Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Menggali Potensi Kepemimpinan melalui Konsep ‘Outsight’

Diterbitkan :

Baru-baru ini  SMKN 10 Semarang dan Universitas Katolik Soegijapranata (UNIKA Soegijapranata) sukses kerjasama dalam program Internship Fair FIKOM. Acara yang diadakan di Ruang Theater Universitas Katolik Soegijapranata ini mengundang berbagai perusahaan Teknologi Informasi di Semarang dan sekitarnya.

Internship Fair FIKOM menjadi platform bagi perusahaan-perusahaan IT untuk berinteraksi langsung dengan mahasiswa dan siswa. Setiap perusahaan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan profil perusahaan mereka dan bahkan melakukan rekrutmen langsung untuk program magang kerja berdurasi 3-6 bulan.

Model rekrutmen yang diusung dalam acara ini dirancang dengan cermat, mirip dengan model rekrutmen tenaga kerja profesional. Hal ini memberikan mahasiswa dan siswa kesempatan unik untuk memposisikan diri mereka secara optimal dalam dunia kerja yang kompetitif. Perusahaan-partisipan juga diberikan kesempatan untuk mendirikan booth, tempat di mana mereka dapat memberikan penjelasan lebih rinci tentang program magang kerja yang mereka tawarkan di depan ruang seminar.

Kerjasama antara SMKN 10 Semarang dan UNIKA Soegijapranata dalam Internship Fair FIKOM membawa manfaat ganda. Pertama, mahasiswa dan siswa memiliki peluang untuk terjun langsung ke dunia kerja dan mendapatkan pengalaman praktis yang berharga. Kedua, perusahaan IT di Semarang dan sekitarnya dapat mengidentifikasi dan merekrut bakat-bakat potensial yang sesuai dengan kebutuhan industri mereka.

Keputusan saya untuk membuka kerjasama dengan UNIKA Soegijpranata dalam Internship Fair FIKOM adalah penerapan konsep outsight. Apa itu konsep outsight?  Dalam dunia kepemimpinan, kemampuan untuk melihat dan memahami dari sudut pandang eksternal, atau yang dikenal sebagai “outsight,” telah menjadi kunci untuk mengembangkan pemimpin yang holistik dan adaptif. Konsep ini memperkaya pemahaman seorang pemimpin tentang dirinya sendiri dan dunia di sekitarnya, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan strategi kepemimpinan yang lebih efektif.

“Outsight” mencakup kemampuan seorang pemimpin untuk melihat melebihi batas pandangan internalnya sendiri. Ini tidak hanya tentang introspeksi diri, tetapi juga tentang ekstrospeksi, atau melihat ke luar dari zona kenyamanan dan perspektif pribadi. Dengan demikian, “outsight” mencakup kemampuan untuk memahami berbagai perspektif, merespons dinamika eksternal, dan mengintegrasikan wawasan dari berbagai sumber.

Kenapa “Outsight” penting dalam Kepemimpinan? Yang pertama Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik. Dengan memiliki “outsight,” seorang pemimpin dapat melihat implikasi keputusan mereka pada berbagai pihak dan mempertimbangkan dampaknya secara holistik.

Kedua Inovasi dan Kreativitas. Melihat dari luar memungkinkan pemimpin untuk mendapatkan ide dan inspirasi dari lingkungan yang beragam, mendorong inovasi dan kreativitas dalam pengambilan keputusan.

Ketiga Mengelola Perubahan. Kemampuan untuk membaca tren dan perubahan di luar organisasi membantu pemimpin untuk merancang strategi yang responsif terhadap dinamika eksternal.

Keempat Pengembangan Hubungan yang Kuat. Pemimpin yang memiliki “outsight” cenderung membangun jaringan yang kuat, karena mereka mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak dengan berbagai latar belakang.

Pentingnya memiliki wawasan dari luar untuk pengembangan kepemimpinan yang holistik tidak dapat diabaikan, mengingat dinamika yang cepat dan kompleks dalam dunia bisnis dan organisasi saat ini. Beberapa alasan mengapa wawasan dari luar sangat penting untuk pengembangan kepemimpinan yang holistik meliputi Pertama Pemahaman yang Lebih Mendalam. Dengan melibatkan diri dalam pengalaman di luar lingkungan organisasi, seorang pemimpin dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang tren industri, dinamika pasar, dan perubahan yang mungkin terjadi.

Kedua Responsif terhadap Perubahan. Wawasan dari luar membantu pemimpin menjadi lebih responsif terhadap perubahan. Mereka dapat membaca tren yang sedang berkembang dan mengadaptasi strategi kepemimpinan mereka sesuai dengan dinamika yang terus berubah.

Ketiga Keterbukaan terhadap Inovasi. Dengan terlibat dalam jaringan yang luas dan mendengarkan perspektif dari berbagai pihak, seorang pemimpin dapat terbuka terhadap ide-ide baru dan inovasi. Ini membantu dalam pengembangan solusi yang kreatif untuk tantangan yang dihadapi organisasi.

Keempat Membangun Hubungan yang Kuat. Pemimpin yang memiliki wawasan dari luar cenderung membangun hubungan yang kuat dengan pemangku kepentingan eksternal. Kemampuan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak membantu dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan kesuksesan organisasi.

Kelima Pembentukan Kepemimpinan yang Berkelanjutan. Holistik dalam kepemimpinan tidak hanya mencakup aspek-aspek internal organisasi tetapi juga melibatkan pemahaman terhadap lingkungan eksternal. Dengan demikian, pemimpin dapat membentuk kepemimpinan yang berkelanjutan, yang dapat beradaptasi dan berkembang seiring perubahan dalam konteks bisnis.

Terakhir Peningkatan Pengambilan Keputusan. Pemimpin yang memiliki wawasan dari luar memiliki dasar informasi yang lebih kuat untuk pengambilan keputusan. Mereka dapat mengintegrasikan pemahaman internal dan eksternal untuk membuat keputusan yang lebih informasional dan tepat waktu.

Salah satu contoh nyata kepemimpinan yang sukses berkat penerapan konsep “outsight” dapat ditemukan dalam perjalanan kepemimpinan Tim Cook di Apple Inc. Setelah menggantikan Steve Jobs sebagai CEO pada tahun 2011, Cook memimpin perusahaan dengan memanfaatkan wawasan dari luar dan memahami dengan cermat dinamika industri teknologi yang terus berkembang.

Berikut strategi penerapan konsep “outsight” oleh Tim Cook antara lain pertama Kerjasama dengan Pemasok. Cook menerapkan strategi yang lebih terbuka dalam berkolaborasi dengan pemasok dan mitra-manufaktur di seluruh dunia. Ini membantu Apple untuk memahami tren dan inovasi di industri manufaktur dan memastikan pasokan yang stabil untuk produknya.

Kedua Ekspansi ke Pasar Global. Cook memimpin ekspansi Apple ke pasar global yang lebih luas. Dengan memahami kebutuhan konsumen di berbagai negara dan budaya, Apple mampu menghasilkan produk yang lebih sesuai dengan preferensi lokal dan meningkatkan penetrasi pasar globalnya.

Ketiga Investasi dalam R&D dan Inovasi. Di bawah kepemimpinan Cook, Apple meningkatkan investasi dalam riset dan pengembangan (R&D). Ini menciptakan lingkungan di mana perusahaan dapat terus menganalisis tren teknologi terkini dan memastikan bahwa produk-produk mereka tetap inovatif.

Keempat Fokus pada Layanan dan Ekosistem. Cook mengalihkan fokus Apple dari penjualan perangkat keras ke layanan dan ekosistem. Dengan memahami pergeseran tren konsumen ke arah layanan digital, Apple dapat menyediakan produk dan layanan yang lebih terintegrasi dan relevan.

Kelima Beradaptasi dengan Tren Pasar. Apple di bawah kepemimpinan Cook secara aktif beradaptasi dengan tren pasar, seperti meningkatnya permintaan akan solusi kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT). Langkah-langkah ini memungkinkan Apple untuk tetap berada di garis depan inovasi teknologi.

Penerapan konsep “outsight” oleh Tim Cook membantu Apple untuk tetap relevan dan sukses dalam lingkungan bisnis yang terus berubah. Dengan mengamati dengan cermat tren eksternal, membangun kemitraan yang kuat, dan berfokus pada inovasi, kepemimpinan Cook mencerminkan bagaimana penggunaan wawasan dari luar dapat membentuk arah dan kesuksesan sebuah perusahaan.

Bagaimana dengan dunia Pendidikan? Penerapan konsep “outsight” dalam dunia pendidikan dapat ditemukan dalam kepemimpinan dan strategi pengembangan sekolah. Contoh konkret penerapa outsight adalah pertama Kerjasama dengan Industri. Sekolah bekerja sama erat dengan industri untuk memahami kebutuhan pasar kerja dan mengintegrasikan elemen-elemen praktis dalam kurikulum. Dengan melibatkan pemangku kepentingan eksternal, seperti perusahaan, sekolah dapat memastikan bahwa kurikulum mencerminkan tuntutan dunia nyata.

Kedua Partisipasi dalam Program Magang. Sekolah membuka peluang bagi siswa untuk berpartisipasi dalam program magang di industri terkait. Hal ini memberikan siswa kesempatan untuk belajar langsung dari lingkungan kerja dan mendapatkan wawasan praktis yang mungkin tidak dapat diperoleh melalui pembelajaran klasikal.

Ketiga Mengundang Narasumber dari Dunia Industri. Sekolah mengundang narasumber dari dunia industri untuk memberikan kuliah atau presentasi kepada siswa. Ini membuka peluang bagi siswa untuk mendengar pandangan dan pengalaman langsung dari para profesional yang berada di lapangan.

Keempat Menerapkan Metode Pembelajaran Kolaboratif. Guru mengadopsi metode pembelajaran kolaboratif yang melibatkan siswa dalam proyek atau tugas yang berhubungan dengan masalah dunia nyata. Dengan bekerja sama dalam tim dan menghadapi tantangan konkret, siswa dapat mengembangkan “outsight” mereka dan memahami kompleksitas situasi di luar lingkungan kelas.

Kelima Melibatkan Orang Tua dan Masyarakat. Sekolah melibatkan orang tua dan masyarakat dalam proses pembelajaran. Ini dapat dilakukan melalui forum atau pertemuan yang mengundang partisipasi orang tua, serta kolaborasi dengan organisasi atau individu di masyarakat yang dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan.

Keenam Mengintegrasikan Teknologi dan Inovasi. Sekolah mengadopsi teknologi terbaru dan inovasi dalam proses pembelajaran. Dengan memahami perkembangan teknologi, sekolah dapat mempersiapkan siswa untuk kebutuhan masa depan yang terus berubah dan memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan yang relevan.

Ketujuh Membangun Kemitraan dengan Perguruan Tinggi dan Institusi Pendidikan Lainnya. Sekolah bekerja sama dengan perguruan tinggi dan institusi pendidikan lainnya untuk mendapatkan akses pada riset, sumber daya, dan praktik terbaik. Ini membantu sekolah untuk terus memperbarui dan meningkatkan metode pengajaran mereka sesuai dengan tren pendidikan global.

Penerapan konsep “outsight” dalam pendidikan memastikan bahwa siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga memiliki pemahaman praktis dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia nyata. Dengan mengintegrasikan wawasan dari luar dalam strategi pendidikan, sekolah dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan kompleks di masa depan.

Penulis : Ardan Sirodjuddin, S.Pd, M.Pd, Kepala SMKN 10 Semarang dan Penulis Buku Membangun Sekolah Biasa Menjadi Luar Biasa.

Artikel ini memiliki

57 Komentar

Digna Palupi
Minggu, 3 Des 2023

Sip luar biasa👍👍

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Minggu, 3 Des 2023

Mantap, Pak Ardan. Kalau untuk SMA kira-kira bagaimana penerapan outsight tersebut ya?

Balas
Selamet Pujianto
Minggu, 3 Des 2023

Luar biasa pak Ardan

Balas
Verry Wijaya
Minggu, 3 Des 2023

semoga dengan program ini lulusan SMKN 10 SMG dapat terserap ke dunia kerja dan dpt melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi yg mereka inginkan …. Cuzz Maju Terus Kampusku

Balas
Yusuf Trisnawan
Minggu, 3 Des 2023

Bagus sekali tipsnya pak..Sangat menginspirasi….lanjutkan

Balas
Agus Sby
Minggu, 3 Des 2023

Luar biasa, teladan yg mumpuni

Balas
Antar Subandono
Minggu, 3 Des 2023

Semangat selalu pak Ardan.. karya yang bagus dan luar biasa

Balas
Anis Indri
Minggu, 3 Des 2023

Mantap dan luar biasa, semangat Pak Ardan.

Balas
Mulyo S
Minggu, 3 Des 2023

Tetap semangat untuk terus memberikan teladan dan menginspirasi kita semuaa pak..

Balas
Mohammad Yunan
Minggu, 3 Des 2023

Ilmu baru buat saya Pak, out sight… Mantap

Balas
Riska Yudha Wardhana
Minggu, 3 Des 2023

Catatan ceo smk 10 yg luar biasa menginspirasi
Smga tdk patah semangat dalam memimpin.

Balas
Hikma Nurul Izza
Minggu, 3 Des 2023

Luar biasa bapak 🙏

Balas
Wildan Sugiharto
Minggu, 3 Des 2023

Pemimpin yang visioner dan selalu membawa perubahan terbaik di SMKN 10

Balas
Rodhatin
Minggu, 3 Des 2023

Mantap luar biasa

Balas
Muginah
Minggu, 3 Des 2023

Mantap luar biasa pak

Balas
Ari w
Minggu, 3 Des 2023

Semangat……

Balas
Ari w
Minggu, 3 Des 2023

Semangat……mantap

Balas
Eni Supriyati
Minggu, 3 Des 2023

Mantap pak ardan, sangat menginspirasi dan menambah ilmu baru out sight .
Tetap semangat memajukan SMK N10.

Balas
WIDAKDO
Minggu, 3 Des 2023

Semangat semangat… luar biasa… menginspirasi kita semua untuk lebih maju lagi… maju maju manu… terus terus terus… jos jos jos.. SMK N 10 HE ATTTT…

Balas
Helmi Yuhdana H
Minggu, 3 Des 2023

Inspiring bagi semuanya……. Mantaaabb

Balas
Elmina Ita Kusumawardani
Minggu, 3 Des 2023

Keren yo …Bosquhhh👍

Balas
Endang Widayati
Minggu, 3 Des 2023

Sttategi yang maju dan sangat luar biasa semoga SMKN 10 semakin sukses ke depannya

Balas
Agung Nuril Hijas
Minggu, 3 Des 2023

Terbaik dan menginspirasi

Balas
Didik
Minggu, 3 Des 2023

Luar biasa 👍

Balas
Af'idatin
Minggu, 3 Des 2023

Alhamdulillah SMKN 10 Semarang semakin baik dan berkualitas

Balas
Suparyati
Minggu, 3 Des 2023

Luar biasa 👍👍👍

Balas
meliana
Minggu, 3 Des 2023

luar biasa,,, selalu menginspirasi memajukan SMKN 10 Smg,,,

Balas
Joko m
Minggu, 3 Des 2023

Alhamdulillah menambah wawasan dan Ilmu pengetahuan 👍

Balas
Nur kholifah
Minggu, 3 Des 2023

Terima kasih ilmunya Pak tentang konsep outsight.

Balas
Suparman, S.Pd
Minggu, 3 Des 2023

Luar biasa dan inspiratif👍👍👍

Balas
mohammad suparjo
Minggu, 3 Des 2023

Mantap good idea pak Ardan….kita tunggu actionnya di SMKN kita tercinta 👍💖

Balas
Muslim Anwar
Minggu, 3 Des 2023

Alhamdulillah semoga berkah

Balas
aniksubchan1979@gmail.com
Minggu, 3 Des 2023

Luar biasa 👍

Balas
aniksubchan1979@gmail.com
Minggu, 3 Des 2023

Luar biasa dan inspiratif 👍

Balas
aniksubchan1979@gmail.com
Minggu, 3 Des 2023

Inspiratif sekali 👍

Balas
aniksubchan1979@gmail.com
Minggu, 3 Des 2023

Alhamdulillah … Inspiratif sekali 👍

Balas
Irastuti
Minggu, 3 Des 2023

Alhamdulillah…a great development sir👍
Hopefully it brings more Blessing for all of us,
Aamiin2 🤲

Balas
Janto
Minggu, 3 Des 2023

Sinkron antara teori di kelas dan praktik di dunia kerja. Mantap dan semoga menjadi rujukan di SMK-SMK lainnya👍

Balas
Janto
Minggu, 3 Des 2023

Sinkron antara teori di kelas dan praktik di dunia kerja. Mantap dan semoga menjadi rujukan di SMK-SMK lainnya👍

Balas
Hesti
Minggu, 3 Des 2023

Mantap……luar biasa 👍👍👍

Balas
Kuslimanto
Minggu, 3 Des 2023

Artikel yang membangun dan penuh ilmu yang sangat bagus untuk di terapkan

Balas
Kuslimanto
Minggu, 3 Des 2023

Artikel yang bagus dan banyak ilmu yang bisa diterapkan

Balas
Wiler Upik
Minggu, 3 Des 2023

Luar biasa, mantap. Semoga bermanfaat untuk SMK kita.

Balas
Dra.Warni
Minggu, 3 Des 2023

Artikel yg dapat menjadi penyemangat dslam meningkatkan etos kerjs

Balas
Dra.Warni
Minggu, 3 Des 2023

Artikel yg menjadi penyemangat semoga bermanfaat.

Balas
Dra.Warni
Minggu, 3 Des 2023

Semoga artikel ini bermanfaat

Balas
Ribka Trimuryani
Minggu, 3 Des 2023

Trimakasih pak Ardan , sudah membagikan pengetahuan baru tentang Kepemimpinan melalui konsep “Outsight”

Balas
Suwarni.
Senin, 4 Des 2023

Mantab, tetap semangat untuk memajukan SMKN 10 Semarang 👍👍👍

Balas
Desti Renia
Senin, 4 Des 2023

Alhamdulilah luar biasa dan inspiratif sekali 👍👏

Balas
Dwi Palupi
Senin, 4 Des 2023

Excellent luar biasa

Balas
Dian Primayanto
Senin, 4 Des 2023

Maju terus SMK 10…

Balas
Sami
Senin, 4 Des 2023

Mantap luar biasa, artikel yang menginspirasi

Balas
Susanti
Senin, 4 Des 2023

Inspiratif untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan terkini.

Balas
Suginah
Senin, 4 Des 2023

Luar biasa👍👍

Balas
Anni Rahayuningsih
Senin, 4 Des 2023

Luar biasa SMKN 10 Semarang 👍

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Senin, 4 Des 2023

Menginspirasi, luar biasa SMK N 10 semakin berkualitas dan maju

Balas
Aris Guntoro
Selasa, 5 Des 2023

Keren banget 😱

Balas

Beri Komentar