Info Sekolah
Minggu, 19 Mei 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) PPKN Dapat Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Diterbitkan :

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) memegang peran penting dalam membentuk karakter dan identitas bangsa. Di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pembelajaran PPKN  membutuhkan pendekatan yang efektif agar siswa tidak hanya memahami konsep-konsep dasar, tetapi juga mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem-Based Learning (PBL).

Problem-Based Learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang memusatkan perhatian pada pemecahan masalah melalui pemberian tugas atau situasi nyata kepada siswa. Dalam konteks pembelajaran PPKN, PBL memungkinkan siswa untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari solusi terhadap masalah-masalah sosial dan moral yang relevan dengan materi pelajaran.

Manfaat PBL dalam Pembelajaran PPKN : 1) Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Dalam PBL, siswa diajak untuk berpikir kritis dalam menganalisis situasi, mencari sumber informasi, dan mengembangkan solusi. Hal ini membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang sangat diperlukan dalam pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Pancasila, 2) Memperkuat Keterampilan Kolaborasi: Melalui kerja kelompok dalam menyelesaikan tugas PBL, siswa belajar bekerja sama, mendengarkan pendapat orang lain, dan menghargai keragaman pandangan. Keterampilan kolaborasi ini penting dalam membangun sikap demokratis dan menghormati perbedaan pendapat dalam kehidupan bermasyarakat, 3) Mengaitkan Teori dengan Praktik: PBL memungkinkan siswa mengaitkan teori-teori PPKN dengan situasi nyata dalam masyarakat. Mereka dapat melihat bagaimana nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam berbagai konteks sosial, ekonomi, dan politik di sekitar mereka, 4) Meningkatkan Keterlibatan Siswa: Dengan memberikan tantangan nyata dalam bentuk masalah sosial, siswa merasa lebih terlibat dalam pembelajaran. Mereka merasa memiliki tanggung jawab untuk mencari solusi dan merasakan dampak positif dari hasil kerja keras mereka.

Langkah- langkah penerapan atau Implementasi PBL dalam Pembelajaran PPKN dapat dilakukan sebagai berikut: 1) Identifikasi Masalah  sesuai dengan KD: Guru PPKN dapat mengajukan masalah sosial yang relevan dengan tema PPKN, seperti ketidaksetaraan gender, intoleransi, atau masalah lingkungan. Siswa kemudian diminta untuk mendalami masalah tersebut, 2) Pengumpulan data dan Analisis: Siswa melakukan penelitian mendalam untuk memahami akar permasalahan dan dampaknya terhadap masyarakat. Mereka dapat menggunakan sumber-sumber informasi seperti artikel, wawancara dengan pakar, atau studi kasus, 3) Pembahasan masalah: Siswa bekerja dalam kelompok untuk merumuskan solusi konkret terhadap masalah yang diidentifikasi. Solusi-solusi tersebut harus didasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan prinsip demokrasi, 4) Presentasi dan Refleksi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil penelitian dan solusi yang mereka temukan. Proses ini diikuti dengan diskusi kelas dan refleksi bersama untuk mengevaluasi keberhasilan solusi yang diajukan.

Model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) memberikan pendekatan yang inovatif dan efektif dalam pembelajaran PPKN . Dengan memperkuat keterampilan berpikir kritis, keterampilan kolaborasi, dan mengaitkan teori dengan praktik, siswa tidak hanya memahami konsep-konsep PPKN secara mendalam tetapi juga mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, implementasi PBL dalam pembelajaran PPKN diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Pancasila dan mampu menghadapi tantangan-tantangan sosial dengan cara yang bijaksana dan berkeadilan.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Drs Agus Subiyanto, M.Si., Guru Mapel PPKn

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

7 Komentar

Nindar
Jumat, 3 Nov 2023

Good job,,,

Balas
Antar subandana
Jumat, 3 Nov 2023

Pak Agus subiyanto..
Halo pa Agus. Apa kabar . Artikelnya keren banget

Balas
Dra.Warni
Jumat, 3 Nov 2023

Semangat utk selalu berinovasi dan berkreasi

Balas
Yusuf Trisnawan
Jumat, 3 Nov 2023

Good artikel…mantab

Balas
Nunuk Wartini
Jumat, 3 Nov 2023

Artikel yang sangat bermanfaat dan menginspirasi

Balas
Landung jati ismoyo
Jumat, 3 Nov 2023

semoga siswa smkn 10 semarang semakin bertambah pengetahuan ,wawasan dan berakhlak baik sesuai pancasila .

Balas
Muslim Anwar
Selasa, 7 Nov 2023

Subhaanaalllah…
Mantap

Balas

Beri Komentar