Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Melalui Game Quiz Canva

Diterbitkan :

Belajar bukanlah hal asing bagi kehidupan manusia. Belajar merupakan istilah yang dikenal luas dan memiliki pemahaman berbeda walaupun secara praktis sama. Menurut Gagne, belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan diri yang disebabkan oleh pengalaman yang didapatkan seiring berjalannya waktu (Susanto, 2013). Belajar dilakukan seseorang dari lahir hingga lanjut usia, oleh karena itu diharapkan belajar dapat meningkatkan kemampuan seseorang baik segi afektif, kognitif dan psikomotoriknya (Manalu, Jumiati, Setiawan, 2019).Belajar merupakan hal yang harus dilakukan semua Siswa, sehingga faktor – faktor yang mempengaruhi proses belajar Siswa penting untuk diketahui, salah satu pendukung proses belajar adalah minat Siswa. Pada dasarnya kemauan atau ketertarikan seseorang dalam melakukan sesuatu pada saat dirinya dalam keadaan bebas memilih serta mengandung unsur perasaan dan kesenangan adalah minat itu sendiri (Achru, 2019).

Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran matematika cenderung sulit, minat berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar Siswa (Friantini&Winata, 2019). Dengan berkembangnya teknologi, penting menarik minat Siswa dalam penggunaan teknologi pada proses belajar. Minat menjadi pengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa, minat belajar yang merupakan variabel bebas mempengaruhi hasil belajar matematika yang merupakan variabel terikat, dimana peningkatan minat belajar Siswa meningkatkan hasil belajar (Pangestu, Samparadja, &Tiya, 2015).

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menghantarkan pesan dari Guru kepada Siswa, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian serta minat Siswa untuk belajar (Tafonao, 2018). Media pembelajaran dapat memperagakan fakta atau konsep belajar terhadap Siswa, kemudian membantu menumbuhkan minat serta meningkatkan daya serap Siswa dalam proses belajar (Firmadani, 2020). Pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran sangat berguna untuk merangsang penglihatan dan gaya gerak Siswa (Sumiyati, Netriwati, & Rakhmawati, 2018). Seiring dengan perkembangan zaman, media pembelajaran yang digunakan saat ini berbasis teknologi.

Penyampaian materi matematika umumnya didominasi hafalan rumus tanpa perhatian lebih terhadap pemahaman Siswa. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membuat Siswa minat, tertarik dan semangat belajar matematika, sehingga belajar matematika lebih menyenangkan dan menarik. Untuk mengikuti tantangan pembelajaran berbasis teknologi, seiring berkembangnya zaman pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan efisien sangat dibutuhkan. Menurut (Irwan dkk, 2019) salah satu media yang menarik, memiliki sifat interaktif, mengutamakan kerjasama, komunikasi, dan bisa menumbuhkan interaksi antar Siswa adalah melalui permainan, yang mempunyai karakteristik menciptakan motivasi dalam belajar yaitu khayalan, tantangan, dan keingintahuan.

Game merupakan konteks yang menimbulkan interaksi satu dengan yang lain antara pemain dengan cara mengikuti berbagai aturan yang ada serta telah ditentukan dalam mencapai sebuah tujuan (Sadiman dkk, 2010). Penggunaan smartphone dan internet yang dimanfaatkan dengan benar pada pembelajaran akan membawa pendidikan maju dan berkembang. Salah satunya membuat game quiz interaktif di canva sebagai alternatif pembelajaran matematika yang menyenangkan. Canva merupakan salah satu aplikasi desain visual yang sangat mudah untuk digunakan oleh para pengguna, bahkan bagi pemula sekali pun. Aplikasi canva memberikan fitur yang menarik untuk konten visual yang ingin dibuat oleh pengguna, sehingga pengguna dapat berkreasi sekreatif mungkin.

Desain yag menarik dapat digunakan sebagai media pembelajaran sehingga dapat memotivasi Siswa dalam belajar. Selain pembelajaran Guru juga dapat menggunakan canva untuk membuat poster, brosur untuk promosi sekolah. Media pembelajaran berbasis canva diharapkan Guru dapat mengembangkan bakat dan membuat pembelajaran lebih inovatif melalui game quiz canva. Perkembangan kognitif dapat melibatkan kemampuan berpikir, memahami, mengingat, dan memproses informasi. Media pembelajaran canva mampu meningkatkan perkembangan kognitif karena memberikan berbagai jenis visual dan bantuan visual yang dapat membantu seseorang untuk  memproses informasi lebih mudah karena informasi disajikan secara visual.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah membuat game quiz menggunakan Canva for Education :

