap kegiatan Siswa yang positif dan bermanfaat yang dapat dilaksanakan di SMK Negeri 10 Semarang, baik melalui kegiatan kerohanian, misal perayaan Paskah atau Natal, maupun kegiatan pengembangan prestasi lain. Melalui kegiatan bersama ini, saya mendorong setiap Siswa yang hadir bisa saling menyebarkan informasi dan program yang positif dan menunjukkan bukti yang berprestasi. Sehingga akan menghilangkan persepsi atau stigma negatif dari aktivitas Siswa lain yang tidak baik, seperti tawuran, narkoba, minuman keras, dan lain sebagainya. Terima kasih kepada seluruh Siswa serta Ibu dan Bapak Guru yang hadir di SMK Negeri 10 Semarang, yang melihat langsung bahwa SMK Negeri 10 Semarang memiliki potensi yang unggul dan lingkungan yang baik.”

Bp. Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd., selaku narasumber Ibadah Gabungan (Oikumene) Pelajar Kristen SMA dan SMK di Rayon Semarang Utara, menyampaikan pesan dan renungan Firman TUHAN dari Kitab Daniel 1. “Sebagai generasi muda, Pelajar memiliki pilihan antara melakukan yang baik sesuai Firman Tuhan yang menuntun kepada masa depan atau melakukan keinginan dunia yang memberi harapan sesaat. Setiap orang yang melakukan kebenaran akan mengalami tantangan yang tidak mudah, karena dunia akan selalu mencobai dengan kenikmatan dan kenyamanan sesaat. Pelajar yang berani melakukan kebenaran, dikaruniai TUHAN memiliki ‘excellent spirit’ atau semangat yang istimewa, yang menjadi pembeda diantara pelajar lain. Menjadi generasi pilihan akan melakukan hal yang berbeda dari orang lain dan mampu menjadi berkat, seperti halnya garam di tengah kondisi yang tawar, maupun menjadi seperti terang di lingkungan yang gelap.”

Selama kegiatan berlangsung, seluruh Peserta yang hadir sangat diberkati baik melalui sambutan, nyanyian pujian dan penyembahan, renungan Firman TUHAN, hingga acara ‘ice breaking’ yang dilaksanakan oleh Panitia yang terdiri dari gabungan Pelajar SMK Negeri 10 Semarang, SMA Masehi 1 PASK, serta SMA Negeri 14 Semarang. Pada acara  ‘ice breaking’ tersebut, seluruh Pelajar dari berbagai sekolah berbaur satu dengan yang lain dalam permainan yang penuh dengan kegembiraan dan sukacita.

Perwakilan dari Yayasan Jelai Kasih Indonesia, yang dihadiri oleh Ibu Ari dan Bp. Anta, merespon sangat baik terhadap kegiatan Ibadah Gabungan (Oikumene) Pelajar Kristen SMA dan SMK di Rayon Semarang Utara ini. “Sangat perlu bagi Pelajar untuk mengembangkan diri sesuai talenta nya di jaman yang terus berubah sesuai dengan kemajuan jaman. Kami sebagai bagian dari Masyarakat yang peduli dengan cita-cita generasi muda yang sangat membutuhkan dukungan dan pendampingan ini. Melalui kegiatan ini, kami berharap para Pelajar memiliki kesempatan dan ruang berekspresi yang positif dan kreatif, sehingga mampu berprestasi untuk masa depan mereka,” demikian arahan dan harapan yang disampaikan oleh Bp. Anta.

Tidak terasa, hampir 2 jam kegiatan Ibadah Gabungan (Oikumene) Pelajar Kristen SMA dan SMK di Rayon Semarang Utara berlangung, Jenny selaku koordinator acara menutup kegiatan dengan mengajak seluruh Pelajar yang hadir untuk terus saling mendoakan serta membangun komunikasi dan kerjasama antar sekolah, sehingga sekolah-sekolah dapat saling mendukung dan mendapatkan berkat TUHAN. AMIN.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Tim Humas

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Elmina Ita Kusumawardani
Minggu, 22 Okt 2023

Puji Tuhan…

Balas

Beri Komentar