Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Canva Mudahkan Pembelajaran Praktik PKK

Diterbitkan :

Menyelenggarakan pembelajaran kreatif untuk peserta didik  kini menjadi tantangan baru bagi guru. Pembelajaran kreatif dan inovatif dari guru diharapkan dapat memberikan bekal yang dibutuhkan peserta didik untuk menghadapi tantangan dan masalah dalam kehidupan. Dalam belajar, siswa yang kreatif berpotensi lebih baik dalam mengembangkan daya pikir dan menemukan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi. Jika dikembangkan potensi berpikir kreatif akan membangun motivasi diri yang tinggi untuk hal-hal positif. Misalnya kemauan yang kuat untuk belajar, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, serta mampu berpikir tinggi.

Dalam pembelajaran peserta didik sering mengalami kejenuhan. Guru hendaknya dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Hal yang membuat peserta didik bosan dan tidak nyaman dalam belajar adalah adanya pembelajaran yang kurang menarik. Hal ini bukan hanya karena faktor ketidakmampuan peserta didik saja,tetapi faktor guru juga berpengaruh. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru pasti sudah merencanakan memilih  metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan ide kreatif peserta didik adalah menggunakan metode pembelajaran praktik di mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Pembelajaran  praktik adalah pembelajaran  yang dilakukan oleh guru dengan cara melakukan praktik secara langsung sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik. Pembelajaran praktik merupakan metode mengajar dimana peserta didik melaksanakan kegiatan latihan praktik agar peserta didik dapat meningkatkan ide kreatif dan memiliki keterampilan yang lebih tinggi. Ide kreatif dapat dikatakan ide yang memiliki suatu inspirasi untuk sesuatu yang bagus dan unik.

Dari pengalaman mengajar dengan menggunakan pembelajaran praktik, peserta didik langsung dapat mengaplikasikan materi yang diperoleh dari guru. Peserta didik tidak merasa ngambang atau bingung dengan materi yang disampaikan, karena diperoleh dengan pembelajaran praktik. Dengan demikian peserta didik langsung dihadapkan pada permasalahan nyata yaitu praktik sehingga dengan ide kreatifnya peserta  didik  mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Keterampilan siswa lebih meningkat karena praktik langsung terhadap obyek yang dituju, selain itu dan peserta didik lebih memahami materi pada saat praktik.

Contoh materi  yang bisa diterapkan dengan  menggunakan pembelajaran  praktik pada Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan adalah Kelas XII Semester Genap,  Kompetensi Dasar  3.17 Menentukan Media Promosi salah satu pembelajaran  dengan media pembelajaran canva. Canva merupakan salah satu aplikasi online yang dapat kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran. Untuk situsnya, bisa buka di www.canva.com.  Jika belum punya akun, kita piih membuat akun atau mendaftar dan jika sudah punya akun  kita masuk atau login. Di canva ini, tersedia banyak template yang bisa digunakan yaitu untuk infografis, grafik, poster, presentasi, brosur, logo, resume, flyer, Dokumen A4, instagram pos, kartu, surat kabar, komik strip, cover majalah, undangan, Photo collage, kartus bisnis, desktop wallpaper, laporan, sertifikat, sampul buku, animasi sosmed, pengumuman, menu, video, grafik organizer, your story, surat, kepala surat, proposal, label, lembar kerja, jadwal kelas, kalender, ebook cover. Jika kita sudah menentukan tema yang akan kita buat, misalnya membuat promosi atau lainnya, kita bisa menggunakan template yang sudah ada di canva. Bagi peserta didik juga dapat menginstal canva  di playstore  di HP android masing – masing.

Penggunaan canva sebagai media pembelajaran memiliki kelebihan. Diantaranya: canva memiliki tampilan yang sederhana, mudah digunakan, banyak template yang bisa diedit, memudahkan Peserta didik dalam berpartisipasi dalam proses pembelajaran, menghemat waktu karena tidak perlu menggunakan media lain. Media lain itu seperti televisi, laptop, ataupun projector. memudahkan penjadwalan kegiatan pembelajaran dan membuat lebih efektif. Namun canva mempunyai kelemahan yaitu bila tidak menggunakan akun canva for education, pengguna tidak bisa menggunakan fitur pro atau banyak fitur prabayar.

Begitu banyak keuntungan jika kita mempelajari aplikasi canva. Dengan aplikasi canva siswa lebih kreatif dan inovatif dalam belajar sehingga akan memacu semangat belajar siswa.

Penulis: Suwarni, S.Pd  Guru  Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar