Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Permainan ToSM untuk Mengatasi Gagap Hitung

Diterbitkan :

Matematika merupakan mata pelajaran wajib disetiap jenjang pendidikan, akan tetapi banyak Siswa yang tidak suka dengan pelajaran matematika karena mereka menganggap bahwa matematika adalah ilmu yang sulit dipelajari. Hal ini terjadi karena sebagian besar Siswa mengalami gagap hitung. Perhatian sekolah terhadap penguasaan operasi aritmatika dasar Siswa seperti: penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian secara cepat (intuitif) telah hilang atau malah diabaikan dalam aspek penilaian pembelajaran matematika padahal numerasi adalalah keterampilan dasar untuk hidup unggul di era digital. Namun riset dan data mengungkapkan bahwa gagap hitung adalah wabah massal. Gagap hitung ini apabila dibiarkan akan berpotensi mengundang kefrustasian tersendiri dan pada akhirnya menyebabkan anak alergi dengan matematika.

ToSM (Tesf of Second Mathematic) adalah sebuah metode pembelajaran matematika yang fokus pada pemahaman konsep-konsep dasar matematika dan pengembangan keterampilan berpikir logis. Metode ini dirancang untuk membantu Siswa belajar matematika dengan baik dan menyenangkan. ToSM menekankan pada pemahaman yang mendalam dari pada sekedar menghafal rumus atau prosedur matematika. Namun karena ToSM bagian dari tes, maka tidak jarang pula terjadi perubahan kondisi psikologis Siswa saat mengerjakan ToSM. Siswa tidak bisa fokus dalam waktu yang cukup lama dan juga tidak nyaman saat mengerjakan ToSM.

Mengacu pada pendapat Goleman yang menyatakan bahwa, “Manusia cenderung dapat memusatkan fokus terhadap sesuatu diantaranya pada saat bermain”, maka mengadopsikan ToSM ke dalam game merupakan salah satu metode yang dapat memusatkan fokus. Game dapat membuat Siswa rileks, merasa senang, dan tidak takut ketika mereka mengerjakan perhitungan aritmatika dasar. Selain itu game juga sangat popular di kalangan anak-anak. Dari hal tersebut, maka ToSM dikembangkan  ke dalam edugame yang dapat meningkatkan fokus berpikir, bersifat rekreasi matematika dan meningkatkan kemampuan hitung intuitif.

Media yang digunakan dalam proses pembelajaran Matematika Detik ini menggunakan Aplikasi ToSM dimana aplikasi ini tersedia untuk android yang langsung bisa di download menggunakan PlayStore. Pada tampilan awal jendela akan ditampilkan opsi pemilihan Aritmatika Dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian). Dibagian akhir setelah selesai mengerjakan soal-soal Siswa/pemain dapat langsung melihat hasil nilai yang diperoleh.

Pada praktiknya Siswa diajak bermain ToSM dengan menggunakan aplikasi pada android, kemudian menyelesaikan operasi dasar intuitif. Guna mengukur, yaitu: (1) Skor ToSM, dalam operasi per menit (OPM), (2) Waktu per operasi dalam detik, (3) Kategori capaian yaitu tidak terampil (gagap hitung), terampil (tuntas atau istimewa). Setelah selesai mengerjakan ToSM Siswa yang mendapatkan hasil gagap hitung mereka penasaran dan berusaha memainkan ToSM lagi dan seterusnya sampai mendapatkan nilai tuntas, bagi Siswa yang sudah tuntas mereka terus berusaha meningkatkan kompetensinya sehingga mendapatka hasil yang istimewa. Dengan demikian gagap hitung pada Siswa akan teratasi dengan baik apabila Siswa mengerjakan ToSM secara kontinu.

Bagaimana ToSM bisa membantu mengatasi gagap hitung?

  1. Pemahaman konsep yang mendalam, ToSM membantu Siswa memahami konsep-konsep matematika dengan baik.
  2. Pemecahan masalah, bermain ToSM melibatkan pemecahan masalah matematika yang bervariasi dan menantang sehingga membantu Siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika.
  3. Kolaborasi dan diskusi, dalam bermain ToSM sering melibatkan kolaborasi dan diskusi hal ini memungkinkan Siswa untuk belajar satu sama lain serta melihat berbagai pendekatan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah matematika.
  4. Penggunaan alat bantu, dalam TOSM penggunaan alat bantu seperti manipulatif matematika, permainan matematika dan teknologi pembelajaran lunak matematika dapat meningkatka pemahaman Siswa.
  5. Peningkatan percaya diri, ketika seseorang dapat menyelesaikan masalah matematika dengan sukses mereka akan lebih percaya diri.

Dari uraian tersebut di atas, penulis menyimpulkan bahwa gagap hitung adalah masalah yang dapat diatasi dengan pendekatan pembelajaran yang tepat, bermain ToSM merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi gagap hitung dan meningkatkan pemahaman matematika. Metode ini tidak hanya membantu Siswa mengembangkan keterampilan matematika, tetapi juga membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep matematika dan keterampilan berpikir yang kuat, Siswa menjadi lebih siap menghadapi tantangan matematika dalam kehidupan mereka

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Af’idatin, S.Pd., Guru Mapel Matematika

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

5 Komentar

Elmina Ita Kusumawardani
Rabu, 4 Okt 2023

Mantap bu…

Balas
Muslim Anwar
Rabu, 4 Okt 2023

Mantap dan luar biasa

Balas
WIDAKDO
Rabu, 4 Okt 2023

Bagus mantab dan nempesona..
Joss…

Balas
Dra. Sami
Rabu, 4 Okt 2023

Luar biasa sangat menginspirasi

Balas
Suwarni.
Sabtu, 7 Okt 2023

Mantab 👍👍👍

Balas

Beri Komentar