Sistem pengapian sepeda motor adalah salah satu komponen utama dalam mesin sepeda motor yang bertanggung jawab untuk menghasilkan bunga api di dalam ruang bakar mesin. Bunga api ini diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara sehingga menghasilkan tenaga yang diperlukan untuk menggerakkan sepeda motor.
Sistem pengapian pada sepeda motor memiliki beberapa komponen utama, termasuk:
Proses pengapian dimulai dengan putaran mesin yang menyebabkan magnet berputar. Koil sumber menghasilkan tegangan yang diteruskan ke CDI. Di dalam CDI arus listrik yang di hasilkan koil sumber di simpan sementara di dala kapasitor CDI. Ketik a mendekati piston mendekati titik mati atas pulser bekerja sama dengan picup pulser menghasilkan sinyal pemantik yang di salurkan ke gerbang SCR di dalam CDI. Dengan adanya sinyal dari pulser tersebut SCR akan mengosongkan matan pada Kapasitor CDI. Dengan pengosongan yang mendadak ini akan menyebabkan kumparan primer koil pengapian membengkitkan medan magnet yang pada saat bersamaan pada kumparan sekunder koil pengapian terinduksi tegangan tinggi yang kemudian diteruskan ke busi. Ketika tegangan tinggi mencapai busi, itu menciptakan percikan api listrik yang membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder mesin.
Sistem pengapian yang efisien dan andal sangat penting dalam operasi sepeda motor, karena ini mempengaruhi kinerja, konsumsi bahan bakar, emisi, dan keandalan kendaraan tersebut. Sistem pengapian telah berkembang dari sistem konvensional dengan platina atau kontak poin menjadi sistem elektronik yang lebih canggih untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja sepeda motor.
Permasalahan yang sering terjadi pada sistem pengapian CDI AC meliputi:
Solusi:
Kabel yang rusak atau hubungan yang buruk antara komponen-komponen sistem pengapian bisa menyebabkan masalah.
Solusi:
Solusi: Ganti CDI jika ditemukan bahwa komponen ini rusak atau mengalami kerusakan.
Solusi: Ganti koil sumber. Umumnya rusak karena terbakar di tandai dengan adanya bagian yang gosong bekas terbakar sehingga kumparan putus.
Sistem pengapian merupakan bagian vital dari sepeda motor. Ketiadaan sistem pengapian menyebabkan sepeda motor tidak memiliki fungsi. Sistem pengapian AC atau sering disebut sistem pengapian magnet merupakan tipe pengapian lama. Perawatan sistem pengapian ini dapat di lakukan secara berkala dengan melakukan pengecekan baik tiap – tiap komponen serta kabel dan hubungan pada soket – soket penghubung dari kotoran baik debu maupun minyak.
“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”
Penulis: Gesit Trimakno, S.Pd., Guru Produktif Teknik Sepeda Motor
Editor: Tim Humas
Semangatt belajar p Gesitt
Semangat luar biasa
Sangat bermanfaat artikelnya menambah wawasan kita
Mantap.terima kasih ilmunya .sangat bermanfaat.
Mantap dan luar biasa
Mantap Pak gesit
Beri Komentar