Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Pentingnya Menerapkan Budaya Kerja Industri pada Siswa SMK

Diterbitkan :

Mangkunegara (2005) mengemukakan, bahwa budaya kerja merupakan perangkat asumsi atau sistem keyakinan, nilai, dan norma yang dikembangkan dalam suatu organisasi  yang dapat dijadikan sebagai landasan tingkah laku anggota, untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal maupun integrasi internal.

Budaya Kerja adalah falsafah yang didasari pada pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang dibudayakan dalam suatu kelompok yang tercermin dalam sikap menjadi perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan serta tindakan yang terwujud sebagai kerja (Gering Supriyadi dan Tri Guno)

Daniel Goelman mengadakan penelitian sejak tahun 1990-an yang memfokuskan pada apa yang membedakan antara orang sukses dengan orang yang gagal di bidang karier. Dari riset tersebut ditemukan bahwa 15% dari 13 kesuksesan karier seseorang disebabkan oleh keahlian teknis sementara sisanya 85% disebabkan oleh kecerdasan emosional atau soft skills (Suryaputra N.A, 2008:103).

Budaya kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. Dalam topik ini mengapa sih perlu menerapkan budaya kerja pada siswa SMK. Alasanya begitu pentingnya budaya kerja industri bagi siswa SMK sebagai bekal ketika nantinya masuk di dunia industri maupun dunia kerja.

Selain itu penerapan budaya kerja industri pada siswa akan membiasakan memiliki soft skill yang baik. Tujuan penerapan budaya kerja di SMK: agar siswa SMK memilki budaya kerja sesuai tuntutan IDUKA. agar siswa memiliki kemampuan beradaptasi terhadap situasi kerja di IDUKA.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut sekolah dapat memberikan program setiap jurusanya. Salah satu program yang mungkin dapat diterapkan yaitu program budaya kerja 5R. Program 5R ini antara lain (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Yang prinsipnya: 1) Prinsip ringkas adalah memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja. Mengetahui benda mana yang tidak digunakan, mana yang akan disimpan, serta bagaimana cara menyimpannya supaya dapat mudah diakses terbukti sangat berguna bagi sekolah; 2) Prinsip rapi adalah menyimpan barang sesuai dengan tempatnya. Kerapian adalah hal mengenai sebagaimana cepat kita meletakkan barang dan mendapatkannya kembali pada saat diperlukan.

Adapun yang ketiga prinsip resik adalah membersihkan tempat/lingkungan sekolah, mesin/peralatan, dan barang-barang agar tidak terdapat debu, kotoran dan bau. Kebersihan harus dilaksanakan dan dibiasakan oleh setiap orang mulai dari pimpinan hingga pelaksana yang ada; 4) Prinsip rajin adalah terciptanya kebiasaan pribadi guru dan karyawan serta siswa untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah dicapai. Rajin di lingkungan sekolah berarti pengembangan kebiasaan positif di lingkungan sekolah; 5) Prinsip rawat adalah mempertahankan hasil yang telah dicapai pada (Ringkas, Rapi, Resik) sebelumnya dengan membakukannya (Standarisasi). Prinsip ini dapat berjalan apabila dilaksanakan bersama-sama yang ada di lingkungan sekolah.

Manfaat jika berhasil diterapkan maka akan Menurunkan pemborosan, Meningkatkan mutu dan produktivitas, Menghindari kecelakaan kerja, Meningkatkan kinerja, Absensi yang rendah, Peningkatan dan perbaikan kinerja yang berkelanjutan, Peralatan sekolah dan lokasi kerja di bengkel praktik yang teratur, rapi dan bersih, Keunggulan untuk mempunyai siswa yang bermental maju serta bersikap dan berperilaku positif serta Langkah awal menuju perusahaan kelas dunia.

Penulis: Rega Meiartha, MahaSiswa UNNES Lantip Angkatan 2 di SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Artikel ini memiliki

4 Komentar

Senin, 14 Nov 2022

Artikelnya bagus dan akan lebih bagus jika semua orang di sekolahan menerapkan.

Balas
ayu puspa sari
Jumat, 4 Agu 2023

sangat bagus dan sangat menginspirasi artikelnya…terimakasiiihh

Balas
Kamis, 28 Des 2023

Kontennya menyenangkan! Seperti otakku menikmati cupcake kebijaksanaan. 🧁🧠 #IndosneioCupcakeKebijaksanaan

Balas
Kamis, 28 Des 2023

Wah, ini menakjubkan! Seperti otakku mengalami naik karpet terbang melalui kain kebijaksanaan. 🧞‍♂️🧠 #IndosneioPerjalananKarpetTerbangKebijaksanaan

Balas

Beri Komentar