Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Mengungkapkan Nilai Keteladanan dalam Teks Biografi Tokoh Terkenal

Diterbitkan :

Teks biografi adalah Riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Dalam biografi disajikan Sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses orang yang sedang diulas. Teks biografi yang akan kami ulas di sini adalah BJ.Habibie. Di sini kami akan mengulas nilai-nilai keteladanan yang terdapat dapat dalam teks Biografi BJ.Habibie. Kami memilih teks ini karena dalam biografi ini banyak nilai keteladanan yang dapat kami ajarkan kepada peserta didik, dari nilai-nilai keteladanan ini, akan membentuk karakter peserta didik bias meneladani profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila bias kita ambilkan contoh dari biografi BJ.Habibie. Inilahbeberapa nilai keteladanan dari beliau.

Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan Presiden ke-3 Indonesia yang memiliki gelar lengkap Prof. Dr (HC). Ing. Dr. SC. Mult, beliau dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia atau Bapak Kedirgantaraan Indonesia.

Lahir di Pare Pare, Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936 daripasangan Alwi Djalil Habibie dan Raden Ayu Toeti Saptomarini. Habibie merupakan anak ke -4 dari 8 bersaudara. Ayah beliau yaitu Alwi Djalil Habibie adalah seorang ahli pertanian yang berasal dari Gorontalo, lalu sang ibu merupakan Dokter Spesialismata yang berasal dari Yogyakarta. B.J Habibie tumbuh di keluarga yang religius, ayahnya sering melantunkan Al-quran di depan anak-anaknya, bahkan ketika usia Habibie 3 tahun pun sudah lancar membaca Al-Quran.

Sejak kecil, Baharuddin Jusuf Habibie ini memang mempunyai kecerdasan luarbiasa, saat Sekolah Dasar mempunyai hobi membaca dan menunggang kuda, di Sekolahnya pun, beliau dikenal pintar di kalangan guru maupun teman-temannya.

Di saat usia beliau 14 tahun, tepatnya pada tanggal 3 September 1950, Habibie harus kehilangan ayahnya, selanjutnya Ibu Toeti Saptomar inilah yang berperan menjadi Kepala keluarga sekaligus menjadi Ibu bagi kedelapan anaknya. Sang Ibu pun, akhirnya menjual rumah yang ada di Pare-Pare dan memutuskan untuk pindah ke Bandung.

Habibie melanjutkan Sekolah di SMAK Dago (Saat ini SMAN 1 Bandung) dan melanjutkan kuliahnya di Universitas Indonesia Bandung (Saat ini ITB) dengan jurusannya Teknik Mesin, namun hanya berselang 6 bulan, ia memutuskan untuk bersekolah di Jerman. Pada tahun 1960 ia mendapatkan gelar insinyur dengan predikat Cumlaude dan rata-rata nilainya 9,5.

Oleh karena itu, banyak sifat atau perilaku dari Presiden Indonesia ketiga ini yang dapat dijadikan panutan, terutama bagi kita para kaum muda. Apa saja sih sifat-sifatnya beliau? Mari simak di bawah!

  1. Sederhana. Meskipun B. J Habibie cerdas dan dikenal luas oleh banyak orang, beliau tidak menyombongkan hal tersebut, ia tetap hidup sederhana sesuai dengan prinsip yang ia Bahkan ketika di Jerman ia diberikan fasilitas terbaik dan dapat hidup nyaman, beliau ingin kembali kenegaranya yaitu Indonesia, beliau tidak lupa dan selalu bertekad untuk pulang membawa kesuksesan serta mengharumkan nama negaranya.
  2. Suka Belajar. J Habibie yang cerdas ini pasti tidak jauh dari yang namanya suka belajar, sejak kecil ia dikenal sebagai murid tercerdas. Di dalam tasnya selalu ada buku-buku yang ia baca. Bahkan saat di Jerman, ia rela bekerja terlebih dahulu agar bias membeli buku yang ia inginkan, Selain itu, Habibie rela berdiam diri di perpustakaan untuk belajar, hingga petugas perpustakaan pun sudahhapal dan kenal baik dengan Habibie.
  3. Pekerja Keras. Setelah Habibie mendapatkan gelar insinyur di Jerman, beliau langsung melanjutkan sekolahnya untuk mendapatkan gelar doktor, ia melanjutkan sekolahnya di Technishe Hochschule Die Facultaet De Fuer Maschinenwesen Aachen. Di Tahun 1962 ia menikahi Ainun dan membawa Ainunke Jerman, Kehidupan setelah menikah pun masih terasa Ia harus berhemat, untuk berangkat kerja, ia memilih berjalan kaki dari rumah ketempat kerjanya. Belum lagi Habibie harus sering pulang larut malam akibat pekerjaannya. Sama seperti Habibie, Ainun pun harus bias berjuang. Ainun harus rela mengantri untuk mencuci baju. Selain itu ia rela mengorbankan mimpinya menjadi dokter dan focus mengurus suami sertaanak-anaknya.
  4. Cinta Tanah Air. Sikap patriotisme Habibie tidak perlu diragukan Saat beliau melanjutkan studi ke Jerman ia bertekad pulang dengan membawa kesuksesan serta mengharumkan nama Indonesia. Selain itu, saat Habibie siuman dari sakitnya, beliau langsung mengingat negaranya Indonesia, bahkan hingga membuat sebuah puisi berjudul “Sumpahku”.

Dari empat nilai-nilai keteladanan ini, Mari kalian sebagai pesertad idik, sebagai generasi penerus bangsa, yang membawa Indonesia kejaman keemasan, Kalian harus bisa meneladani niai-nilai karakter di atas, sebagai bukti pembentuk profil pelajar Pancasila.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Dra. Warni, Guru Mapel Bahasa Indonesia

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

18 Komentar

Antar Subandono
Senin, 26 Feb 2024

Menjadi teladan yg baik

Balas
Suwarni
Senin, 26 Feb 2024

Mantab, terbaik 👍👍👍

Balas
Suparman, S.Pd
Senin, 26 Feb 2024

Mantap👍💯

Balas
Helmi Yuhdana H
Senin, 26 Feb 2024

Keren…..

Balas
Digna Palupi
Senin, 26 Feb 2024

Menginspirasi selalu.👍

Balas
Susanti
Senin, 26 Feb 2024

Mantap Bu Warni 👍

Balas
verry wijaya
Senin, 26 Feb 2024

keren bu …

Balas
Muslim Anwar
Senin, 26 Feb 2024

Mantap dan luar biasa semoga bermanfaat

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Senin, 26 Feb 2024

Mantap.

Balas
Ngatinah
Senin, 26 Feb 2024

Mantap dan luar biasa semoga bermanfaat

Balas
Sami
Senin, 26 Feb 2024

Mantap dan bermanfaat bu Warni hebat

Balas
Tri Hartutik
Senin, 26 Feb 2024

Dg adanya BJ. Habibie pelajar Pancasila Bisa bertambah Maju dan sukses.

Balas
Dra.Warni
Senin, 26 Feb 2024

Semoga artikel ini bermanfaat bagi peserta didik bisa meneladani tokoh B.J Habibi.

Balas
Husna
Selasa, 27 Feb 2024

Semoga sehat selalu dan semakin Hebat.. 🤲
Sangat menginspirasi

Balas
Selasa, 27 Feb 2024

Menjadi suri tauladan yg mantab daan semangat..
Jooosss…

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Rabu, 28 Feb 2024

Menginspirasi

Balas
Maskur
Kamis, 29 Feb 2024

Alhamdulillah

Balas
Husna
Selasa, 5 Mar 2024

Hebat dan menginspirasi. Semoga sehat selalu untuk segenap warga sekolah aamiin

Balas

Beri Komentar