Info Sekolah
Senin, 25 Nov 2024
  • Guru SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru Inovatif dan Dedikatif Tingkat Jawa Tengah ##SMKN 10 Semarang Juara 3 Jambore GTK Hebat 2024 Kategori Kepala SMK Inovatif

Perbaikan Sistem Audio Mobil dalam Pembelajaran PBL

Diterbitkan :

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah pembelajaran. Pembelajaran yang efektif dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Dalam konteks pembelajaran, saya, Wiler Upik, S.Pd, memiliki mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan, dan saya ingin berbagi pengalaman mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana PBL digunakan dalam mengajarkan perbaikan sistem audio mobil kepada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO).

Problem-Based Learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara aktif melalui pemecahan masalah. Metode ini berfokus pada pengalaman dan pemahaman konsep melalui pemberian masalah atau situasi nyata kepada siswa. Dalam pembelajaran perbaikan sistem audio mobil, PBL sangat relevan karena siswa dapat belajar sambil berlatih dalam situasi yang mirip dengan dunia nyata.

Materi yang diajarkan dalam pembelajaran ini adalah perbaikan sistem audio mobil. Siswa diajarkan bagaimana sistem audio mobil bekerja, komponen-komponennya, serta teknik-teknik perbaikan yang diperlukan. Kompetensi dasar yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat memahami, mendiagnosis, dan memperbaiki sistem audio mobil sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

Dalam PBL, siswa diberikan sebuah masalah atau situasi nyata yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari. Dalam konteks perbaikan sistem audio mobil, siswa diberikan kasus audio mobil yang mengalami masalah, seperti suara yang tidak keluar atau suara yang terdistorsi. Mereka kemudian diminta untuk menganalisis masalah tersebut, mencari solusi, dan melaksanakan perbaikan sesuai dengan SOP yang telah diajarkan.

Siswa bekerja dalam kelompok untuk mengatasi masalah ini. Mereka harus melakukan riset, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam mencari solusi yang tepat. Saya sebagai guru berperan sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan dan arahan saat diperlukan. Pendekatan ini memberi siswa kesempatan untuk belajar dengan cara yang lebih aktif dan mendalam. Mereka juga belajar untuk berpikir kritis, berkomunikasi, dan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah.

Sasaran dari pembelajaran ini adalah siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Mereka adalah siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang otomotif, khususnya perbaikan kendaraan ringan. Pembelajaran ini dirancang untuk memberi mereka pemahaman yang lebih mendalam tentang sistem audio mobil dan keterampilan perbaikan yang relevan.

Setelah melalui proses pembelajaran PBL, siswa telah berhasil mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan. Mereka dapat mendiagnosis masalah pada sistem audio mobil, merencanakan perbaikan, dan melaksanakannya sesuai dengan SOP. Selain itu, mereka juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi, dan bekerja sama dalam kelompok.

PBL memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih mendalam dan relevan. Mereka tidak hanya mengingat informasi, tetapi juga memahaminya dan menerapkannya dalam konteks nyata. Kemampuan ini akan sangat berguna ketika mereka memasuki dunia kerja di bidang otomotif.

Pembelajaran perbaikan sistem audio mobil dengan model Problem-Based Learning (PBL) telah membuktikan keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga praktek dalam situasi yang mirip dengan dunia nyata. Siswa dapat memahami, mendiagnosis, dan memperbaiki sistem audio mobil sesuai dengan SOP. Selain itu, mereka juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Dengan demikian, PBL menjadi salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam mendukung pendidikan di bidang otomotif.

Pembelajaran ini adalah contoh bagaimana PBL dapat diterapkan dalam pembelajaran teknik otomotif. Dengan pendekatan yang relevan dan interaktif, siswa dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.

โ€œSMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesiaโ€

Penulis: Wiler Upik, S.Pd., Guru Produktif Teknik Kendaraan Ringan

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

77 Komentar

Elmina Ita Kusumawardani
Kamis, 4 Jan 2024

Saee p Willer….

Balas
Helmi Yuhdana H
Kamis, 4 Jan 2024

Jiiosss…

Balas
Dwi Palupi
Kamis, 4 Jan 2024

Excellent

Balas
Kuslimanto
Kamis, 4 Jan 2024

Mantab pak willer

Balas
Suhermawan
Kamis, 4 Jan 2024

Makes sense, Pak Willer.

Balas
Sri Winarti.S.Pd
Kamis, 4 Jan 2024

Bagus dan tingakat kan lagi

Balas
Anis Indri
Kamis, 4 Jan 2024

Sipp ๐Ÿ‘

Balas
Rodhatin
Kamis, 4 Jan 2024

Bagus

Balas
verry wijaya
Kamis, 4 Jan 2024

keren pak Wiler

Balas
Mita
Kamis, 4 Jan 2024

Sangat Bermanfaat sekali artikelnya

Balas
Suwarni
Kamis, 4 Jan 2024

Luar biasa

Balas
Dra.Warni
Kamis, 4 Jan 2024

Tetap srmangat

Balas
Yusuf Trisnawan
Kamis, 4 Jan 2024

Mantab pak Willer

Balas
Af'idatin
Kamis, 4 Jan 2024

Keren pak ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Sami
Kamis, 4 Jan 2024

Luar biasa pak Wiler

Balas
Anni Rahayuningsih
Kamis, 4 Jan 2024

Luar biasa ๐Ÿ‘

Balas
Nur kholifah
Kamis, 4 Jan 2024

Juara Pak

Balas
Nindar
Kamis, 4 Jan 2024

Good

Balas
Hesti
Kamis, 4 Jan 2024

SMK N Egeri 10 ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Septiyo Ariyanto
Kamis, 4 Jan 2024

SMK N 10 Semarang mantap ๐Ÿ‘

Balas
Gesit T
Kamis, 4 Jan 2024

Wow mantab….

Balas
Antar Subandono
Kamis, 4 Jan 2024

SMK N 10 maju terus

Balas
Noor achmat
Kamis, 4 Jan 2024

Bagus

Balas
Wiler Upik
Kamis, 4 Jan 2024

Siap laksanakan.

Balas
maskur
Kamis, 4 Jan 2024

Alhamdulillah

Balas
Janto
Kamis, 4 Jan 2024

Mantap dan luar biasa

Balas
Ngatinah
Kamis, 4 Jan 2024

Luar biasa pak wiler

Balas
Hikma Nurul Izza
Kamis, 4 Jan 2024

Luar biasa pak wiler lanjutkan

Balas
Muslim Anwar
Kamis, 4 Jan 2024

Mantap dan luar biasa

Balas
Johan h
Kamis, 4 Jan 2024

SMK negeri 10 semarang terus berkarya untuk lebih baik dan jaya selalu

Balas
Fahri
Kamis, 4 Jan 2024

Alhamdulillah sangat luar biasa

Balas
Arimurti Asmoro
Kamis, 4 Jan 2024

Pembelajaran yang kontekstual dgn dunia industri

Balas
renia desti
Kamis, 4 Jan 2024

hebat sekali

Balas
Joko Suwignyo
Kamis, 4 Jan 2024

Istimewa, siap lanjut

Balas
Suparman, S.Pd
Kamis, 4 Jan 2024

Hebat Mantap

Balas
Ferdi
Kamis, 4 Jan 2024

alhamdulillah tetap semangat

Balas
Digna Palupi
Kamis, 4 Jan 2024

Model Problem-Based Learning (PBL) telah membuktikan keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa.

Balas
Mulyo S
Kamis, 4 Jan 2024

Alhamdulillah..mantap pk wil..๐Ÿ‘

Balas
Suginah
Kamis, 4 Jan 2024

Mantab๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Suparyati
Kamis, 4 Jan 2024

Luar biass

Balas
imam
Kamis, 4 Jan 2024

terbaik

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Kamis, 4 Jan 2024

Semangat terus berkarya…

Balas
Djoko saputro
Kamis, 4 Jan 2024

Sangat bermanfaat

Balas
Kamis, 4 Jan 2024

Semangat

Balas
Muji
Kamis, 4 Jan 2024

Lanjooouuutkan…..!!!

Balas
T. Harry S
Kamis, 4 Jan 2024

Guru inovatif adalah guru yang memiliki gagasan-gagasan baru yang didasari berbagai pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diaktualisasikan dalam berbagai tugas pembelajaran.. tetap semangat dalam berkarya.. sukses untuk semuanya… SMKN 10 Smg Hebat

Balas
Ribka
Kamis, 4 Jan 2024

Mantap pokoknya.

Balas
tutik w
Kamis, 4 Jan 2024

Luas biasa, Mantap…

Balas
Endang Widayati
Kamis, 4 Jan 2024

Metode pembelajaran yang menyenangkan

Balas
Dian Primayanto
Kamis, 4 Jan 2024

Sukses selalu SMK 10

Balas
WIDAKDO
Kamis, 4 Jan 2024

MANTABBB.. model pembelajaran yang menarik.. joss

Balas
Agus Sby
Kamis, 4 Jan 2024

Mantap

Balas
Agung Nuril Hijas
Kamis, 4 Jan 2024

Pak wiler keren

Balas
Mohammad Suparjo
Kamis, 4 Jan 2024

Mantap Bosquuu ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ™

Balas
Mohammad Yunan
Kamis, 4 Jan 2024

Mantap, pembelajaran di SMK N 10 semakin kreatif dan mengeksplorasi pengetahuan siswa

Balas
Anik Yuswanti
Kamis, 4 Jan 2024

Mantab ๐Ÿ‘

Balas
Riska Yudha Wardhana
Kamis, 4 Jan 2024

Sangat menginspirasi

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Kamis, 4 Jan 2024

Mantap, Pak Wiler.

Balas
Kholifah Martha
Jumat, 5 Jan 2024

Menginspirasi ๐Ÿ‘

Balas
Andhen P
Jumat, 5 Jan 2024

Luar biasa

Balas
Landung jati ismoyo
Jumat, 5 Jan 2024

Semoga dan pasti bermanfaat.

Balas
Selamet Pujianto
Minggu, 7 Jan 2024

Istimewa

Balas
Irastuti
Minggu, 7 Jan 2024

One of good role models for developing our teaching๐Ÿ‘

Balas
Aris Guntoro
Minggu, 7 Jan 2024

Keren banget ๐Ÿ˜ฑ

Balas
Riska Yudha Wardhana
Minggu, 7 Jan 2024

Bagus sekali pak wiler

Balas
Mardiyanto
Minggu, 7 Jan 2024

Mantab

Balas
Hikma Nurul Izza
Minggu, 7 Jan 2024

Luar biasa pak wiler ๐Ÿ‘

Balas
Andi Tri Cahyono
Senin, 8 Jan 2024

Mantap

Balas
Nindar
Senin, 8 Jan 2024

Bagus

Balas
Suparyati
Senin, 8 Jan 2024

Luar biasa๐Ÿ‘

Balas
Suparyati
Senin, 8 Jan 2024

Wow mantap ๐Ÿ‘๐Ÿ™

Balas
meliana
Senin, 8 Jan 2024

good ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Eni Supriyati
Senin, 8 Jan 2024

Top bgt pak willer, bisa diterapkan untuk mapel yg lain.

Balas
Husna
Selasa, 9 Jan 2024

Hebat dan menginspirasi.. semangat selalu Bapak Ibu semoga senantiasa diberikan kesehatan aamiin๐Ÿคฒ

Balas
Beny Legowo
Selasa, 9 Jan 2024

Luar biasa smkn 10 semarang

Balas
Djoko Siswanto
Selasa, 9 Jan 2024

Siiipppp….

Balas
Lestari
Rabu, 10 Jan 2024

Mantap

Balas

Beri Komentar