Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Asiknya Mengenal Media Promosi dalam Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Diterbitkan :

Pendidikan Kejuruan adalah Pendidikan Menengah Atas yang mempersiapkan Siswanya untuk bekerja di bidang sesuai jurusan pilihannya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki berbagai jenis mata pelajaran, salah satunya adalah Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Pada mata pelajaran ini Siswa harus menguasai bidang keahliannya untuk dapat melatih menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif, dan inovatif.

Hal ini juga didasarkan pada pengetahuan dan keterampilan yang diberikan pendidik kepada Siswa selama pembelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh Siswa selama menempuh pendidikan di  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain sebagai modal dasar Siswa juga dapat digunakan untuk mempersiapkan diri menjadi Pengusaha. Untuk itu Penulis mencoba memilih judul Media Promosi dalam mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada Kompetensi Dasar 3.17 di kelas XII.

Dalam dunia wirausaha, pastinya para wirausahawan akan mengenalkan atau mempromosikan produk atau jasa yang dimilikinya kepada masyarakat. Agar promosi yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien, maka perlu ditentukan media promosi yang tepat. Promosi sendiri memiliki pengertian segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan (Zimmerer). Sehingga media promosi merupakan sarana yang digunakan dalam mendukung kegiatan promosi dan pengenalan produk atau jasa kepada masyarakat.

Terdapat beberapa fungsi dari media promosi yang dapat mendatangkan banyak keuntungan dalam berwirausaha diantaranya yaitu pertama, meningkatkan brand awareness. Ketika promosi dilakukan dengan tepat, maka branding yang kuat dapat dibangun, sehingga produk atau jasa yang ditawarkan akan selalu diingat bahkan dipilih oleh calon pembeli. Kedua, menawarkan dan membujuk calon pembeli dengan memberikan informasi yang jelas terkait keunggulan hingga harga produk yang ditawarkan. Ketiga, menjaga pelanggan untuk tetap loyal terhadap produk yang dibelinya, sehingga mereka akan membeli produk tersebut secara berkelanjutan. Keempat, meningkatkan penjualan produk melalui kegiatan promosi di media promosi yang dilakukan dengan baik dan efektif. Kelima, meningkatkan value dari suatu produk atau jasa yang dimiliki.

Ada beberapa macam media promosi yang dapat digunakan antara lain internet, televisi, banner, poster, brosur, radio, koran dan majalah, serta merchandise. Dari macam-macam media promosi ini, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga perlu diperhitungkan budget yang akan digunakan.

Melalui pembelajaran Media Promosi ini, peserta didik dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan bertanggung jawab selama pembelajaran. Semoga bermanfaat.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Dra. Rodhatin, M.Si

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar