Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Kepala SMKN 10 Semarang Berbagi Informasi PPDB Kepada Orang Tua Murid SMPN 15 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Narasumber / PPDB

SEMARANG-SMPN 15 Semarang melakukan terobosan luar biasa dalam menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun pelajaran 2024/2025. Dalam upaya untuk mewujudkan lulusan yang banyak terserap di SMA/SMK Negeri, sekolah ini mengadakan pertemuan dengan orang tua murid kelas 9. Acara ini berlangsung meriah dan penuh antusiasme, menandai komitmen sekolah dalam mempersiapkan siswa menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Pertemuan ini mengundang Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd., sebagai narasumber. Dalam sambutannya, Bapak Mulyadi, yang mewakili Kepala SMPN 15 Semarang, menyatakan bahwa ikhtiar sekolah mendatangkan narasumber yang berkualitas bertujuan agar orang tua memahami strategi lolos PPDB. “Kami berkeinginan banyak anak SMPN 15 Semarang yang diterima di SMA/SMK Negeri,” ujar Bapak Mulyadi, menekankan pentingnya informasi dan persiapan matang untuk menghadapi seleksi yang semakin ketat.

Dalam presentasinya, Ardan Sirodjuddin, M.Pd., memaparkan bahwa daya tampung SMA/SMK/SLB Negeri di Jawa Tengah hanya 41,62%. Data ini menunjukkan bahwa kompetisi untuk masuk ke SMA/SMK Negeri sangat ketat, sehingga orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak mereka siap menghadapi tantangan ini. “Orang tua harus memastikan anaknya akan masuk SMA atau SMK sesuai dengan minat dan bakatnya, serta mempersiapkan mereka dengan baik untuk menghadapi proses seleksi,” jelas Ardan Sirodjuddin.

Ardan Sirodjuddin juga memberikan tips dan strategi kepada para orang tua tentang bagaimana mendukung anak-anak mereka dalam proses PPDB. Ia menekankan pentingnya persiapan akademis, pengembangan keterampilan, serta pemilihan sekolah yang sesuai dengan potensi dan minat siswa. “Persiapan tidak hanya dilakukan oleh siswa, tetapi juga membutuhkan dukungan penuh dari orang tua,” tambahnya.

Para orang tua yang hadir dalam pertemuan tersebut sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Mereka menyampaikan berbagai pertanyaan dan kekhawatiran terkait proses PPDB, serta bagaimana mendukung anak-anak mereka agar bisa diterima di SMA/SMK Negeri. Respon positif dari para orang tua menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil memberikan pencerahan dan memotivasi mereka untuk lebih terlibat dalam persiapan pendidikan anak-anak mereka.

Dengan berbagai langkah proaktif yang diambil oleh SMPN 15 Semarang, diharapkan semakin banyak siswa yang berhasil masuk ke SMA/SMK Negeri. Komitmen dan dedikasi sekolah dalam mempersiapkan siswa-siswanya patut diapresiasi, sebagai bagian dari upaya mencetak generasi penerus yang berkualitas dan siap bersaing di masa depan.

Kesuksesan acara ini menjadi awal yang baik bagi perjalanan siswa kelas 9 SMPN 15 Semarang menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Diharapkan, inisiatif ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mempersiapkan siswa menghadapi PPDB dengan lebih baik.

Penulis : Helmi Yuhdana, MM, Ketua Panitia PPDB SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Elmina Ita Kusuma Wardani
Jumat, 7 Jun 2024

Semangat sll…

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 7 Jun 2024

Semoga bisa menjadi pilihan utama para siswa kelas 9.

Balas

Beri Komentar