Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Diterbitkan :

Di dalam dunia pendidikan, pada hakekatnya seorang Guru bertugas untuk mencerdaskan anak bangsa dalam bentuk pendidikan formal.  Seorang Guru bukan hanya berperan sebagai Fasilitator dan Mediator, akan tetapi juga dituntut untuk dapat berperan sebagai Motivator yang dapat membangkitkan semangat dan dorongan kepada Siswa dalam belajar.

Dalam upaya membangkitkan semangat belajar Siswa, Guru juga harus bisa mengembangkan atau meningkatkan cara memotivasi belajar pada Siswa. Penulis merupakan Pengampu Mapel Perpipaan. Nah apa saja sih yang bisa dilakukan dalam membangkitkan semangat belajar Siswa, khususnya pada maple perpipaan? Yang pertama, Meningkatkan Kualitas Guru. Sudah pasti Guru adalah sosok yang menjadi pioneer dalam proses kegiatan mengajar, oleh karena itu sebagai seorang Guru harus secara sadar diri terus melakukan peningkatan kualitasnya. Maka hal ini sangat penting demi terwujudnya motivasi belajar Siswa yang sangat tinggi.

Yang kedua, Memanfaatkan Pengalaman Lapangan Sebagai Media Motivasi. Media belajar tidak hanya dari sumber dan media internet saja, tetapi dari pengalaman juga bisa dijadikan sebagai sumber belajar mengenai materi perpipaan dan sumber motivasi agar kedepannya Siswa dapat mengaplikasikannya ketika sudah lulus dan bekerja.

Yang ketiga, Memanfaatkan Media Belajar. Tentunya media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik Siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian, fokus Siswa dalam belajar bisa ditingkatkan, adapun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar Siswa berupa video belajar beranimasi dengan materi perpipaan dan masih banyak lagi yang tersedia di internet.

Sementara itu yang keempat, Memanfaatkan Fasilitas Praktikum di Sekolah. Dengan memanfaatkan fasilitas praktikum yang ada pada bengkel perpipaan bisa juga menjadi daya tarik Siswa untuk memperdalam lagi belajar mengenai sistem perpipaan dan mengenal macam-macam bahan pipa yang digunakan untuk sistem perpipaan yang ada diatas kapal.

Itulah beberapa cara meningkatkan motivasi belajar pada Siswa yang bisa Guru terapkan. Setiap Guru di sekolah tentunya memiliki cara masing-masing dalam meningkatkan motivasi belajar. Selanjutnya berdoa dan berusaha adalah cara terbaik untuk mewujudkan prestasi para Siswanya. Sesuai pepatah mengatakan petualangan dalam hidup adalah seberapa banyak Anda belajar.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis : Mita Pramesti, ST., Guru Produktif TIPK

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar