Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Pengaruh Permainan Test of Second Mathematic (ToSM) terhadap Hasil Belajar Matematika Barisan dan Deret Aritmetika

Diterbitkan :

Pendidikan matematika adalah salah satu pilar utama dalam perkembangan intelektual Peserta Didik di seluruh dunia. Matematika bukan hanya keterampilan yang diperlukan, tetapi juga merupakan landasan yang kuat untuk pemahaman konsep-konsep ilmiah dan teknis. Dalam upaya untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan efektif, pendekatan kreatif telah diperkenalkan, termasuk penggunaan permainan matematika seperti Test of Second Mathematic (ToSM). Artikel ini akan menjelaskan pengaruh permainan ToSM terhadap hasil belajar matematika, dengan fokus pada konsep barisan dan deret aritmetika.

Barisan dan Deret Aritmetika: Dasar Matematika

Sebelum kita memahami bagaimana ToSM mempengaruhi hasil belajar matematika, mari kita singkat mengulas apa yang dimaksud dengan barisan dan deret aritmetika. Barisan adalah kumpulan angka yang diatur secara berurutan. Barisan aritmetika adalah barisan yang setiap anggota berbeda dengan anggota sebelumnya sebesar nilai tetap, yang disebut beda (d). Deret aritmetika adalah hasil penjumlahan anggota-anggota dari barisan aritmetika. Contoh sederhana adalah barisan (2, 4, 6, 8, 10) dengan beda 2, yang menghasilkan deret aritmetika 2 + 4 + 6 + 8 + 10 = 30.

Permainan Test of Second Mathematic (ToSM): Cara Yang Menarik untuk Belajar Matematika

ToSM adalah permainan matematika yang dirancang untuk menggabungkan pembelajaran dengan hiburan. Permainan ini menawarkan berbagai level dan tantangan yang berfokus pada berbagai topik matematika, salah satunya adalah barisan dan deret aritmetika. Tujuannya adalah mengajak Peserta Didik untuk berinteraksi dengan konsep matematika melalui pendekatan yang lebih visual dan interaktif.

Dalam ToSM, pemain dihadapkan pada serangkaian soal matematika yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika. Mereka harus menyelesaikan setiap soal dengan benar untuk melanjutkan ke level berikutnya. Permainan ini menciptakan suasana kompetitif yang sehat, yang mendorong Peserta Didik untuk terus berusaha memecahkan masalah. Ini adalah salah satu alasan mengapa ToSM telah menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.

Pengaruh ToSM terhadap Hasil Belajar Matematika

Penggunaan permainan ToSM dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam konteks barisan dan deret aritmetika, telah memberikan dampak positif yang signifikan. Berikut adalah beberapa aspek penting yang menjelaskan pengaruh positif dari ToSM terhadap hasil belajar matematika:

Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika: ToSM memberikan Peserta Didik kesempatan untuk lebih mendalam memahami konsep-konsep matematika. Dalam permainan ini, konsep barisan dan deret aritmetika dipresentasikan dalam berbagai cara yang lebih mudah dipahami, menggunakan visualisasi yang membantu Peserta Didik mengaitkan teori dengan praktik. Ini memungkinkan Peserta Didik untuk menguasai konsep tersebut dengan lebih baik daripada hanya dengan membaca buku teks atau mendengarkan kuliah.

Meningkatkan Keterampilan Problem Solving: ToSM merangsang kemampuan berpikir analitis Peserta Didik. Dalam upaya menyelesaikan tantangan yang diberikan dalam permainan, Peserta Didik harus merancang strategi dan menggunakan logika matematika. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan problem solving yang sangat berharga, yang dapat diterapkan dalam situasi matematika sehari-hari dan di luar kelas.

Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan: Keberhasilan dalam permainan ToSM memberikan dorongan positif kepada Peserta Didik. Permainan ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan kompetitif, yang membuat Peserta Didik lebih termotivasi untuk belajar. Mereka melihat matematika bukan sebagai tugas yang membosankan, tetapi sebagai tantangan yang menarik. Hal ini dapat membantu Peserta Didik lebih fokus dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.

Meningkatkan Retensi Materi:Β  Ketika Peserta Didik belajar melalui permainan, mereka cenderung lebih baik dalam mempertahankan informasi dan konsep yang mereka pelajari. Melalui pengalaman bermain ToSM, Peserta Didik mengasosiasikan konsep matematika dengan pengalaman positif dan emosional yang mendalam. Ini berarti mereka lebih mungkin mengingat konsep barisan dan deret aritmetika dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Permainan matematika seperti Test of Second Mathematic (ToSM) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika, terutama dalam konteks barisan dan deret aritmetika. Melalui pendekatan yang interaktif dan visual, ToSM membantu Peserta Didik untuk memahami konsep matematika dengan lebih baik, meningkatkan keterampilan problem solving, dan meningkatkan motivasi mereka dalam belajar matematika. Selain itu, retensi materi yang diperoleh melalui pengalaman bermain ToSM adalah lebih tinggi, memberikan manfaat jangka panjang dalam pemahaman matematika. Oleh karena itu, ToSM dan permainan serupa adalah alat yang efektif dalam pendidikan matematika yang dapat memperkaya pengalaman belajar Peserta Didik dan membantu mereka meraih hasil belajar yang lebih baik dalam topik matematika yang penting.

β€œSMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Af’idatin, S.Pd., Guru Mapel Matematika

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

30 Komentar

Kholifah Martha
Kamis, 25 Jan 2024

Sukses selalu Bu Afi πŸ‘πŸ‘

Balas
Riska Yudha Wardhana
Kamis, 25 Jan 2024

Mantab buuu

Balas
Suginah
Kamis, 25 Jan 2024

Luar biasa bu Afi πŸ‘πŸ‘

Balas
Joko m
Kamis, 25 Jan 2024

Terus kembangkan cara berfikir kreatif inofatif pada siswa πŸ‘

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Kamis, 25 Jan 2024

Menginspirasi dan menyenangkan untuk pembelajaran matematika

Balas
Drs. Mustofa, M.Si.
Kamis, 25 Jan 2024

Guru hebat memang perlu menghadirkan kiat-kiat mengajar secara kreatif agar siswa betah menanti hadirnya guru yang mencerahkan.

Balas
Noor Achmat
Kamis, 25 Jan 2024

Semakin senang belajar matematika

Balas
Meliana Dian
Kamis, 25 Jan 2024

good πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Dra.Warni
Kamis, 25 Jan 2024

Bisa menginspirasi untuk pembelajaran.

Balas
Hikma Nurul Izza
Kamis, 25 Jan 2024

Luar biasa bu Afi

Balas
Helmi Yuhdana H
Kamis, 25 Jan 2024

Mantaabb

Balas
Digna Palupi
Kamis, 25 Jan 2024

Menginspirasi selalu kreatif. Luar biasa.

Balas
Rodhatin
Kamis, 25 Jan 2024

Menginspirasi selali

Balas
Sami
Kamis, 25 Jan 2024

Sangat menginspirasi bu Afi

Balas
Sami
Kamis, 25 Jan 2024

Sangat menginspirasi, bu Afi keren

Balas
verry wijaya
Kamis, 25 Jan 2024

keren bu …

Balas
WIDAKDO
Kamis, 25 Jan 2024

Tsrus maju.. kembangkan ToSM membuat semangat belajar..

Balas
WIDAKDO
Kamis, 25 Jan 2024

Tsrus berkarya.. kembangkan ToSM membuat semangat belajar..

Balas
WIDAKDO..
Kamis, 25 Jan 2024

Tsrus berkarya… ToSM.. BAGUS.. kembangkan terus.. semangat…

Balas
WIDAKDO
Kamis, 25 Jan 2024

Tsrus berkarya… ToSM.. BAGUS.. kembangkan terus.. semangat…

Balas
maskur
Kamis, 25 Jan 2024

Alhamdulillah

Balas
Mulyo S
Kamis, 25 Jan 2024

Kereen sekali bu afi..kreatif..inovatif

Balas
Eni Supriyati
Kamis, 25 Jan 2024

Kreatif dan inovatif.

Balas
Mulyo S
Kamis, 25 Jan 2024

Kereen sekali bu afi..
Mantapz..πŸ‘

Balas
Suparyati
Kamis, 25 Jan 2024

Sangat menginspirasi

Balas
Wiler Upik
Kamis, 25 Jan 2024

Mantap. Pembelajaran yang kreatif dan menarik.

Balas
Suparman, S.Pd
Kamis, 25 Jan 2024

Mantap

Balas
Suwarni
Kamis, 25 Jan 2024

Mantab, kreatif πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Kamis, 25 Jan 2024

Ilmu baru yang menarik. Mungkin bisa diberikan contoh soalnya.

Balas
Tri Hartutik
Jumat, 2 Feb 2024

Bagus sekali Bu Afi

Balas

Beri Komentar