Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Meningkatkan Minat Baca Siswa

Diterbitkan :

Minat baca telah menjadi pembicaraan di kalangan pemerhati pendidikan. Banyak orang tahu manfaat membaca, tetapi menumbuhkan dan membiasakan untuk membaca adalah perkara yang cukup susah. Berdasarkan pengamatan penulis, perpustakaan SMK 10 jarang pengunjung. Tidak banyak siswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku. Sepengetahuan penulis, perpustakaan dikunjungi saat peminjaman dan pengembalian buku paket oleh siswa setiap satu semester sekali. Selebihnya bisa dihitung satu dua siswa yang berkunjung untuk membaca. Padahal, jumlah siswa lebih dari seribu. Hal itu menjadi keprihatinan kita sebagai pendidik.

Beberapa faktor penyebabnya mungkin karena perpustakaan kita luasnya kurang ideal dengan jumlah siswa ribuan. Namun,  sebetulnya luas tidaknya perpustakaan jangan dijadikan alasan untuk tidak minat baca. Selain itu, buku-buku yang disediakan sebagian besar buku pelajaran. Buku-buku pengetahuan umum, buku-buku bacaan hiburan masih terbatas. Beberapa faktor tersebut membuat siswa malas berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan tidak mampu menghipnotis siswa untuk minat baca.  Keterbatasan fasilitas ternyata mempengaruhi minat siswa. Bagaimana solusinya?

Untuk mengatasi hal tersebut sekolah memberi fasilitas kepada siswa dengan menyediakan e-Library. ELibrary merupakan solusi bagi sekolah atau yang ingin menggunakan e-Book untuk membangun perpustakaan digital yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah atau institusi pendidikan. Wali kelas dan guru mata pelajaran memberi sosialisasi penggunaan e-library kepada siswa. Dengan e-Library, siswa dapat meminjam berbagai jenis e-book dan mengatur waktu pengembaliannya sesuai dengan kebutuhan. Siswa dapat meminjam dan membaca buku di perpustakaan digital dengan mudah dan cepat.

Dengan adanya e-Library, siswa merasa senang dan mendapat pengalaman yang mengasyikkan dalam meminjam dan membaca buku secara mudah dan cepat. Siswa merasa asyik mendapat informasi atau pengetahuan baru. Oleh karena itu, harapan kita dengan e-Library bisa mendongkrak minat baca siswa SMK Negeri 10 Semarang.

SMK Negeri 10 Semarng, dari Semarang untuk Indonesia
Penulis: Digna Palupi, S.Pd., M.Pd, Guru Mapel Bahasa Indonesia

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar