Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan Orang Tua Murid SMKN 10 Semarang Puas dengan Kinerja Sekolah Bagian 1.
Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah pengembangan karakter dan kepribadian peserta didik. Dalam survei indeks kepuasan pelanggan SMKN 10 Semarang, pertanyaan ketiga yang diajukan kepada orang tua/wali murid adalah “Apakah sekolah selalu mendorong pengembangan karakter dan kepribadian?”
Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas orang tua/wali murid merasa bahwa SMKN 10 Semarang telah berhasil mendorong pengembangan karakter dan kepribadian peserta didik. Berikut adalah hasil jawaban dari responden:
Gambar 3. Sekolah Selalu Mendorong Pengembangan Karakter dan Kepribadian
Penjelasan diagram :
Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar orang tua/wali murid merasa puas dengan upaya yang dilakukan oleh SMKN 10 Semarang dalam mendorong pengembangan karakter dan kepribadian peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah telah berhasil menjalankan program-program yang efektif dalam membangun karakter dan kepribadian yang positif pada anak-anak mereka.
Pengembangan karakter dan kepribadian yang baik merupakan tujuan penting dalam pendidikan holistik. Dengan adanya pendekatan yang holistik, SMKN 10 Semarang dapat membantu peserta didik untuk tumbuh dan berkembang menjadi individu yang memiliki nilai-nilai moral, keterampilan sosial, dan sikap yang baik.
Dalam era perkembangan teknologi yang pesat, integrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi aspek yang sangat penting. Dalam survei indeks kepuasan pelanggan SMKN 10 Semarang, pertanyaan keempat yang diajukan kepada orang tua/wali murid adalah “Apakah kegiatan pembelajaran dikemas menarik, inovatif, dan memanfaatkan teknologi informasi?”
Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua/wali murid merasa bahwa SMKN 10 Semarang telah berhasil mengemas kegiatan pembelajaran dengan cara yang menarik, inovatif, dan memanfaatkan teknologi informasi. Berikut adalah hasil jawaban dari responden:
Gambar 4. Kegiatan Pembelajaran Dikemas Menarik, Inovatif dengan Memanfaatkan IT
Penjelasan diagram :
Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar orang tua/wali murid merasa puas dengan cara SMKN 10 Semarang mengemas kegiatan pembelajaran. Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah tersebut telah mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan inovatif bagi peserta didik.
Tulisan ini berseri ke bagian ke 3
Penulis : Ardan Sirodjuddin, Kepala SMKN 10 Semarang