Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) di Bengkel Sepeda Motor

Diterbitkan :

Keselamatan kerja adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan, kerusakan dan segala bentuk kerugian baik terhadap manusia maupun yang berhubungan dengan peralatan, obyek kerja, bengkel tempat bekerja dan lingkungan kerja secara langsung. Permasalahan kesehatan dan keselamatan kerja menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi mata pelajaran kejuruan mengingat resiko bahaya dalam penerapan teknologi yang juga semakin kompleks. Untuk menjadi pekerja professional setiap Siswa wajib terlebih dahulu mempelajari kesehatan dan keselamatan kerja pada bengkel sepeda motor. Hal hal yang dipelajari Siswa untuk menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah sebagai berikut: (1) Sebelum mulai praktik, semua Siswa memmahami peraturan dan tata tertib bengkel. Setiap Siswa memakai pakaian kerja dan bersepatu untuk bengkel sepeda motor; (2) Sebelum bekerja bengkel harus bersih dari kotoran minyak oli dan bahan bakar; dan (3) Pada akhir praktik, semua peralatan dikembalikan dalam keadaan bersih dan baik. Setiap kerusakan alat dilaporkan kepada instruktur atau Guru.

Potensi kecelakaan kerja hampir selalu ada ketika bekerja, baik potensi dari kelalaian manusia maupun kondisi bengkel. Menyadari adanya potensi kecelakaan kerja tersebut hendaknya  selalu berhati-hati dalam bekerja termasuk ketika  menggunakan peralatan dalam bekerja terutama mesin. Penggunaan peralatan dalam bekerja sebaiknya sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP). Hal tersebut dilakukan agar keselamatan alat dan manusia dapat terjamin. Potensi kecelakaan kerja di bengkel masih dapat terjadi walaupun sudah bekerja sesuai prosedur. Hal tersebut terjadi karena kecelakaan kerja sering terjadi akibat ketidaksengajaan. Kecelakaan kerja yang pernah terjadi walaupun sudah diantisipasi sebelumnya, hendaknya dijadikan sebagai sarana refleksi oleh manajemen bengkel sepeda motor. Pihak-pihak yang terkait di bengkel dapat menjadikan kecelakaan tersebut sebagai pengalaman yang tidak boleh terjadi lagi. Langkah tersebut dapat dilakukan dengan merekam kecelakaan yang terjadi, penyebab kecelakaan, maupun akibat dari kecelakaan.

Pada masa kini bengkel sepeda motor dituntut untuk mempunyai pola pikir dan konsep operasional yang berbeda. Bengkel yang kumuh dan kotor akan sedikit didatangi pelanggan bahkan mungkin tidak ada pelanggan yang datang. Fasilitas yang sangat terbatas membuat bengkel tersebut tidak menarik dan pelanggan enggan datang ke bengkel tersebut. Fasilitas yang dimaksud tidak sekedar fasilitas teknis bagi bengkel tapi juga fasilitas yang harus tersedia bagi pelanggannya. Mau tidak mau selama kendaraan dikerjakan pelanggan akan menunggu dan tentu tidak ingin kehilangan waktu.

Meningkatkan pengetahuan dan pelaksanaan tentang keselamatan dan kesehatan kerja dilingkungan bengkel sepeda motor pada Siswa sangat penting agar mampu bekerja dengan baik di bengkel sepeda motor. Untuk itu perlu adanya pelatihan kesehatan dan keselamatan kerja agar: (1) Siswa  dapat  memahami tentang kesehatan dan keselamatan kerja dan  mampu menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja pada tata kelola bengkel sepeda motor, sehingga dapat lebih efektif dalam mengelola bengkel; (2) Siswa dapat  memahami tentang kesehatan dan keselamatan kerja maka akan mampu menerapkan pada pelaksanaan kerjanya sesuai dengan fungsi dan tugasnya, sehingga hasil kerjanya lebih efisien; dan (3) Siswa yang memahami tentang kesehatan dan keselamatan kerja maka akan mampu meningkatkan sistem kerja yang aman dan kenyamanan bagi pelanggan bengkel sepeda motor

Penulis: Suparman, S.Pd., Guru Produktif TBSM

Editor: Tim Humas

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Artikel ini memiliki

6 Komentar

Supriyono
Kamis, 21 Jul 2022

Weeeih. Mantan pak bos. Selamat

Balas
Suparman, S.Pd
Rabu, 16 Nov 2022

semoga artikel artikel yang lain terbit lagi

Balas
Selasa, 6 Feb 2024

untuk meminimalisir pentingnya pelatihan K3 dalam dunia kerja.

Balas
Selasa, 6 Feb 2024

pentingnya pelatihan K3 dalam dunia kerja untuk meminimalisir kecelakaan.

Balas
Senin, 11 Mar 2024

Potensi kecelakaan kerja hampir selalu ada ketika bekerja,oleh karena itu sangat diperlukan adanya pelatihan k3 untuk meminimalisir kecelakaan dalam pekerjaan .

Balas
Jumat, 15 Mar 2024

Pelatihan K3 ini meningkatkan kita untuk lebih berwaspada pada kecelakaan dalam pekerjaan

Balas

Beri Komentar