Info Sekolah
Kamis, 11 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

SMKN 10 Semarang Membuka Jurusan Bisnis Digital Demi Generasi E-Commerce Masa Depan

SEMARANG – Di era digital yang terus berkembang, pembelian barang secara online melalui platform seperti Shopee, Tokopedia, dan Alibaba telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pertumbuhan industri e-commerce yang pesat ini tidak hanya mengubah cara konsumen berbelanja, tetapi juga menciptakan kebutuhan akan tenaga kerja yang terampil dalam mengelola bisnis digital.

Menyikapi kebutuhan tersebut, SMKN 10 Semarang seperti yang diungkapkan oleh Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd mengambil langkah inovatif dengan membuka jurusan baru, yaitu Bisnis Digital. Jurusan ini dirancang untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk berkembang dalam industri e-commerce yang dinamis.

Bisnis digital merupakan segala jenis usaha di mana penjualan produk atau jasanya dilakukan secara daring atau online, baik melalui website maupun aplikasi. Jurusan ini mencakup kompetensi-kompetensi yang diperlukan untuk berkarir di dunia industri saat ini, baik itu bekerja pada pihak lain, berwirausaha secara mandiri, maupun sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan kejuruannya.

Jurusan Bisnis Digital adalah program pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan dalam bidang e-commerce dan pemasaran digital. Program ini mencakup pelajaran tentang manajemen toko online, strategi pemasaran digital, analisis data, hingga keamanan siber.

Selain itu, jurusan ini berkontribusi untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang akan berkarir di bidang digital entrepreneur, content writer, social media specialist, digital marketing, staff merchandising, customer service online, dan staff purchasing.

Apa Saja yang Dipelajari? Siswa akan mempelajari berbagai aspek penting dari bisnis online, termasuk:

  1. Pengelolaan E-commerce: Memahami operasional harian toko online.
  2. Pemasaran Digital: Menggunakan media sosial dan platform lain untuk menjangkau pelanggan.
  3. Analisis Data: Menginterpretasikan data penjualan untuk meningkatkan strategi bisnis.
  4. Keamanan Siber: Melindungi informasi bisnis dan pelanggan dari ancaman digital.

Bagaimana Peluang Kerjanya? Lulusan jurusan Bisnis Digital memiliki peluang kerja yang luas, baik di perusahaan e-commerce besar maupun sebagai pengusaha mandiri. Mereka dapat berkarir sebagai manajer e-commerce, analis data, spesialis SEO, hingga ahli keamanan siber.

Dengan membuka jurusan Bisnis Digital ini, SMKN 10 Semarang berharap dapat menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendukung pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia dan membuka peluang karir yang menjanjikan bagi para siswa.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi bagian dari revolusi digital? SMKN 10 Semarang membuka kesempatan emas bagi para lulusan SMP khususnya pelajar putri yang ingin mengembangkan keterampilan di bidang e-commerce dan pemasaran digital. Dengan bangga kami mengumumkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun pelajaran 2024/2025, khususnya pada jurusan Bisnis Digital yang inovatif.

Jurusan Bisnis Digital di SMKN 10 Semarang adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempelajari dan menguasai dunia bisnis online. Dengan kurikulum yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri saat ini, siswa akan dibekali dengan pengetahuan tentang pengelolaan e-commerce, strategi pemasaran digital, analisis data, dan keamanan siber.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengasah keterampilan dan menjadi pionir dalam industri yang terus berkembang. Ayo bergabung dengan kami dan jadilah bagian dari generasi baru yang siap memimpin transformasi digital. Mari bersama-sama kita wujudkan masa depan yang cerah dengan pendidikan yang berkualitas di SMKN 10 Semarang.

Penulis : Mulyo Subagyo, S.Pd, Tim Pembukaan Jurusan Baru SMKN 10 Semarang