  1. Membuat akun di canva for education. Pengguna dapat membuat akun secara gratis dengan alamat email dan kata sandi. Setelah membuat akun, pengguna dapat masuk ke platform canva for education dan memulai pembuatan game quiz edukatif.
  2. Memilih template game quiz edukatif. Canva for Education menawarkan berbagai jenis template game quiz edukatif yang dapat digunakan. Pengguna dapat memilih template sesuai dengan tujuan pembelajaran dan gaya desain yang diinginkan. Template game quiz edukatif di Canva for Education sangat fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.
  3. Menyesuaikan desain template. Setelah memilih template yang sesuai, pengguna dapat mulai menyesuaikan desain template. Pengguna dapat mengubah warna, font, dan gambar pada desain template untuk membuat game quiz edukatif yang lebih menarik dan efektif. Pengguna juga dapat menambahkan elemen desain seperti ilustrasi, ikon, dan grafik untuk memperkaya desain game quiz edukatif.
  4. Menambahkan konten edukatif. Pengguna dapat menambahkan pertanyaan, jawaban, atau informasi pendidikan lainnya pada game quiz edukatif. Pengguna dapat menyesuaikan konten edukatif dengan materi pelajaran yang ingin diajarkan dan tingkat kesulitan yang ingin ditampilkan.
  5. Mengatur gameplay. Pengguna dapat mengatur gameplay untuk membuat game quiz edukatif yang lebih menarik dan efektif. Pengguna dapat menentukan aturan permainan, mengatur skor.
  6. Mengatur fitur interaktif. Canva for Education menawarkan berbagai fitur interaktif yang dapat digunakan untuk membuat game quiz edukatif yang lebih menarik dan efektif. Fitur-fitur tersebut antara lain animasi, suara, dan video. Pengguna dapat menggunakan fitur-fitur ini untuk menambahkan elemen interaktif pada game quiz edukatif dan meningkatkan pengalaman belajar Siswa.
  7. Membagikan game quiz edukatif. Setelah selesai membuat game quiz edukatif, langkah terakhir adalah membagikan game quiz edukatifkepada Siswa. Pengguna dapat membagikan game quiz edukatif melalui platform pembelajaran online atau melalui tautan yang dapat diakses secara online. Dengan membagikan game quiz edukatif, Siswa minat belajar dengan cara yang lebih menarik dan efektif.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Aprilia Dwi Asriani, S.Pd., Guru Mapel Matematika

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

22 Komentar

Ninuk Zuhriyah
Jumat, 9 Jun 2023

Bu April keren 👍

Balas
olifmartha@gmail.com
Senin, 12 Jun 2023

SMKN 10 Semarang semakin hebat 👍

Balas
Suginah
Senin, 12 Jun 2023

Kereeeen banget 👍👍

Balas
Suparyati
Senin, 12 Jun 2023

SMKN 10 semakin luar biasa

Balas
Elmina Ita Kusumawardani
Senin, 12 Jun 2023

Sipp..

Balas
Johan h
Senin, 12 Jun 2023

Terima kasih.. Tulisan guru smkn 10.. menginspirasi.. lanjutkan

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Senin, 12 Jun 2023

Semoga artikel ini bermanfaat untuk memberikan informasi,belajar bersama untuk mencoba membuat pembelajaran dengan game quiz educatif melalui canva yang menyenangkan dan tidak membosankan untuk peserta didik.

Balas
Dwi palupi
Senin, 12 Jun 2023

Good

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Senin, 12 Jun 2023

Mantap.

Balas
Arimurti Asmoro
Selasa, 13 Jun 2023

Membangun strategi permasalahan belajar dengan perkembangan IT…..ciaamik

Balas
Husna
Selasa, 13 Jun 2023

Hebat dan menginspirasi 👏👏👏

Balas
shinta amelia
Rabu, 14 Jun 2023

bu april artikel sangat kerenn

Balas
Maudyningrum Ayu Salsa Nabila
Rabu, 14 Jun 2023

Keren bu 👍

Balas
nabila juliyanti
Rabu, 14 Jun 2023

hebat

Balas
Revalina Febi Suryani
Rabu, 14 Jun 2023

Baguss, keren sekalii, sangat menginspirasi 👍🏻

Balas
Dwiponegoro
Rabu, 14 Jun 2023

Keren

Balas
Muhammad Fatih
Rabu, 14 Jun 2023

keren dan hebat

Balas
Syahwa abbi ariyanto
Rabu, 14 Jun 2023

Sangat bagus

Balas
Rabu, 14 Jun 2023

Sangat menginspirasi

Balas
devin rian candra
Rabu, 14 Jun 2023

semoga bermanfaat, ini sangat keren

Balas
Rabu, 14 Jun 2023

Artikel yang keren dan menarik

Balas
Ryan Ady Purnomo
Rabu, 30 Agu 2023

Semoga lebih baik kedepannya

Balas

Beri Komentar