Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Tagline SMKN 10 Semarang, Ciptakan Inovasi Tebarkan Manfaat

Diterbitkan :

Dalam sebuah sesi Create Stage Echelon Asia Summit 2017 di Singapura beberapa waktu lalu, dikenalkan CryoWerx atau Kotak Makan Pintar. Latar belakang pengembangan solusi ini adalah untuk memaksimalkan penjualan produk makanan, terutama di jam-jam ketika para konsumen sulit untuk melakukan mobilitas ke luar untuk membeli makanan. Kontak makan pintar yang dihadirkan hampir mirip dengan almari es atau pendingin makanan/minuman yang biasa ditemui saat ini. Perbedaannya akses untuk mendapatkan makanan di dalamnya ialah menggunakan proses transaksi melalui aplikasi mobile.

Semua proses pemesanan dan sebagainya diproses saat pengguna melakukan transaksi melalui aplikasi. Setelah selesai hingga proses pembayaran dan lain sebagainya, pengguna tersebut dapat mengunjungi ke kotak makan pintar dan melakukan scanning kode khusus yang dibuat melalui aplikasi ke dalam kotak pintar tersebut. Sistem analisis juga disematkan ke dalam sistem penjualan yang dimiliki oleh restoran atau tempat penjualan makanan. Inilah yang kita kenal sebagai inovasi.

Apa itu inovasi? Mengutip UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke  dalam produk atau pun proses produksinya.

Sementara Everett M. Rogers mengatakan inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi. Demikian juga dengan Van de Ven, Andrew H. Menurut Van de Ven, Andrew H., pengertian inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

Sementara ahli Jepang Kuniyoshi Urabe mengatakan inovasi merupakan setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar. Kalau disimpulkan dari pendapat di atas, maka inovasi adalah suatu contoh dimana suatu kreativitas, daya cipta dan inisiatif kuat dapat menghasilkan sesuatu yang secara materi jauh lebih baik daripada penemuan-penemuan sebelumnya.

Sejak tanggal 07 Januari 2022, saya dipindah tugaskan ke SMKN 10 Semarang. Sebuah rotasi tugas yang biasa dalam sebuah organisasi. Mengampu di sekolah baru tentu menghadapi masalah yang baru pula. Ini tentu menjadi tantangan yang luar biasa. Sebagai salah satu sekolah negeri di Kota Semarang, SMKN 10 Semarang harus punya daya beda dibanding sekolah lain. Daya beda inilah yang terus dikuatkan untuk menciptakan trademark tersendiri sehingga masyarakat akan mengenal sekolah ini sebagai sekolah yang inovatif. Sekian ide sudah tertanam dalam pikiran untuk segera diimplementasikan.

Inovasi tidak hanya sekedar untuk diri sendiri tetapi harus mampu membantu orang banyak. Seperti CryoWerx yang telah mampu membantu konsumen untuk mendapatkan makanan lebih mudah dijam-jam sibuk dan tidak bisa keluar kantor. SMKN 10 Semarang juga harus memberikan dampak bagi sekolah lain dari inovasi yang diciptakan. Untuk itu tagline SMKN 10 Semarang  adalah Menciptakan Inovasi dan Menebarkan Manfaat.

Indikator inovasi yang diciptakan adalah murah, mudah dan menyembuhkan. Murah karena tidak mengeluarkan dana besar, mudah artinya gampang dikelola dan gampang pula ditiru serta menyembuhkan karena mampu mengatasi permasalahan yang menghambat sekolah. Sementara indikator Menebarkan Manfaat dapat dilihat pada pemanfaatan inovasi ini oleh sekolah lain. SMKN 10 Semarang memiliki peralatan dan bengkel yang luar biasa bagus. Ditambah dengan sumber daya manusia yang mumpuni. Untuk itu Kami dengan senang hati membuka diri untuk dikunjungi oleh siapa saja yang berminat. Kami akan membuka pelatihan untuk guru-guru di seluruh Indonesia sehingga keberadaan SMKN 10 Semarang dirasakan manfaatnya oleh banyak kalangan.

Ke depan Kami berkomitmen untuk terus menciptakan inovasi dan menebarkan manfaat ke lebih banyak sekolah dengan jangkauan yang lebih luas.  Bapak dan Ibu yang berminat belajar, silahkan datang ke SMKN 10 Semarang. Dengan senang hati Kami siap membantu karena visi kami berbagi itu indah, mudah dan menyenangkan.

Sebuah Catatan CEO SMKN SMKN 10 Semarang

Semarang, 21 Januari 2022

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar