Info Sekolah
Rabu, 04 Des 2024
  • Guru SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru Inovatif dan Dedikatif Tingkat Jawa Tengah ##SMKN 10 Semarang Juara 3 Jambore GTK Hebat 2024 Kategori Kepala SMK Inovatif

Pembelajaran Sejarah dan Kewarganegaraan Untuk Menyongsong Pemilu Tahun 2024

Diterbitkan :

Sebentar lagi bangsa Indonesia akan menggelar hajatan demokrasi yang secara periodik dilaksanakan 5 tahun sekali. Keberhasilan pesta Demokrasi Rakyat ini akan menentukan masa depan bangsa dan negara ini  minimal 5 (lima) tahun kedepan. Pada Pemilu kali ini peran dan keterlibatan generasi muda menjadi semakin penting.

Pemilihan umum sebagai sarana pesta demokrasi menjadi sarana  bagi beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia pertama kali dilaksanakan pada Tahun 1955. Selanjutnya  selepas masa Orde Lama dan memasuki masa Orde Baru  proses demokrasi lewat pemilihan umum ini   belum mampu menyamakan nilai-nilai demokrasi yang matang, dikarenakan penerapan pemerintahan yang otoriter masa Orde Baru, bahkan di era reformasi fenomena-fenomena seperti mulai terasa muncul kembali.

Pada dasarnya Pemilihan Umum digelar untuk mencari dan memilih pemimpin-pemimpin bangsa yang bisa membawa bangsa ini yang lebih maju setara dengan bangsa-bangsa lain yang sudah terlebih dahulu sudah maju. Karena itu dicarilah anak-anak bangsa yang  berpotensi menjadi pemimpin bagi bangsa ini. Pemimpin adalah “Agent of Change” dengan kegiatannya mempengaruhi orang lain, sehingga kualitas pemimpin dianggap sebagai faktor keberhasilan atau kegagalan suatu negara. Representasi pemimpin  suatu negara dengan bentuk Republik diwakili oleh Presiden. Hal ini membawa konsekuensi bahwa setiap pemimpin (presiden)  harus memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk membina, menggerakkan, mengarahkan seluruh sumber daya yang ada dalam mencapai tujuan negara (Pohan, 2022 dalam Kumparan ).

Pada pemilu 2024 tahun depan, nuansa pemilihan Presiden RI   berbeda dengan pemilihan presiden periode sebelumnya. Mari kita lihat setelah era Orde Baru berakhir, pada masa orde reformasi ini telah melahirkan tokoh-tokoh nasional yang menjadi presiden di negara ini  dengan berbagai  model kepemimpinan. Ambilah contoh dari sosok presiden B.J. Habbie sosok tehnokrat, Abduracman Wahid dengan karakter Budayawan, Megawati dengan karakter tegas dan keibuan. Susilo Bambang Yudoyono dengan sosok pemimpin yang santun dengan  tutur bahasa yang runtut Serta Joko Widodo yan dikenal dengan gaya Kepemimpinan transformasional yang mengidentifikasi perubahan yang dibutuhkan dalam suatu komunitas dan merumuskan visi untuk menentukan arah perubahan.

Menurut Wima sekitar 56,45% pemilih pada Pemilu 2024 nanti didominasi pemilih muda,  sebagaian diantara mereka  ada dibangku sekolah dan bangku kuliah. Oleh karena itu, sosialisasi dan pendidikan pemilih, khususnya kepada pemilih muda sangat  penting dan diupayakan bisa lebih bervariatif.

Lalu pertanyaan yang muncul, Bagaimanaa sekolah sebagai bagiaan dari institusi pendidikan resmi yang mengawal tujuan pendidikan nasional   menyiapkan siswa-siswinya untuk untuk berpartisipasi dalam pesta Demokratis yang diselenggarakan 5 tahun sekali ?

Perlu Belajar dari Pemilu Tahun 1955

Guru sejarah tentunya  memahami bahwa, setelah 10 tahun merdeka dengan  segala dinamika  politik ekonomi sosial yang menjadi tantangan dari negara kita yang baru merdeka. Dalam konteks sejarah kita diingatkan mulai dari:  1). munculnya Agresi Militer Belanda I dan II, 2). munculnya berbagai pemberontakan dalam negeri dengan latar berbeda-beda, (3). ekonomi negara yang berat (tidak mampu) ditandai jumlah penduduk yang miskin dan buta yang begitu besar.

Disaat kondiisi seperti itulah bangsa kita berhasil mengadakan pesta demokrasi pada tahun 1955 berlangsung jujur, adil dan demokratis dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi. Bahkan data sejarah mencatat Peserta Pemilu 1955 mencapai 90% dari semua warga yang punya hak pilih, lebih dari 39 juta orang memberikan hak suaranya dan mewakili 91,5% dari para pemilih terdaftar. Prosentase suara sah sangat besar yang artinya meski banyak yang buta huruf, rakyat Indonesia cukup cerdas untuk memilih sampai-sampai sanjungan  Herbet Feith, seorang profesor ilmu politik asal Australia pelaksanaan pemilu 1955 di Indonesia sebagai  “kecerdasan Batin” dari pemilihnya.

Meskipun penggunaan dan  hingar-bingar social media  pada periode tahun itu belum ada seperti sekarang namun kesadaran rakyat untuk menggunakan momentum itu sebagai bentuk nasionalisme kepada bangsa dan negaranya sangat dijunjung tinggi. Alhasil pemilu Tahun 1955 benar-benar berjalan dengan jujur, adil, tertib dan lancar. Maka sepatutnya dari Pemilu Tahun 1955 pemerintah,  penyelenggara Pemilu dan masyarakat  bisa belajar dari kedewasaan warga masyarakat pada Pemilu tahun 1955.

Perlukah Simulasi Pemilu di Sekolah ?

Kegiatan simulasi merupakan bentuk  pembelajaran Pemilu dan sekaligus sosialisasi bagi  pemilih pemula. Sebagai satuan  pendidikan resmi, sekolah melakukan fungsi kognitif dan psikomotorik, dengan cara  mengimplementasikan kegiatan simulasi pemilu di dalam ruang kelas dimapel PPKn atau pun sejarah atau juga  bisa melalui  konsep Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dikelola  sekolah melalui OSIS atau bidang kesiswaan. Keputusan untuk melakukan simulasi pemilu di sekolah juga sangat bergantung pada tujuan dan kebijakan sekolah, serta konteks lokal yang ingin dicapai. Simulasi pemilu di sekolah menurut hemat saya memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Wujud pendidikan Kewarganegaraan, simulasi pemilu dapat menjadi alat yang efektif untuk mendidik siswa tentang proses demokrasi, hak dan kewajiban warga negara, serta pentingnya partisipasi dalam pemilihan.
  2. Wujud pengembangan Keterampilan Sosial, siswa dapat belajar bekerja sama, berkomunikasi, dan berdebat dengan teman sekelas. Ini dapat membantu dalam pengembangan keterampilan sosial dan kepemimpinan.
  3. Wujud Pentingnya Partisipasi, simulasi pemilu dapat membantu meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi. Hal ini dapat menciptakan kesadaran politik yang lebih baik di kalangan generasi muda.
  4. Wujud Menghormati Nilai-nilai Demokrasi, Melalui simulasi pemilu, sekolah dapat memberikan peluang bagi siswa untuk memahami nilai-nilai dasar demokrasi, seperti kebebasan berpendapat, penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan keadilan.

Walaupun tidak sempurna dari pelaksanaan simulasi, yang terpenting kegiatan simulasi Pemilu memberi ruang bagi  siswa memberi makna seperti apa proses pendaftaran, kampanye, pemungutan (pencoblosan) suara, dan penghitungan suara di TPS. untuk Pemilihan Presiden (Pilpres),  Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada).

Film Pemilu sebagai Media  Pembelajaran Sejarah – Kewarganegaraan

Dalam rangka membangun kesadaranbersama untuk menciptakan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, mengajak pemilih menggunakan hak pilihnya dengan bijak, melawan politik uang, politik identitas dan SARA, serta membangun sikap toleransi, perlu pendidikan pemilih melalui media  film atau video yang berkaitan dengan Pemilu. Film tentang Pemilu dapat menjadi pendekatan yang menarik dan efektif untuk membantu siswa memahami konteks sejarah, proses demokrasi, dan dinamika politik. Salah satu film yang direkomendasikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah  Film Kejarlah Janji”.

Film yang dirilis dalam rangka Pemilu 2024 ini mengusung pesan penting tentang pemilihan umum yang damai sekaligus mendorong partisipasi pemilih, khususnya generasi muda. Melalui film ini juga ingin dibangun kesadaran bersama untuk menciptakan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, mengajak pemilih menggunakan hak pilihnya dengan bijak, melawan politik uang, politik identitas dan SARA, serta membangun sikap toleransi. Film sangat kuat dalam menyampaikan pesan, hiburan, dan informasi kepada masyarakat secara luas,  terutama untuk generasi milenial dan pemilih pemula gen Z,

Berikut beberapa manfaat dan pertimbangan terkait penggunaan film pemilu sebagai media pembelajaran sejarah:

  1. Memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan keadaan politik, sosial, dan budaya pada saat pemilu terjadi, memberikan gambaran yang lebih nyata dan mendalam.
  2. Memberikan gambaran yang lebih nyata tentang pemilihan dan kampanye politik di masa lalu, sehingga siswa dapat menghubungkannya dengan konteks sekarang.
  3. Menggugah Minat Siswa untuk membantu mereka lebih terlibat dalam materi pelajaran Sejarah khususnya pada materi Demokrasi Indonesia dari waktu ke waktu

Mengingat peran generasi muda (generasi milinieal)  dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024  sangat sentral  untuk demokrasi, lebih-lebih menyongsong hajatan besar Pemilu Tahun 1955. Sekolah melalui  guru bisa mengedukasi siswanya agar berperan mempersiapkan Pemilu tahun 2024 melalui  Pembelajaran Sejarah dan Kewarganegaraan yang dikemas dengan cara-cara yang kreatif dan menarik. Diharapkan melalui kegiatan seperti ini  dapat memberi kontribusi secara luas terhadap pelaksanaan  Pemilu yang tertib, lancar, demokratis serta memiliki tingkat partisipasi yang tinggi. Semoga Bermanfaat.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Slamet Adi Purwanto, S.Pd., M.Si., Guru Mapel Sejarah Indonesia

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

5 Komentar

Suparman, S.Pd
Jumat, 15 Des 2023

S3mangat Pak Adi

Balas
Elmina Ita Kusumawardani
Sabtu, 16 Des 2023

Teman2 ingat Jasmerah…

Balas
Asi
Selasa, 19 Des 2023

Matur suwun…. Sdh memberi kesempatan utk menuangkan ide /gagasan…

Balas
Landung jati ismoyo
Rabu, 20 Des 2023

Semangat. Betul sekali .
Memberikan pembelajaran terhadap siswa tentang demokrasi. Kebebasan bersuara ,berpendapat dan bertanggungjawab sesuai peraturan dan perundangan sesuai pasal 28 UUD 1945 dan P5.

Balas
Mulyo S
Senin, 1 Jan 2024

Kerenn pak Adi..👍

Balas

Beri Komentar