Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Surat Lamaran Pekerjaan untuk Anak SMK, Pentingkah?

Diterbitkan :

Surat lamaran pekerjaan atau cover letter adalah salah satu dokumen yang menyajikan resume seseorang ketika melamar pekerjaan. Menyertakan surat lamaran pekerjaan pada saat melamar pekerjaan dapat memberimu kesempatan untuk menunjukkan keterampilan dan ketertarikanmu pada suatu posisi pekerjaan. Menuliskan surat lamaran pekerjaan yang baik dapat membantumu dalam melamar pekerjaan. Untuk itu, artikel ini akan membahas segala sesuatu tentang surat lamaran pekerjaan atau cover letter.

Apa itu surat lamaran pekerjaan untuk anak SMK?

Pada umumnya, surat lamaran kerja atau cover letter adalah surat pengantar yang menyoroti tentang keterampilan dan pengalaman-pengalaman peserta didik yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar. sebuah surat lamaran pekerjaan untuk anak SMK biasanya terdiri dari tiga paragraf dan tersusun atas pembukaan, isi, dan kalimat penutup. surat lamaran pekerjaan biasanya terfokus pada keterampilan dan tujuan karier si pelamar daripada pengalaman kerja si pelamar pada tempat kerja terdahulu. surat lamaran pekerjaan biasanya ditujukan untuk kantor tertentu dan HRD manajer kantor tempat kamu melamar.

Surat lamaran kerja difungsikan sebagai dokumen tertulis atas pengajuan pekerjaan. Melalui surat lamaran, terdapat beberapa lampiran yang disertakan seperti fotokopi ata scan KTP, ijazah terakhir, resume, dan lain sebagaiinya. Dokumen ini menjadi pengantar kamu ke calon perusahaan, sehingga dokumen ini amat penting keberadaannya.

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja untuk anak SMK?

kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini sebagai petunjuk penulisan surat lamaran kerja:

  1. Tuliskan informasi pribadi. Langkah pertama yang kamu lakukan adalah menuliskan informasi pribadi sebagai contoh adalah nama, alamat, dan informasi kontak yang bisa dihubungi. ini akan mempermudah manajer HRD untuk membaca surat yang ditujukan pada mereka diperuntukkan untuk apa dan siapa pelamar yang akan mengisi kekosongn posisi kerja.
  2. Sapa HRD manajer. Jika kamu mengetahui nama manajer HRDnya, kamu bisa menuliskan namanya. gunakan penyebutan formal ketika menuliskan nama mereka, contohnya Bapak atau Ibu Budi. jika kamu tidak mengetahui siapa yang akan menerima surat lamaran mu, kamu bisa menuliskan Bapak/Ibu manajer HRD.
  3. Sampaikan maksud pembuatan surat. Tuliskan ketertarikanmu pada posisi lowongan pekerjaan di kantor tersebut pada paragraf pertama dan sertakan alasan kenapa kamu merupakan kandidat yang cocok untuk mengisi posisi tersebut. pada paragraf ini, kamu juga bisa menyebutkan tujuan karier kamu dan bagaimana mereka bisa mengakomodasi kamu unutk mencapai tujuanmu.
  4. Tuliskan keterampilan dan pengalaman yang relevan kamu. Paragraf kedua dari surat lamaran mu berisi keterampilan-keterampilan dan pencapaian yang kamu punya. jika kamu punya pengalaman di bidang yang sama dengan posisi yang kamu lamar, bisa kamu tuliskan di paragraf ini. jika kamu pernah bekerja di bidang yang sama dengan posisi yang kamu lamar, tuliskan dengan detail peran, tugas, dan pencapaian kamu selama bekerja di kantor lamamu.
  5. Sertakan ucapan terima kasih pada manajer HRD. Pada paragraf terakhir surat lamaran mu, kamu bisa menuliskan visimu yang selaras dengan calon kantormu. kamu juga bisa menuliskan hal-hal yang membuatmu tertarik untuk melamar di tempat tersebut dan di paragraf terakhir, jangan lupa sampaikan terima kasih pada manajer HRD karena terlah menyempatkan waktu mereka untuk membaca dan mempertimbangkan lamaranmu.
  6. Tuliskan kalimat penutup profesional. Setelah menuliskan ketiga paragraf di atas, tutup surat lamaranmu dengan kalimat penutup profesional. setelah itu, tuliskan nama lengkap di bawahnya.
  7. Periksa ulang surat lamaranmu. Setelah selesai menulis surat lamaran, periksa kembali surat yang telah kamu tuliskan dan perbaiki kesalahan, baik kesalahan ketik ataupun kesalahan menyertakan dokumen, sebelum dikirimkan kepada manajer HRD.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Khanin Zahrotul Aula, S.Pd., Guru Mapel Bahasa Inggris

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar