Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Dinas Jaga Navigasi Kapal Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Konten

Diterbitkan :

Kurikulum Merdeka adalah pendekatan inovatif dalam bidang pendidikan di Indonesia yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada Siswa dalam menentukan arah pendidikan mereka sendiri. Salah satu elemen krusial dari Kurikulum Merdeka ialah pengajaran yang disesuaikan, yang memperhatikan variasi individual murid dan menyediakan pengalaman belajar yang cocok dengan keperluan serta ketertarikan mereka.

Pembelajaran yang bersifat berdiferensiasi merupakan pendekatan yang mengakui bahwa tiap Siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan yang beragam. Dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi, Siswa diberi berbagai opsi terkait dengan materi pembelajaran, cara pengajaran, dan penilaian. Sasaran utama dari pendekatan ini adalah memastikan bahwa tiap Siswa dapat mencapai potensi maksimal mereka dan merasa termotivasi dalam proses pembelajaran.

Salah satu strategi untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka adalah dengan memberikan Siswa pilihan terkait materi pembelajaran. Siswa diberi keleluasaan untuk memilih topik yang menarik bagi mereka dan yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Dengan memberikan opsi semacam ini, Siswa cenderung lebih termotivasi untuk belajar karena mereka dapat mengeksplorasi materi sesuai dengan minat dan kebutuhan pribadi mereka.

Selain itu, pembelajaran berdiferensiasi juga mencakup penerapan beragam metode pengajaran. Tiap Siswa memiliki preferensi gaya belajar yang berbeda, maka penting bagi Guru untuk menggunakan berbagai strategi pengajaran yang cocok dengan preferensi Siswa. Sebagai contoh, untuk Siswa yang lebih responsif terhadap visual, Guru dapat memanfaatkan media visual seperti video atau gambar untuk memperjelas konsep. Sedangkan untuk Siswa yang lebih responsive terhadap pendengaran, metode diskusi atau ceramah bias digunakan untuk memfasilitasi pemahaman mereka. Dengan menerapkan metode pengajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar Siswa, proses pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan Siswa akan lebih terlibat dalam pembelajaran.

Dalam hal penilaian, pendekatan yang berbeda juga diperlukan. Setiap Siswa memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda dalam aspek akademik. Oleh karena itu, penilaian harus disesuaikan dengan kemampuan dan pencapaian Siswa. Misalnya, jika ada Siswa yang mahir dalam berbicara dan menulis, mereka dapat dinilai melalui presentasi lisan atau karya tulis. Sebaliknya, jika ada Siswa yang lebih unggul dalam pemecahan masalah atau keterampilan praktis, penilaian dapat dilakukan melalui ujian praktik atau proyek. Dengan melakukan penilaian yang beragam ini, Siswa akan merasa diakui atas keunikan mereka dan hasil belajar mereka akan tercermin dengan lebih akurat.

Pengetahuan dan keterampilan di materi pembelajaran dinas jaga navigasi kapal memegang peranan penting dalam mempersiapkan para calon perwira kapal untuk menghadapi tantangan di laut yang beragam. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah diferensiasi konten, di mana materi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan individual Siswa. Bagaimana penerapan konsep diferensiasi konten dalam konteks pembelajaran dinas jaga navigasi kapal serta memberikan strategi untuk mengimplementasikannya.

Diferensiasi konten merupakan strategi pembelajaran yang memungkinkan Guru untuk menyediakan materi pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat pemahaman, minat, atau gaya belajar Siswa. Dalam konteks dinas jaga navigasi kapal, diferensiasi konten dapat diterapkan dengan mengkustomisasi materi pembelajaran, tugas, atau aktivitas sesuai dengan tingkat pengetahuan dan kebutuhan Siswa.

Strategi untuk Membuat Konten Diferensiasi

Penilaian Awal: Lakukan penilaian awal untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan dan kemampuan Siswa dalam berbagai aspek dinas jaga navigasi kapal seperti navigasi, meteorologi, atau peraturan maritim. Hal ini akan membantu dalam merancang konten yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Penyediaan Materi Beragam: Sediakan materi pembelajaran dalam berbagai format seperti teks, gambar, video, atau simulasi. Ini akan memungkinkan Siswa dengan gaya belajar yang berbeda untuk memahami konsep dengan lebih baik.

Tugas Berbasis Tingkat Kesulitan: Desain tugas yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitan, mulai dari tugas yang lebih sederhana hingga tugas yang lebih kompleks. Ini akan memungkinkan Siswa untuk berkembang secara bertahap sesuai dengan kemampuan mereka.

Pembelajaran Berbasis Proyek: Ajak Siswa untuk melakukan proyek-proyek yang relevan dengan dunia nyata dalam bidang dinas jaga navigasi kapal. Proyek-proyek ini dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuan individual Siswa.

Bimbingan Individual: Berikan bimbingan individual kepada Siswa yang membutuhkan bantuan tambahan dalam memahami materi pembelajaran. Sediakan waktu khusus untuk diskusi atau tutor personal bagi Siswa yang memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih intensif.

Manfaat Diferensiasi Konten

Dengan menerapkan diferensiasi konten dalam pembelajaran dinas jaga navigasi kapal, kita dapat mencapai beberapa manfaat, antara lain:

  1. Meningkatkan tingkat pemahaman dan retensi materi
  2. Memotivasi Siswa dengan menyediakan tantangan yang sesuai dengan kemampuan
  3. Mendorong kerjasama dan kolaborasi antara Siswa dengan memfasilitasi pembelajaran dalam kelompok-kelompok yang heterogen.
  4. Mengakomodasi kebutuhan belajar Siswa dengan gaya belajar yang beragam.

Oleh karenanya diferensiasi konten bukan hanya merupakan strategi pembelajaran yang efektif, tetapi juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan individual setiap Siswa.

Diferensiasi konten merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran dinas jaga navigasi kapal dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan individual Siswa. Dengan merancang konten yang beragam dan memperhatikan kebutuhan belajar Siswa secara individual, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan efektif bagi semua Siswa.

Dengan demikian, penting bagi para Guru yang mengajar materi dinas jaga navigasi kapal untuk memahami konsep diferensiasi konten dan menerapkannya dalam praktik pembelajaran mereka untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: T. Harry Sulistianto, S.Pd, M.Si., Guru Produktif dan K3 Nautika Kapal Niaga

Editor: Tim Humas dan Literasi

Artikel ini memiliki

27 Komentar

Kevin Agatha Putra
Rabu, 22 Mei 2024

Tetap semangat dan sukses selalu 🔥🔥🔥

Balas
Susanti
Rabu, 22 Mei 2024

Mantap penjelasannya 👍

Balas
lutfiah
Rabu, 22 Mei 2024

Sukses selalu🔥🔥

Balas
lutfiah
Rabu, 22 Mei 2024

Sukses selalu dan semangat🔥🔥

Balas
Chesa.
Rabu, 22 Mei 2024

sangat hebat, sukses selalu 🔥

Balas
RATNA AULIA
Rabu, 22 Mei 2024

Keren, sukses selalu🙏🙏

Balas
Adhitya Bayu Ramadhan
Rabu, 22 Mei 2024

Tetap semangat dan hebat🔥🔥

Balas
Fastabiqul kh r
Rabu, 22 Mei 2024

Tetap semangat, sukses dan terus maju 🔥

Balas
Ahmad
Rabu, 22 Mei 2024

Sukses selalu SMK 10 🔥

Balas
Rabu, 22 Mei 2024

Hebat smk 10

Balas
rizka
Rabu, 22 Mei 2024

penjelasannya sangat baik!

Balas
Ahmad
Rabu, 22 Mei 2024

Sukses selalu SMKN 10, Nautika jaya 🔥

Balas
Bilqis
Rabu, 22 Mei 2024

tetap semangat dan sukses selalu🙏🏻

Balas
farhan
Rabu, 22 Mei 2024

jaya selalu smkn 10⚓⚓🔥🔥

Balas
Bilqis
Rabu, 22 Mei 2024

semangat dan sukses selalu🙏🏻

Balas
Ardi
Rabu, 22 Mei 2024

Hebat sekali dan sukses selalu

Balas
Endang Widayati
Rabu, 22 Mei 2024

Mantap artikelnya. pak Hari

Balas
Endang Widayati
Rabu, 22 Mei 2024

Mantap sekali artikelnya. pak Hari

Balas
Anjani
Rabu, 22 Mei 2024

Keren, sangat bermanfaat👍👍

Balas
Anjani
Rabu, 22 Mei 2024

sangat bermanfaat👍👍

Balas
Anjani
Rabu, 22 Mei 2024

Suksess, sangat bermanfaat👍👍

Balas
Laviola
Rabu, 22 Mei 2024

Selalu semangat dan sukses selalu 👍🏻👍🏻

Balas
Widi Wijanarko
Rabu, 22 Mei 2024

sangat bermanfaat🔥🔥

Balas
Setiyo
Rabu, 22 Mei 2024

Hebat,sukses selalu👍👍

Balas
Elvina
Rabu, 22 Mei 2024

waw mantappp🔥🔥

Balas
Suparman, S.Pd
Rabu, 22 Mei 2024

Semangat Pak Harry

Balas
Johan h
Senin, 3 Jun 2024

Jaya Nautika SMKN 10 Semarang

Balas

Beri Komentar