Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Peran Wali Kelas Bersinergi dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Untuk Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Siswa

Diterbitkan :

Sekolah merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan potensi diri siswa, baik itu potensi akademik maupun non-akademik. Salah satu potensi yang penting untuk dikembangkan  salah satunya adalah sikap tanggung jawab. Sikap tanggung jawab merupakan sikap yang perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk diri  seorang siswa atau peserta didik.  Siswa yang memiliki sikap tanggung jawab akan senantiasa  berupaya untuk memahami, dan melaksanakan serta mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik, tentang tugas sekolah maupun tugas diluar kegiatan sekolahnya.

Bimbingan konseling merupakan salah satu layanan pendidikan yang dapat digunakan untuk mengembangkan sikap tanggung jawab pada diri siswa. Bimbingan konseling dapat membantu siswa untuk memahami diri sendiri, memahami lingkungan, dan mengembangkan potensi pada dirinya. Salah satu tujuan Bimbingan Konseling adalah membantu siswa untuk mengembangkan sikap tanggung jawab pada dirinya.  Wali kelas merupakan salah satu guru yang memiliki peran penting dalam membantu pelaksanaan bimbingan dikelas dan lingkungan sekolah. Wali kelas memiliki tugas selain mengajar, juga mendidik, membina dan membimbing siswa di kelasnya. Dalam pelaksanaan bimbingan, wali kelas dapat  bekerjasama dengan guru Bimbingan Konseling yang berperan aktif sebagai fasilitator, motivator, dan mediator.

Berdasarkan hasil penelitian di SMK Negeri 10 Semarang, ditemukan bahwa wali kelas memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan bimbingan dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab pada dirisiswa. Sebab wali kelas  juga memliki peran yang sama  sebagai fasilitator, motivator, dan mediator pada saat pendampingan dalam berbagai masalah, serta  bersinergi bersama dengan guru BK dalam menyelesaikan beberapa kasus. Peranan wali kelas sebagai fasilitator dengan cara memberikan kesempatan dan kemudahan bagi siswa untuk mengikuti layanan bimbingan konseling. Salah satu contoh kegiatan yang dilakukan wali kelas untuk memfasilitasi siswa dalam mengembangkan sikap tanggung jawab adalah dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler.

Wali kelas berperan sebagai motivator dengan cara memberikan motivasi kepada siswa untuk memiliki sikap tanggung jawab mengikuti kegiatan yang sudah menjadi pilihannya. Salah satu contoh kegiatan yang dilakukan wali kelas untuk memotivasi siswa dalam mengembangkan sikap tanggung jawab adalah dengan memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki sikap tanggung jawab, sperti nilai terbaik yang diberikan kepadanya.  Wali kelas berperan sebagai mediator dalam membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi siswa. Salah satu contoh kegiatan yang dilakukan wali kelas untuk membantu menyelesaikan masalah siswa yang berkaitan dengan tanggung jawab adalah dengan melakukan pendekatan kepada siswa.

Dengan demikian peran wali kelas sangatlah penting bersama guru BK dapat bersinergi bersama dalam melatih tanggung jawab siswa di sekolah, Sehingga wali kelas dapat meningkatkan peranannya dalam pelaksanaan bimbingan bersinergi dengan guru BK  dalam menumbuhkan  sikap tanggung jawab pada peserta didiknya . Wali kelas dapat meningkatkan peranannya dengan cara yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang bimbingan,meningkatkan kerjasama  dan bersinergi dengan guru BK dan meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan siswa atau peserta didik dikelas perwaliannya.

Dengan meningkatkan peran wali kelas yang bersinergi dalam pelaksanaan bimbingan Konseling di sekolah, diharapkan dapat menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa yang lebih baik. Serta sikap tanggung jawab  yang akan membuat siswa menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan siap menghadapi tantangan hidup, menjadikan siswa yang mandiri dan percaya diri.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Elmina Ita Kusumawardani, S.Pd, M.Si, Guru BK

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

15 Komentar

Muslim Anwar
Selasa, 5 Mar 2024

Mantap luar biasa.semoga bermanfaat

Balas
Dra.Warni
Selasa, 5 Mar 2024

Bagus dapat membantu wali kelas.Wali kelas harus bersinergi dgn semua warga sekolah untuk mewujudkan keberhasilan perwalianya.

Balas
Husna
Selasa, 5 Mar 2024

Hebat dan menginspirasi. Semoga sehat selalu untuk segenap warga sekolah aamiin

Balas
Susanti
Selasa, 5 Mar 2024

Peran wali kelas yang aktif sangat membantu kinerja BK 👍

Balas
Elmina Ita Kusumawardani
Selasa, 5 Mar 2024

Ayoo wali kelas kita bersama berkolaborasi membangun management kelas yg berkwalitas berdasar kebutuhan peserta didik

Balas
Suginah
Selasa, 5 Mar 2024

Mantaaap👍👍

Balas
Hesti S
Selasa, 5 Mar 2024

👍👍👍👍👍

Balas
Suparman, S.Pd
Selasa, 5 Mar 2024

Mantap💯👍

Balas
Endang Widayati
Selasa, 5 Mar 2024

Komunikasi. Walikelas dan BK sangat di butuhkan untuk memantau perkembangan anak

Balas
Endang Widayati
Selasa, 5 Mar 2024

Komunikasi. Walikelas dan BK sangat di butuhkan untuk memantau perkembangan siswa

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Selasa, 5 Mar 2024

Setuju.

Balas
Johan h
Selasa, 5 Mar 2024

Memberi manfaat dan menginspirasi

Balas
Wiler Upik
Rabu, 6 Mar 2024

Mataap

Balas
Sami
Kamis, 7 Mar 2024

Sangat bermanfaat luar biasa, Bu Elmina keren

Balas
Antar Subandono
Kamis, 7 Mar 2024

Excellent..

Balas

Beri Komentar