Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Membuat LKPD Yang Menarik Dengan Liveworksheet

Diterbitkan :

Dalam pembelajaran teori sering di temui Siswa jenuh dengan materi yang disampaikan Guru mata pelajaran sehingga Siswa kurang antusias mengikuti pelajaran. Jika hal ini tidak di benahi  maka minat belajar Siswa akan semakin menurun dan berakibat pada hasil belajar Siswa. Djaali ( 2008: 121) menyatakan bahwa minat belajar merupakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat belajar akan mempengaruhi aktivitas dan keterlibatan Siswa dalam setiap pembelajaran.

Hal ini menjadi tantangan Guru untuk memunculkan kreatifitasnya dalam menyajikan  pembelajaran daring salah satunya dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang menarik. Untuk  menyajikan LKPD yang menarik. LKPD merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudahdalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan pendidik, sehingga dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar. Widjajanti (2008:1) mengatakan lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu sumber belajar yang dapat di kembangkan oleh pendidik sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran.

Sementara itu, menurut Depdiknas (2008) lembar kerja peserta didik (LKPD) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik , Penulis berupaya menggunakan aplikasi live work sheet. Dalam aplikasi ini penulis dapat menyajikkan LKPD bagi Siswa dari yang sederhana  sampai yang enovatif. Dapat di sajikan quis yang sederha seperti Siswa dapat melengkapi kalimat atau menjawab pertanyaan dengan mengetik jawabannya. Siswa bisa memilih salah satu jawaban yang di sediakan dengan menekan tombol yang di sediakan di depan jawaban yang di sediakan tersebut. Untuk yang lebih kreatif bisa di sajikan quis yang pengerjaannya dengan menjodohkan dengan membuat garis hubung atau memindahkan sekelompok tulisan untuk di tempatkan di tempat yang di sediakan. Dalam hal ini penulis terapkan di materi KD 3.10 tentang sistem kemudi, di sini di tampilkan gambar tentang sistem kemudi kemudian di beri tempat untuk meletakkan tulisan yang menunjukkan tiap komponen sistem kemudi tersebut. Di samping itu ada tulisan nama-nama komponen sistem kemudi yang nantinya bisa di pindahkan oleh Siswa ke tempat yang di sediakan.

LKPD ini di berikan Siswa bisa mengirimkan link melalui Google Class Room atau Whats App. Keuntungan menggunakan aplikasi ini selain akan menambah semangat Siswa dalam belajar karena lebih menarik, Siswa juga bisa langsung melihat hasil yang di dapat dari quis yang di kerjakannya dan memudahkan Guru mengoreksi tugas yang di berikannya.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Kuslimanto Adhi Nugroho, S.Pd.T., Guru Produktif dan K3 TKR

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

9 Komentar

Aprilia Dwi Asriani
Kamis, 10 Agu 2023

Good job…

Balas
Af'idatin
Kamis, 10 Agu 2023

Joss👍👍👍

Balas
Dra.Warni
Kamis, 10 Agu 2023

Tingkatkan kreativitas utk memajukan SMKN10 Semarang.

Balas
Dra.sami
Kamis, 10 Agu 2023

Kreativitas yang menghebatkan SMKN 10 Semarang

Balas
Elmina Ita Kusumawardani
Kamis, 10 Agu 2023

Apik isi tulisannya…

Balas
maskur
Kamis, 10 Agu 2023

Alhamdulillah

Balas
Lestari
Kamis, 10 Agu 2023

Siip…

Balas
Nyaminah
Kamis, 10 Agu 2023

Antab bapak bisa dicontoh Ki😊😊😊😊

Balas
Ilham Agum Fitra Anggesa
Sabtu, 19 Agu 2023

Jurusan TKRO SMKN 10 Semarang luar biasa

Balas

Beri Komentar