Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Melalui Dinamika Kelompok

Diterbitkan :

Peserta Didik hendaknya memiliki kemampuan berkonsentrasi saat proses belajar berlangsung. Melalui konsentrasi belajar, Peserta Didik mampu untuk mengikuti proses belajar sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Konsentrasi diperlukan dalam proses membaca, mendengar, maupun menulis. Pada usia sekolah, prestasi belajar seorang Peserta Didik sangat dipengaruhi oleh kemampuan menyerap pelajaran yang diberikan. Kemampuan memahami materi pelajaran diperoleh karena memperhatikan apa yang diajarkan guru maupun dari hasil upaya belajar mandiri, ditentukan oleh kemampuan konsentrasi (Mulyana et al., 2013).

Konsentrasi belajar adalah kemampuan untuk mengarahkan segala pikiran dan perbuatan sehingga mampu mempelajari suatu hal dengan baik. Pada saat mempelajari  materi di kelas, Peserta Didik sering kali mengalami berbagai macam gangguan (noise) yang berasal dari dalam dan luar diri sehingga dapat mengganggu konsentrasi belajar. Pada saat belajar, kadangkala tanpa disadari muncul pikiran mengenai masalah-masalah lama dan keinginan lain menjadi pengganggu aktivitas belajar kita. Suasana belajar dimana kelas penuh, cuaca panas, suara bising dari luar ruangan juga seringkali membuat Peserta Didik mengalami gangguan sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Gangguan konsentrasi belajar banyak dialami Peserta Didik terutama saat mempelajari mata pelajaran yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi. Kesulitan menjaga konsentrasi belajar juga semakin bertambah jika Peserta Didik terpaksa mempelajari materi pelajaran yang tidak disukainya (Ikawati, 2015).

Dinamika kelompok sebenarnya adalah bagian dari ilmu pengetahuan sosial yang lebih menekankan perhatiannya pada interaksi manusia dalam kelompok yang kecil. Pada berbagai referensi, istilah dinamika kelompok ini disebut juga dengan proses-proses kelompok (group processes). Jelas dari terminology ini bahwa pengertian dari dinamika kelompok ataupun proses kelompok ini menggambarkan semua hal atau proses yang terjadi dalam kelompok akibat adanya interaksi individu-individu yang ada dalam kelompok itu.

Sedangkan Peserta Didik yang tidak dapat menjaga konsentrasi ketika sedang belajar maka akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas belajar secara menyeluruh, dan dapat berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal. Kesulitan konsentrasi yang dialami disebabkan karena Peserta Didik tidak dapat memperhatikan intruksi dari guru BK dengan baik, kesulitan menerima materi pelajaran yang diberikan guru mapel, guru BK serta kesulitan menjawab pertanyaan yang diberikan guru BK secara langsung. Apabila kondisi Peserta Didik tidak mampu memaksimalkan konsentrasi belajar terus dibiarkan, maka dampaknya pada nilai dan hasil pembelajaran yang tidak maksimal (Mindari & Supriyo, 2015). Peserta Didik yang tidak dapat memfokuskan pikiran terhadap materi pembelajaran disebabkan oleh beberapa hal misalnya: guru yang mengajar dengan metode pembelajaran klasikal atau kelompok menyebabkan Peserta Didik dianggap memiliki kemampuan berpikir yang sama; kurangnya keterampilan guru di dalam mengelola kelas sehingga metode pembelajaran yang diberikan bersifat monoton dan kurang bervariasi sehingga menyebabkan Peserta Didik menjadi pasif dan hanya mengandalkan guru; dan ditambah suasana di kelas yang panas, sesak, dan terkadang bising yang memunculkan gangguan suara sehingga suasana di kelas menjadi sangat tidak nyaman dan kondusif untuk belajar (Aviana & Hidayah, 2015).

Peserta Didik yang dapat mengelola konsentrasi belajarnya akan menjadikannya mampu memahami dan mengaplikasikan segala informasi yang didapatkan melalui dinamika kelompok. Dengan pemahaman tentang materi pelajaran yang disampaikan guru, maka Peserta Didik akan mendapat nilai yang tinggi di kelas. Maka dari itu saat layanan bimbingan konseling di mulai hendaknya guru BK mengintrusikan hal-hal menarik yang membuat Peserta Didik menjadi semangat belajar yaitu melalui dinamika kelompok agar Peserta Didik tidak merasa bosan atau merasa monoton dengan suasana yang seperti biasanya, penggunaan dinamika kelompok ini sangat banyak manfaatnya yaitu meningkatkan konsentrasi Peserta Didik dalam belajar, dapat membentuk kerjasama Peserta Didik dengan temannya saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup, memudahkan segala cara pembelajran, mengatasi pembelajaran yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban belajar yang terlalu berat sehingga lebih cepat dan efesien

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Renia Desti Herlinawati., S.Pd

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

6 Komentar

Helmi Yuhdana H
Sabtu, 4 Mei 2024

Kereeennn

Balas
Johan h
Sabtu, 4 Mei 2024

Literasi yang menginspirasi

Balas
Suwarni
Sabtu, 4 Mei 2024

Mantab, terbaik 👍

Balas
Suparman, S.Pd
Sabtu, 4 Mei 2024

Mantap👍👍👍

Balas
Yusuf Trisnawan
Sabtu, 4 Mei 2024

Meningkatkan konsentrasi dg cara yg sangat menarik

Balas
Anni Rahayuningsih
Sabtu, 4 Mei 2024

Good 👍👍

Balas

Beri Komentar