Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Pentingnya Menjaga Kedisiplinan Dan Kebersihan Di Bengkel Sekolah

Diterbitkan :

Tata tertib adalah peraturan dan pedoman yang ditetapkan di sekolah untuk menjaga ketertiban, keselamatan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Mentaati tata tertib terutama kebersihan akan membantu menciptakan lingkungan yang positif dan produktif bagi seluruh warga sekolah.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan di area sekolah terutama bengkel, tempat dimana Peserta Didik melakukan kegiatan belajar yaitu dengan turut serta menjaga area bengkel selalu dalam kondisi bersih dan tertata. Kondisi bengkel yang kurang terawat akan membuat kita tidak nyaman pada saat melakukan kegiatan pembelajaran terutama kegiatan praktik, oleh sebab itu menjaga kebersihan bengkel harus selalu rutin dilakukan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran dan setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran.

Dengan kondisi area bengkel yang bersih, tidak hanya akan membuat kita merasa nyaman pada saat melakukan kegiatan pembelajaran, akan tetapi kebersihan bengkel juga akan menghindarkan kita dari berbagai macam kecelakaan kerja yang dapat terjadi. Contohnya, ada tumpahan oli di lantai pada saat Peserta Didik melakukan praktik penggantian oli mesin sepeda motor, akan tetapi Peserta Didik lupa untuk membersihkan lantai dari tumpahan oli tersebut, hal ini tentunya akan membahayakan bagi Peserta Didik pada saat melakukan aktivitas. Contoh lain seperti penataan alat dan media kerja tidak sesuai dengan standar, selain akan memakan waktu untuk melakukan pekerjaan, hal ini juga akan membuat alat dan media yang akan digunakan menjadi mudah rusak karena tidak dilakukan perawatan dengan baik.

Kedisiplinan juga berlaku bagi aktivitas Peserta Didik ketika berada di area kerja, seperti tidak berlarian atau bercanda di area kerja, terutama pada saat Peserta Didik lain melakukan kegiatan praktikum, tentunya hal ini akan mengganggu bahkan bisa saja membahayakan.

Beberapa contoh diatas tentunya membuat kita sadar akan pentingnya kedisiplinan untuk menjaga kebersihan di area sekolah, terutama bengkel tempat Peserta Didik melakukan kegiatan praktik. Terkadang hukuman atau punishment bai Peserta Didik yang melanggar tata tertib itu perlu dilakukan, agar Peserta Didik tersebut merasa jera dan harapannya tidak mengulangi perbuatannya.

Dengan mematuhi tata tertib di sekolah, Peserta Didik dapat menciptakan lingkungan yang aman, positif, dan mendukung bagi pembelajaran. Penting bagi setiap Peserta Didik untuk memahami dan menghormati tata tertib ini, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik selama berada di lingkungan sekolah.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Imamul Huda, S.Pd., Guru Mapel Produktif TSM

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

6 Komentar

Elmina Ita Kusumawardani
Selasa, 1 Agu 2023

Mantap…pak

Balas
Suhermawan
Selasa, 1 Agu 2023

Setuju.
Perlu diterapkan peraturannya.

Balas
Johan h
Selasa, 1 Agu 2023

Smkn 10 smg jaya, terus berkarya

Balas
Nyaminah
Sabtu, 5 Agu 2023

Setuju pak…semangaat💪💪💪

Balas
Lestari
Selasa, 8 Agu 2023

]keren

Balas
Jumat, 8 Des 2023

Dengan membaca blog ini saya dapat mengetahui cara menjaga kebersihan di lingkungan sekolah, terutama bengkel. Yakni dengan cara membersihkannya sebelum pembelajaran dilakukan dan juga setelah melakukan pembelajaran di area bengkel

Balas

Beri Komentar