Info Sekolah
Selasa, 18 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Pendidikan Karakter Melalui Zakat Fitrah di Bulan Ramadlan

Diterbitkan :

Bulan Ramadlan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat dan maghfiroh. Bulan ramadlan didalamnya terdapat ibadah puasa yang wajib dijalankan bagi umat Islam yang sudah aqil baligh.

Puasa ramadlan terkandung maksud dan nilai yang sangat mulia pada pembentukan karakter siswa yang sholih. Ibadah puasa memiliki demensi garis horisontal yang kental dengan nuansa kehidupan sosial  seperti: berderma, menyantuni fakir miskin, anak-anak yatim, bahkan berlatih sabar dalam menerima cobaan.  Karena barometer kebajikan bagi Allah SWT, bukan hanya diukur dari banyaknya ibadah sholat akan tetapi kebajikan yang bersifat holistik yang dapat menjiwai dalam kehidupan sosial.

Ibadah puasa sebenarnya sarat dengan pesan etika kesholihan sosial yang sangat tinggi, seperti pengendalian diri, disiplin, tanggung jawab, sabar, peduli dan sifat gotong royong. Hal ini merupakan potret  yang mengarah kepada eratnya kesholihan pribadi  dengan ke sholihan sosial.

Kepedulian sosial ini akan ditemukan dengan jelas saat orang-orang  yang berpuasa, misalnya diperintahkan mengeluarkan zakat fitrah. Untuk memahami dan mengamalkan kepedulian sosial tersebut,  Siswa  SMK Negeri 10 Semarang dalam kegiatan Pendidikan Agama Islam di bulan suci ramadlan melaksanakan zakat fitrah yang dikordinir oleh Guru Agama Islam & Budi Pekerti.

Sangat tepat kiranya jika momen ibadah puasa di bulan suci ramadlan ini dilanjutkan di sekolah-sekolah setelah selesai bulan ramadlan.  Dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan puasa sunah dua kali dalam satu minggu, yaitu ibadah puasa sunah hari senin dan kamis.

Insya Allah apabila kegiatan puasa ramadlan ini dilanjutkan  dengan puasa sunah senin dan kamis, akan berdampak terhadap karakter Siswa SMK Negeri 10 Semarang seperti: karakter jujur, disiplin, tanggung jawab dalam proses belajar di sekolah sehari-hari.

Sinergitas puasa ramadlan melalui pendidikan karakter ini diharapkan agar setiap Siswa maupun alumni memiliki karakter yang berakhlaq mulia. Semoga ibadah puasa di bulan ramadlan tahun ini, dapat membentuk dan menghasilkan manusia-manusia yang memiliki prinsip yang tangguh, kesabaran, keikhlasan, tanggung jawab, disiplin, peduli kepada sesama manusia, dan mengasihi terhadap orang lain.

AMIN

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Muslim Anwar, S.Ag., Guru Mapel PAIBP

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar