Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Gaya Kepemimpinan Praktis Dalam Membangun SMKN 10 Semarang

Diterbitkan :

Satya Nadella adalah seorang pemimpin yang mengubah wajah Microsoft. Ia adalah seorang eksekutif bisnis berkebangsaan India-Amerika yang menjabat sebagai Ketua dan CEO Microsoft sejak tahun 2014. Sebelumnya, ia adalah wakil presiden eksekutif divisi cloud dan enterprise Microsoft, yang bertanggung jawab untuk membangun dan menjalankan platform komputasi perusahaan.

Di bawah kepemimpinannya, Microsoft telah mengalami transformasi yang signifikan, dari perusahaan perangkat lunak tradisional menjadi perusahaan teknologi yang berfokus pada cloud dan kecerdasan buatan. Ia telah memimpin Microsoft untuk mengembangkan produk dan layanan yang inovatif, seperti Azure, Office 365, Windows 10, HoloLens, Cortana, dan Bing. Ia juga telah memperluas kerjasama Microsoft dengan perusahaan lain, seperti Apple, Google, Amazon, Facebook, dan LinkedIn.

Nadella lahir di Hyderabad, India, pada tahun 1967. Ia memiliki latar belakang pendidikan yang kuat di bidang teknik dan bisnis. Ia meraih gelar sarjana teknik elektro dari Manipal Institute of Technology di India, dan kemudian melanjutkan studinya di Amerika Serikat, dengan meraih gelar master ilmu komputer dari University of Wisconsin–Milwaukee dan gelar master administrasi bisnis dari University of Chicago Booth School of Business.

Nadella dikenal karena pendekatan kepemimpinannya yang praktis. Gaya ini berarti bahwa Nadella memprioritaskan pengembangan dan pemberdayaan karyawan, dengan memberikan arahan, umpan balik, dan dukungan yang dibutuhkan. Ia menciptakan lingkungan kerja yang menantang namun aman, di mana karyawan dapat belajar dari kesalahan dan bereksperimen dengan ide-ide baru tanpa takut gagal.

Nadella juga menyesuaikan agenda prioritas karyawan, dengan memahami tujuan, kebutuhan, dan minat mereka, serta memberikan sumber daya dan peluang yang sesuai. Ia memfasilitasi dan berkolaborasi, dengan melibatkan karyawan dalam proses pengambilan keputusan, mendengarkan masukan mereka, dan mendorong kerja sama antara tim dan departemen.

Nadella juga membuka komunikasi dua arah dan memberikan umpan balik, dengan berkomunikasi secara jujur, transparan, dan konstruktif, serta menghargai kontribusi dan prestasi karyawan. Ia mempromosikan pertumbuhan individu, dengan memberikan tantangan, pelatihan, dan pengembangan karier yang sesuai dengan keahlian dan aspirasi karyawan.

Terakhir, Nadella mendorong belajar dari pengalaman, dengan merefleksikan hasil dan dampak dari tindakan, serta menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kinerja di masa depan.

Gaya kepemimpinan praktis Nadella telah terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja Microsoft. Perusahaan tersebut telah mengalami pertumbuhan yang signifikan di bawah kepemimpinannya, dan telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Gaya kepemimpinan praktis Nadella penulis terapkan dalam membangun SMKN 10 Semarang. Gaya Kepemimpinan Praktis adalah gaya kepemimpinan yang mengutamakan tindakan dan hasil, bukan hanya kata-kata dan janji. Gaya ini juga menghargai peran dan kontribusi setiap individu dalam tim, bukan hanya memerintah dan mengontrol.

Tiga pilar utama gaya kepemimpinan praktis adalah pertama memberikan contoh positif. Pemimpin praktis memahami bahwa tindakan mereka memiliki dampak yang signifikan terhadap anggota tim. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk memberikan contoh positif dalam setiap aspek kehidupan mereka. Misalnya, pemimpin praktis akan bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan, bekerja keras, dan menanggapi tantangan dengan optimisme. Tindakan-tindakan ini menciptakan semangat yang positif dan memotivasi orang di sekitarnya.

Kedua pemberdayaan tim. Pemimpin praktis percaya bahwa setiap individu memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang berharga. Oleh karena itu, mereka memberikan tanggung jawab penuh dan kebebasan dalam pengambilan keputusan kepada anggota tim. Pemberian tanggung jawab penuh menciptakan rasa memiliki dan kepercayaan, yang pada gilirannya memotivasi anggota tim untuk memberikan yang terbaik.

Ketiga reward dan konsekuensi yang jelas. Pemimpin praktis percaya bahwa penghargaan dan konsekuensi yang jelas penting untuk menciptakan budaya kerja yang positif. Oleh karena itu, mereka memberikan penghargaan secara jelas ketika ada kesuksesan dan meminta tanggung jawab atas kegagalan. Penghargaan untuk kesuksesan meningkatkan semangat anggota tim dan motivasi untuk terus bekerja keras. Tanggung jawab atas kegagalan menciptakan sikap proaktif terhadap pembelajaran dari setiap kegagalan.

Dua tahun lalu, saya memutuskan untuk menggunakan Gaya Kepemimpinan Praktis dalam mengelola SMKN 10 Semarang. Saya yakin bahwa gaya kepemimpinan ini dapat membawa perubahan positif untuk sekolah saya. Saya ingin sekolah saya menjadi sekolah yang unggul dan terdepan di Kota Semarang.

Gaya Kepemimpinan Praktis berfokus pada tindakan dan hasil. Saya tidak hanya membuat rencana dan visi, tetapi juga melaksanakan dan mengevaluasi. Saya juga tidak hanya memimpin, tetapi juga mengikutsertakan. Saya selalu berusaha untuk memberikan contoh, memberikan tanggung jawab, memberikan penghargaan, dan meminta tanggung jawab kepada anggota tim saya.

Alhamdulillah, dalam dua tahun menggunakan Gaya Kepemimpinan Praktis, sekolah ini mengalami kemajuan yang signifikan. Penulis bersyukur dan bangga dengan hasil yang telah kami capai. Penulis juga sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi anggota tim. Penulis berharap kami dapat terus berinovasi dan berkembang untuk mencapai tujuan. Penulis yakin bahwa dengan Gaya Kepemimpinan Praktis, kami dapat membuat SMKN 10 Semarang menjadi sekolah yang lebih baik dan bermartabat.

Penulis : Ardan Sirodjuddin, M.Pd, Kepala SMKN 10 Semarang dan Penulis Buku Membangun Sekolah Biasa Menjadi Luar Biasa

 

Artikel ini memiliki

38 Komentar

Arimurti Asmoro
Sabtu, 13 Jan 2024

Membangun sekolah yang progresif dan konstruktif dengan kepemimpinan yang kompeten dan strategi yang tepat

Balas
Noor Achmat
Sabtu, 13 Jan 2024

Semoga sukses juga

Balas
Drs. Mustofa, M.Si.
Sabtu, 13 Jan 2024

Gaya kepemimpinan pendidikan Indonesia perlu juga menggabungkan model kepemimpinan Ki Hajar Dewantoro yang terkenal, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tutwuri Handayani sesuai dengan budaya ketimuran. Penggabungan model-model kepemimpinan akan makin memperkuat soliditas serta integritas yang sesungguhnya.

Balas
Helmi Yuhdana H
Sabtu, 13 Jan 2024

Luar biasa pak Ardan….. Mantabb

Balas
Mohammad Yunan
Sabtu, 13 Jan 2024

Inspiring Sir, that’s great!

Balas
Mulyo S
Sabtu, 13 Jan 2024

Semoga tetap selalu menginspirasi..
Top Pak Ardan..πŸ‘

Balas
Suwarni.
Sabtu, 13 Jan 2024

Mantab πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Joko m
Sabtu, 13 Jan 2024

Shipp πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Nindar
Sabtu, 13 Jan 2024

Luar biasa dan sukses selalu Pak Ardan

Balas
Kholifah Martha
Sabtu, 13 Jan 2024

Semangat pak ardan

Balas
maskur
Sabtu, 13 Jan 2024

Alhamdulillah

Balas
Dwi Palupi
Sabtu, 13 Jan 2024

Luar biasa dan menginspirasi

Balas
Dwi Palupi
Sabtu, 13 Jan 2024

Luar biasa dan sangat menginspiratif

Balas
Nyaminah, S.Pd
Sabtu, 13 Jan 2024

Bapak juga sudah memberi tranformasi yang berbeda pada SMKN 10 sukses njiiiiihhh….πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ Nadella versi Ardan sirodjuddin πŸ€­πŸ€­πŸ€­πŸ€­πŸ™πŸ™πŸ™

Balas
Digna Palupi
Sabtu, 13 Jan 2024

Luar biasa … mantap dengan kepemimpinan praktis menuai hasil yang berkualitas.

Balas
Suparman, S.Pd
Sabtu, 13 Jan 2024

Good Job

Balas
Nurul Rahma
Sabtu, 13 Jan 2024

Terus selalu menginspirasi Pak Ardan.

Balas
Sami
Sabtu, 13 Jan 2024

Mantap sukses selalu pak Ardan πŸ‘

Balas
Joko Suwignyo
Sabtu, 13 Jan 2024

Ing ngarso sung tulodho tutwuri Handayani, semoga Sukses …….,

Balas
Husna
Sabtu, 13 Jan 2024

Semoga sehat selalu, semakin sukses aamiin 🀲

Balas
Dra.Warni
Sabtu, 13 Jan 2024

Semoga dgn kepemimpinan Pak Ardan SMKN 10 Semarang semakin maju berakhlakmulia.dan unggul dalam.prestasi.9

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Sabtu, 13 Jan 2024

Selalu menginspirasi, sukses SMK negeri 10

Balas
Hesti
Sabtu, 13 Jan 2024

πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Ribka
Sabtu, 13 Jan 2024

Trimakasih pak Ardan sudah terus berusaha untuk yang terbaik untuk SKMN 10 Semarang. Kiranya Tuhan yang Maha kuasa melimpahkan berkah kesehatan, rejeki dan kebahagiaan.πŸ™

Balas
Beny Legowo
Sabtu, 13 Jan 2024

Sukses selalu untuk smkn 10 semarang

Balas
Suginah
Sabtu, 13 Jan 2024

Luar biasa πŸ‘πŸ‘

Balas
Eni Supriyati
Sabtu, 13 Jan 2024

Luar biasa p ardan, gaya kepemimpinan yg tidak hanya bisa menuntut, tetapi bapak juga memberi contoh, dan semangat untuk kami terus maju. Sukses untuk bapak dan SMK N10. Semoga bapak sehat selalu dan dalam perlindunganNya. Aamiin

Balas
Af'idatin
Minggu, 14 Jan 2024

Gaya kepemimpinan yang luar biasa

Balas
Irastuti
Minggu, 14 Jan 2024

Sukses selalu untuk pak Ardan…

Balas
Rodhatin
Minggu, 14 Jan 2024

Smoga sukses selalu

Balas
Verry Wijaya
Minggu, 14 Jan 2024

alhamdulilah…bisa menjadi motivasi bwt kita

Balas
Susanti
Senin, 15 Jan 2024

Sukses selalu demi kemajuan SMKN 10 Semarang.

Balas
Kholifah Martha
Senin, 15 Jan 2024

Sukses selalu untuk SMKN 10 Semarang

Balas
Endang Widayati
Senin, 15 Jan 2024

Luar biasa dan mantap

Balas
T. Harry S
Senin, 15 Jan 2024

Pemimpin yang tangguh adalah pemimpin yang benar-benar mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi atas modal atau potensi yang dimilikinya. Tentu modal dan kekuatan itu harus selalu diperkokoh dan dikembangkan, baik dari aspek kuatitas maupun kualitasnya. Tetap semangat

Balas
Muslim Anwar
Selasa, 16 Jan 2024

Mantap dan luar biasa

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Selasa, 16 Jan 2024

Mantap, Pak Ardan.

Balas
Landung jati ismoyo
Selasa, 23 Jan 2024

Alhamdulillah. Semoga selalu menjadi yang terbaik.

Balas

Beri Komentar