Info Sekolah
Selasa, 18 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Penggunaan Autodesk Invertor Dalam Pembelajaran Pemograman Mesin CNC

Diterbitkan :

Computer Numerical Control (CNC) merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh Siswa kelas XII Teknik Pemesinan Kapal pada mata pelajaran Pekerjaan Mesin Perkakas. Proses permesinan CNC diawali dengan mendesain obyek menggunakan software berbasis Computer Aided Design (CAD) kemudian diteruskan ke dalam proses manufacturing menggunakan software berbasis Computer Aided Manufacturing (CAM) yaitu sebuah teknologi aplikasi yang menggunakan perangkat lunak komputer dan mesin untuk memfasilitasi dan mengotomatisasi proses manufaktur.

Autodesk  Inventor  adalah  salah  satu  perangkat  lunak  jenis Computer Aided Drawing (CAD) yang lebih menekankan pada pemodelan solid. Perangkat lunak ini adalah salah satu produk dari Autodesk Inc. USA yang dahulu lebih dikenal karena produk AutoCAD. Autodesk  Inventor  lebih ditujukan  untuk penggambaran teknik pemesinan (Mechanical Engineering) yang  menyediakan secara lengkap fasilitas memvisualisasikan  model  dalam  3D,  gambar  rakitan  (assembly),  gambar  kerja (drawing), animasi dari benda yang akan dibuat secara digital. Autodesk Inventor merupakan  program  yang  dirancang  untuk  keperluan-keperluan  pada  bidang teknik  mesin  seperti  untuk  membantu  membuat  desain  produk,  desain  cetakan (molding), desain konstruksi dan lain sebagainya.  Pada  penggambaran  menggunakan  Autodesk  Inventor,  semua  objek  dan hubungan  antar  geometri  dapat  dimodifikasi  kembali  meski  geometrinya  sudah jadi tanpa perlu mengulang menggambar dari awal. Hal ini sangat membantu dan memudahkan ketika sedang dalam proses desain suatu produk. Sebelum membuat suatu  model  3D,  sebaiknya  dibuat  gambar  sketsa  nya  terlebih  dahulu  atau mengimpor gambar 2D dari program AutoCAD.

Pada mesin CNC dalam proses mendesain sampai membentuk benda kerja menggunakan kontrol komputer dan gerakan alat pemotong diatur dalam program NC. Kualitas bagian mesin tergantung pada pemilihan parameter pemotongan dan cara pemotongan. Untuk memfasilitasi parameter tersebut, program NC yang sesuai harus dipersiapkan. Program ini berisi daftar kode yang bisa dimengerti oleh pengontrol mesin CNC. Kualitas hasil dalam pembuatan benda kerja menggunakan mesin CNC tergantung pada posisi relatif antara posisi benda kerja, alat pemotong, parameter proses pemesinan. Hal ini dapat dicapai jika perlengkapan mesin CNC memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan gaya pemotongan, kekakuan terhadap deformasi bahan dan kemampuan CNC Controller-nya. CNC Controller merupakan jantung mesin CNC yang mengendalikan sebagian besar fungsi mesin CNC. Komponen CNC Controller bertanggung jawab untuk memposisikan sinyal yang dibuat menggunakan komputer dan bekerja sama dengan perangkat lunak NC dalam pengendalian motor yang sesuai.

Dengan menggunakan software autodesk inventor diharapkan meningkatkan minat belajar Siswa pada kompetensi pemograman mesin CNC serta menambah motivasi Siswa dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran Pekerjaan Mesin Perkakas.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Dian Primayanto, S.Pd, Guru Produktif TPK

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Elmina Ita Kusumawardani
Senin, 3 Jul 2023

Sip..

Balas
Ninuk Zuhriyah
Senin, 3 Jul 2023

Mantaaaap…

Balas
Johan h
Senin, 3 Jul 2023

Smkn 10 semarang jaya.. Terus berkarya..

Balas

Beri Komentar