Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Jalur Seleksi PPDB SMK Negeri

Diterbitkan : - Kategori : PPDB

Akhirnya Ujian Sekolah sudah selesai. Para siswa kelas 9 SMP boleh bernafas lega walaupun masih harap-harap cemas menanti pengumuman kelulusan. Sekarang orang tua dan anak mulai sibuk memikirkan hendak kemana setelah lulus SMP.

Merencanakan studi lanjut merupakan hal sulit bagi siswa, apalagi dimusim pandemi Covid-19 seperti ini, selain itu juga siswa belum mengetahui harus kemana setelah lulus SMP. Sebagaian besar siswa minim informasi tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK. Untuk itu, humas SMKN 10 Semarang menjembatani kebutuhan itu dengan menyediakan informasi PPDB secara lengkap di website sekolah.

PPDB SMK tidak menerapkan jalur zonasi seperti PPDB SMA namun menggunakan sistem seleksi. Ada tiga jalur seleksi PPDB SMK (Catatan mengacu ke Petunjuk Teknis PPDB Tahun 2021) yaitu :

  1. Seleksi Calon Peserta Didik dari keluarga miskin/anak panti asuhan dan putra/putri tenaga kesehatan.
  2. Seleksi Calon Peserta Didik domisili terdekat. Jarak domisili terdekat dimaksud adalah dihitung berdasarkan jarak (radius) domisili sesuai alamat pada kartu keluarga dengan Satuan Pendidikan.
  3. Seleksi Prestasi dimana komponen penilaian yang menjadi dasar dalam penghitungan nilai seleksi prestasi adalah nilai rapor dan bobot nilai prestasi bidang akademik dan non akademik pada kejuaraan berjenjang dan tidak berjenjang. Nilai rapor didasarkan atas Nilai Rapor Semester I s.d V SMP/MTs atau yang sederajat, yaitu nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Nilai rapor dimaksud merupakan nilai rata–rata pada aspek kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan bagi Satuan Pendidikan yang melaksanakan kurikulum 2013, sedangkan untuk Satuan Pendidikan yang melaksanakan kurikulum 2006 adalah nilai pada aspek kompetensi pengetahuan.

Demikian informasi jalur seleksi PPDB SMK. Jika ada pembaharuan pada Juknis Terbaru akan kami update di website ini.

Penulis : Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Sabtu, 11 Feb 2023

KLO MISALNYA RUMAHNYA KUNINGAN KIRA KIRA BISA MASUK APA TIDAK🙏

Balas
Dian Maulani Pertiwi
Sabtu, 11 Feb 2023

Ing masuk di smk negeri 10

Balas
Marceilla risky aramitsya
Selasa, 14 Feb 2023

Kak kira masuk SMK 10 nem paleng rendah brp ya

Balas

Beri Komentar