Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Testimoni Alumni sebagai Strategi Media Promosi

Diterbitkan :

Dalam mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) khususnya pada Kompetensi Dasar (KD) 3.17, kita mengenal materi tentang Media Promosi. Dimana media promosi ini merupakan cara yang dilakukan oleh pembisnis dalam menyampaikan, menyebarkan, dan menawarkan produk atau jasa yang dijualnya supaya calon konsumen tertarik untuk membeli. Sedangkan promosi bisa diartikan sebagai suatu bentuk dari komunikasi pemasaran, yang berarti segala aktivitas yang berusaha menyebarkan informasi yang dapat mempengaruhi ataupun membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan sehingga meningkatkan pemasaran dan membuat pembeli loyal terhadap produk yang dibelinya.

Kegiatan promosi bertujuan agar produk kita tetap dan diingat oleh masyarakat. Apalagi saat ini tingkat persaingan pasar sangatlah ketat. Bagaimana dengan sekolahan? Apakah perlu dipromosikan juga? Iya! Karena kita tidak bisa tinggal diam sementara di luar sana sekolah lain juga terus berupaya agar lembaganya menjadi lebih baik. Mereka bekerja keras membenahi dan memperbaiki diri serta menelorkan prestasi-prestasi. Promosi pada sekolah bertujuan agar lembaga mereka diminati oleh masyarakat.  Ibarat dengan diri kita, semakin banyak orang mengenal kita, semakin banyak pula interaksi dan hidup kita menjadi lebih bermanfaat dan berkualitas.

Namun jangan lupa seberkualitas dan sehebat apapun kita hendaknya senantiasa terus-menerus berupaya tanpa henti agar kita selalu menjadi lebih baik, dan jangan terlena dengan apa yang kita raih sehingga akan membuat kita terjatuh. Bukankah ada pepatah, jika hari ini kita lebih buruk dari kemarin, maka kita adalah orang yang celaka dan merugi. Jadi sehebat apapun kita saat ini, jangan pernah berhenti untuk selalu meng-upgrade diri kita menjadi lebih baik. Seperti sebuah brand (merek) maka kita harus selalu mem-branded diri kita menjadi lebih berkualitas sehingga image atau persepsi masyarakat terhadap kita mrnjadi positif. Ini sebuah upaya agar kita bisa diterima dalam pergaulan masyarakat yang lebih global.

Teknik Pemesinan Kapal (TPK) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian yang ada di SMK Negeri 10 Semarang dibidang perkapalan yang dulunya dikenal dengan nama PPMK (Pemasangan dan Perbaikan Mesin Kapal), kemudian menjadi TIPK (Teknik Instalasi Pemesinan Kapal). Kompetensi Keahlian ini merupakan satu-satunya jurusan Teknik Pemesinan Kapal yang ada di Semarang.  Meski demikian, dalam menghadapi masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), jurusan kami melakukan berbagai srategi agar pelaksanaan PPDB bisa berhasil dan sukses.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk mengenalkan TPK, salah satunya adalah mengadakan kunjungan ke SMP maupun MTs, kami melibatkan para alumni untuk berpartisipasi dalam mempromosikan sekolah. Meski hanya dalam bentuk tetimoni, menurut kami, keterlibatan alumni dalam promosi sekolah adalah upaya yang efektif dalam menjaring calon Siswa baru. Mereka dulu adalah pelanggan yang pernah dilayani oleh sekolah sehingga mereka tahu persis bagaimana kondisi sekolah. Mereka adalah saksi bagaimana kualitas kinerja sekolah. Kepuasan alumni maupun Siswa aktif terhadap pelayanan yang diberikan oleh sekolah sangatlah berpengaruh terhadap image sekolah di masyarakat. Statmen yang mereka sampaikan adalah bukti nyata dan pasti akan sangat menarik serta dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu, kepuasan mereka hendaknya harus selalu diutamakan demi keberlangsungan dan masa depan sekolah agar tetap eksis dan jaya.

Berikut adalah beberapa TESTIMONI dari ALUMNI SMK Negeri 10 Semarang Kompetensi Keahlian TPK dari berbagai angkatan. Yuk kita simak komentar para Alumni ini!

ADI PRAYOGO: Saat ini, saya sebagai TNI angkatan Laut yang bertugas di kecamatan Kenyam, Kab. Nduga, Papua. Saya senang menjadi Alumni SMK Negeri 10 Semarang jurusan TIPK. Baik soft skill maupun hard skill semuanya diberikan. Pokoknya TOP. Makanya untuk adik-adik yang mau cari sekolah, daftar saja ke SMK Negeri 10 Semarang jurusan TIPK sekarang TPK.

DICKY ADITYA PUTRA: Saya bangga bisa menjadi salah satu bagian dari SMK N 10 SEMARANG, karena disana saya di didik dan di tempa dengan sangat baik. Setelah lulus saya melanjutkan untuk menimba ilmu tentang dunia pelayaran di Politeknik, dan sekarang saya sudah bekerja di atas kapal dan menjadi Perwira Mesin (Engineer). Adik-adik yang ingin melanjutkan sekolah khusunya SMK, daftar saja ke SMK N 10 Semarang.

ADI NUGROHO, S,tr., M.Me:  Menimba pendidikan di SMK Negeri 10 Semarang memberikan saya banyak sekali ilmu terutama pada bidang perkapalan. Tidak hanya itu, SMK Negeri 10 Semarang merupakan tempat berproses yang baik untuk mengaktulisasikan diri dengan membekali muridnya dalam aspek kedisiplinan, intelektualitas dan humanitas. Disisi lain Guru-Guru di SMK Negeri 10 Semarang sangat berkompeten pada bidang keahliannya masing-masing, sehingga ilmu yang di berikan bisa berguna bagi Siswa. Sehingga saya bisa menjadi seperti sekarang bekerja di PT. Samudra Indonesia sebagai Chief Engineer atau Kepala Kamar Mesin (KKM) di Kapal Gas Carrier Sinar Tarakan. Kesan dan Pesan saya menjadi alumni: “Pertahankan dan Perjuangkanlah apa yang ingin kamu capai, teruslah belajar dan berusaha berikan yang terbaik.” Makanya buat adik-adik ayo…jangan ragu-ragu untuk masuk di SMK Negeri 10 Semarang Jurusan TPK !!

KENDRA JIWATA: Saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan permesinan terbesar di Indonesia sebagai OPERATION MANAGER Regional Bali. Saya sangat bangga menjadi bagian dari sekolah luar biasa ini, mulai daftar Siswa baru sampai dengan lulus penuh dengan pendampingan Guru SMK Negeri 10 Semarang. Fasilitas penunjang pendidikan lengkap untuk di pelajari sehingga waktu masuk dunia kerja tidak terlalu lama untuk dapat beradaptasi, mulai dari mesin bubut konvensional, mesin bubut cnc, mesin frais, skrap dan milling serta mesin-mesin kapal yang biasa kita pelajari untuk bidang otomotif nya. Keren ga tuh jurusan Teknik Instalasi Pemesinan Kapal, dimana kita dapat ilmu mulai ngelas, gambar teknik manual maupun autocad, overhaul mesin diesel atau bensin, dan masih banyak lagi deh ilmu yg bisa dipelajari. Kesiswaannya juga keren karena banyak ekstrakulikuler yang bisa diikutin mulai dari paskibra, drumcorp, pramuka, rohis, tari, futsal dan banyak lagi. SMK N 10 Semarang juga mendorong saya untuk menjadi pemimpin di dalam maupun di sekolah, terbukti beberapa kali saya menjadi pemimpin sebelum menjadi seperti saat ini. Prestasi yang saya dapatkan di SMK N 10 Semarang antara lain: Juara 2 LKS Autocad Tingkat Kota Semarang dan Juara 2 lomba Pramuka Tingkat Jawa Tengah. Dah mau ragu apalagi…..coba dan daftar di SMK Negeri 10 Semarang, buruan bergabung dan sudah pasti banyak yang bisa kita ambil.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Hesty Sulistiyowati, S.Pd., M.Si., Guru Mapel Produktif TPK/K3 TPK

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Hb Suparmo
Jumat, 25 Mar 2022

Top markotop jooossss mas

Balas

Beri Komentar