Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Kebahagiaan Siswa Menerima Ijazah untuk Meningkatkan Pendidikan dan Pekerjaan

Diterbitkan :

Ijazah merupakan sebuah sertifikat atau dokumen yang diberikan oleh suatu intansi sebagai dokumen resmi tentang orang, santri, siswa atau mahasiswa. Ijazah biasanya diperoleh sesudah tamat belajar oleh sekolah atau universitas baik di dalam negeri atau mahasiswa luar negeri kepada siswanya atau mahasiswanya

Ijazah diterbitkan oleh satuan pendidikan yang sudah terakreditasi, mulai dari Pendidikan Dasar hingga Perguruan Tinggi. Untuk satuan pendidikan yang belum terakreditasi, ijazah ditandangani atau diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi tempat satuan pendidikan bernaung. Penerbitan Ijazah harus berpedoman berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku yang dikeluarkan oleh Kementerian di setiap tahun menjelang akhir tahun pelajaran.

Begitu pentingnya ijazah bagi seseorang yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu, dimana ijazah tersebut sangat berguna untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Atau, dapat digunakan sebagai salah satu syarat mendapatkan pekerjaan. Sehingga, bagi Siswa maupun Mahasiswa, selain telah mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, juga akan berusaha untuk mendapatkan ijazah untuk mendukung meningkatkan pendidikan maupun mendapatkan pekerjaan yang lebih layak.

Kebahagiaan Siswa SMK Negeri 10 Semarang yang datang ke sekolah untuk menerima ijazah telah Penulis temui, terlebih lagi dengan adanya kebijakan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, melalui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I yang menginstruksikan kepada SMA dan SMK untuk dapat menyelesaikan mendistribusikan ijazah kepada Siswa yang belum mengambil.

Berdasarkan kebijakan tersebut, maka Kepala SMK Negeri 10 Semarang bersama Tim Pengurus Ijazah menginformasikan kepada seluruh alumni melalui jejaring sosial dari grub WA kelas, facebook sekolah, facebook komunitas, instagram sampai dengan mengirim surat dan meminta bantuan dari Kelurahan untuk memberitahukan kepada keluarga dari alumni supaya mengingatkan kembali untuk segera mengambil ijazahnya. Pengambilan ijazah tersebut tanpa syarat apapun. Setelah info tersebar banyak alumni yang datang untuk mengambil ijazah dari yang lulusan tahun 2009 sampai tahun 2021.

Banyak alumni yang merasa sangat terbantu dan sangat senang dengan adanya info tersebut. Pengambilan ijazah dimulai tanggal 08 Februari 2022 sampai dengan saat ini, ada 139 alumni yang telah mengambil ijazahnya. Dengan mendapatkannya ijazah, muncul kembali harapan yang baru dari sebagian besar Siswa alumni untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Meliana Dian Puspita, SE, Staf Tata Usaha

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar