Info Sekolah
Selasa, 18 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Diterbitkan :

Tahukah Anda bahwa tanggal 9 September secara konsisten diperingati sebagai Hari Permainan Umum (Haornas)? Motivasi mengamati Haornas adalah untuk membangun rasa sportifitas di tanah air. Orang-orang tertentu mungkin merasa bahwa olahraga mungkin melelahkan, meskipun melelahkan tetapi penting untuk ketekunan. Tahukah Anda pentingnya aktivitas bagi tubuh?

Tubuh kita akan lebih baik jika terbiasa untuk mencoba dan melakukan latihan selama tidak diperlukan. Salah satu cara untuk mencapai kesehatan yang ideal adalah dengan berolahraga secara konsisten dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan, seperti berenang, berlari, bergerak, aerobatik, dan banyak lagi lainnya. Sebagian keuntungan dari aktivitas biasa meliputi: (1) Membangun dan mempertahankan otot dan tulang; (2) Membakar lemak; (3) Meningkatkan metabolisme tubuh; (3) Mengurangi stress; (4) Mengurangi penyakit kronis; (5) Meningkatkan energi, baik untuk orang yang sehat atau mereka yang menderita berbagai kondsi medis.

Debra (dalam Daley, 2015) dalam bukunya menyebutkan beberapa manfaat aktivitas, khususnya mencegah dan menghilangkan penyakit kronis, menghilangkan sifat buruk, merawat luka jaringan halus, mengontrol berat badan, meningkatkan energi, mengembangkan temperamen lebih lanjut, mengurangi rasa sakit. dampak kedewasaan, dan menjaga ketajaman otak.

Mata pelajaran pendidikan yang sebenarnya, olahraga dan kesehatan merupakan mata pelajaran yang penting bagi siswa untuk maju saat ini, karena dengan informasi tentang kesehatan dan olahraga siswa dapat memperkuat diri, salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh (resistensi) untuk mencegah Covid ataupun virus-virus lainya. Kegiatan olahraga  merupakan salah satu cara untuk menjaga kesejahteraan tubuh maupun mental.

Dan olahraga juga dapat mencegah gangguan mental seperti yang dialami oleh orang-orang tertentu akibat pandemi virus corona. Selama pandemi Coronavirus, Kebanyakan dari kita yang  menghabiskan lebih banyak energi di rumah dengan duduk di depan TV, bermain ponsel, dan bermain-main di tempat yang menyebabkan penyakit. Kerangka tahan selama pandemi memastikan kesempurnaan untuk melindungi diri Anda dari infeksi Corona virus.

Tentunya kita semua tidak ingin hal negatif terjadi pada kesehatan kita, maka dari itu kita perlu menjaga daya tahan tubuh kita dengan meluangkan waktu 15-30 menit setiap hari untuk menjaga kekebalan tubuh dan tidak merasa lelah.

Penulis: Restu Prayogi Barus, MahaSiswa UNNES Lantip Angkatan 2 di SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar