Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket Dengan Menggunakan Media Gambar

Diterbitkan :

Pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan mata pelajaran yang diajarkan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, sampai dengan Perguruan Tinggi. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan, yang  tujuan utamanya untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, berpikir kritis, stabilitas emosional, penalaran, dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematis dalam kerangka sistem pendidikan nasional.

Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima pemain yang saling bertanding mencentak poin dengan memasukan bola ke keranjang (ring) lawan. Permainan bola basket adalah suatu permainan yang dilangsungkan dalam suatu daerah berlantai keras dengan ukuran panjang tidak melebihi 94 kaki (kurang lebih 29 meter) dan lebar tidak melebihi 50 kaki (kurang lebih 16 meter). Bola basket merupakan permainan yang dimainkan oleh dua regu, baik putra maupun putri yang masing-masing regu terdiri dari lima orang pemain. Dalam permainan bola basket ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai, yaitu passing (mengoper), dribbling (mengiring) dan shooting (tembakan).

Permainan bola basket tentunya tidak terlepas dari teknik dasar permainan, salah satu macam lemparan adalah shooting. Dalam permainan bola basket, shooting adalah lemparan yang sangat penting peranannya. Pemainan yang melakukan shooting dengan baik merupakan ancaman yang berbahaya bagi lawan-lawannya karena pemain dapat dengan mudah memasukkan bola ke ring lawan dan menghasilkan poin untuk tim.

Apabila sudah menguasai shooting tersebut, maka dapat mengendalikan irama permainan dan menghasilkan poin yang banyak untuk tim. Sebab pemain tersebut dapat membuat lawan terkecoh atau salah antisipasi dalam perebutan bola dari situasi apapun, misalnya dribble dan tidak bisa melewati musuh (lawan main), maka teknik tembakan kering (shooting) dapat digunakan untuk mendapatkan poin dan memenangkan pertandingan dengan mudah. Kondisi fisik adalah suatu prasyarat yang sangat diperlukan dalam usaha peningkatan prestasi seorang atlet, bahkan dapat dikatakan sebagai keperluan dasar yang tidak dapat ditunda-tunda atau ditawar-tawar lagi, sedangkan keterkaitan antara kemampuan fisik dan teknik tidak dapat dipisahkan. Kemampuan shooting bola basket dapat dilakukan dengan baik perlu didukung kemampuan fisik yang baik pula.

Salah satu metode untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran shooting bola basket adalah dengan menggunakan media gambar. Menurut Sanjaya (2018: 67) “Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi”. Hujair (2019: 35) menyatakan bahwa “Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran”. (Rossi dan Breidle, 1995: 104) mengatakan bahwa “Media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan seperti radio, televisi, buku, koran, majalah, dan sebagainya”.

Pendidikan jasmani akan melibatkan aktivitas terhadap fisik yang merupakana ciri khasnya. Aktivitas tersebut tentuk tidak dapat ditemukan pada ilmu pengetahuan lain. Oleh karenanya, hasil belajar dalam pendidikan jasmani akan dipengaruhi oleh aktivitas fisik siswa. Pada pendidikan jasmani, keterampilan gerak menjadi pembeda dengan ilmu pengetahuan lainnya.

Permainan bola basket tentunya tidak terlepas dari teknik dasar permainan, salah satu macam lemparan adalah shooting. Dalam permainan bola basket, shooting adalah lemparan yang sangat penting peranannya. Pemain yang melakukan shooting dengan baik merupakan ancaman yang berbahaya bagi lawan-lawannya karena pemain dapat dengan mudah memasukkan bola ke ring lawan dan menghasilkan poin untuk tim. Keahlian dasar yang harus dimiliki oleh setiap pemain bola basket adalah menembak. Menembak adalah keahlian yang sangat penting dalam olahraga basket.

Hal yang paling penting dalam pembelajaran adalah siswa memperhatikan dan selalu fokus dalam pembelajaran, dan kemudian memperagakan contoh yang telah diberikan. Tekanannya adalah pemberian kesempatan kepada siswa untuk berlatih, dan Peningkatan pembelajaran melalui media gambar untuk meningkatkan pembelajaran shooting permainan bola basket  sangatlah efektif.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Helmi Yuhdan H, S.Pd, M.M., Guru Mapel PJOK_Waka. Bidang Kesiswaan

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Elmina Ita Kusumawardani
Selasa, 25 Jul 2023

Mantap jiwa…

Balas
Antar subandana
Selasa, 25 Jul 2023

Sangat kreatip

Balas
johan h
Kamis, 27 Jul 2023

Smkn 10 smg jaya, terus berkarya

Balas

Beri Komentar