Info Sekolah
Kamis, 22 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Mengoptimalkan Peluang Lolos di PPDB SMA

Diterbitkan :

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK di Propinsi Jawa Tengah semakin menjadi tantangan yang ketat bagi siswa dan orang tua. Dengan hanya 42% siswa lulusan SMP yang memiliki kesempatan untuk diterima di SMA atau SMK Negeri, strategi khusus diperlukan agar peluang kelolosan dalam PPDB dapat meningkat.

Dalam menghadapi situasi ini, beberapa strategi direkomendasikan untuk membantu siswa dan orang tua menghadapi PPDB SMA. Pertama, pastikan untuk mendaftar sesuai dengan jalur yang dipilih, seperti Zonasi, Afirmasi, Prestasi, atau Perpindahan Orang Tua. Pahami persyaratan dan prosedur yang berlaku dalam setiap jalur tersebut.

Pada jalur Zonasi dan Afirmasi, prioritas penerimaan ditentukan berdasarkan jarak tempat tinggal siswa ke sekolah. Jika terdapat peringkat akhir yang sama dengan kuota yang tersedia, siswa yang lebih tua akan mendapatkan prioritas.

Pada jalur Perpindahan Orang Tua, penerimaan diberikan kepada anak-anak guru sesuai ketentuan yang berlaku. Faktor-faktor seperti jarak tempat tugas atau kantor orang tua yang terdekat dengan sekolah pilihan dan usia siswa juga menjadi pertimbangan penting.

Selanjutnya, jalur Prestasi juga harus diperhatikan. Pada jalur ini, prioritas penerimaan ditentukan berdasarkan penjumlahan nilai prestasi, termasuk nilai raport dan bobot nilai prestasi dari kejuaraan yang pernah diraih. Usia siswa yang tertua juga menjadi pertimbangan.

Sebelum melakukan pendaftaran, penting untuk membuat perencanaan yang detail. Pahami batas waktu pendaftaran, persyaratan dokumen, dan prosedur yang harus diikuti. Pastikan semua dokumen dan informasi yang diperlukan telah siap sebelum mengajukan pendaftaran.

Setelah melakukan pendaftaran, sangat disarankan bagi calon peserta didik (CPD) untuk sering memantau jurnal pemeringkatan. Jurnal pemeringkatan memberikan informasi tentang posisi CPD dalam peringkat dan seberapa dekatnya dengan batas kuota yang tersedia. Jika posisi CPD mendekati batas kuota dengan kondisi yang kritis, maka langkah yang disarankan adalah segera mencabut berkas pendaftaran untuk mengubah pilihan.

Mengapa penting untuk memantau jurnal pemeringkatan? Karena informasi tersebut akan memberikan gambaran tentang peluang CPD untuk diterima di sekolah pilihan. Dalam situasi di mana posisi CPD berada dalam peringkat yang kritis mendekati batas kuota, mengambil langkah cepat untuk mengubah pilihan menjadi sangat penting.

Dengan mencabut berkas pendaftaran, CPD memiliki kesempatan untuk memilih sekolah lain yang mungkin memiliki peluang lebih besar untuk diterima. Mengubah pilihan dapat memberikan alternatif yang lebih menguntungkan dan meningkatkan peluang kelolosan dalam PPDB.

Namun, perlu diperhatikan bahwa mencabut berkas pendaftaran dan mengubah pilihan hanya diperbolehkan dalam batas waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, memantau jurnal pemeringkatan secara berkala akan membantu CPD dan orang tua untuk mengambil keputusan yang tepat dengan cepat.

Dalam menghadapi PPDB yang kompetitif, mengambil langkah strategis seperti mencabut berkas untuk mengubah pilihan dapat menjadi keputusan yang cerdas. Perubahan pilihan yang tepat dapat meningkatkan peluang CPD untuk diterima di sekolah yang diinginkan.

Oleh karena itu, saran penulis adalah untuk selalu memantau jurnal pemeringkatan setelah melakukan pendaftaran. Jika posisi CPD mendekati batas kuota dengan kondisi yang kritis, jangan ragu untuk segera mencabut berkas pendaftaran dan mengubah pilihan. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan tempat di sekolah impian akan meningkat secara signifikan.

Menutup tulisan saya, dalam menghadapi persaingan ketat dalam PPDB SMA, strategi menjadi kunci utama untuk meningkatkan peluang kelolosan. Dengan memahami jalur-jalur yang tersedia, memprioritaskan faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam setiap jalur, dan membuat perencanaan yang matang, siswa dan orang tua dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima di sekolah yang diimpikan.

Selamat mengikuti proses PPDB dan semoga strategi-strategi ini membantu siswa-siswa meraih kesuksesan dalam perjalanan pendidikan mereka.

 

Penulis : Ardan Sirodjuddin, S.Pd, M.Pd, Kepala SMKN 10 Semarang dan Penulis Buku Membangun Sekolah Rintisan Menjadi Sekolah Rujukan.

Artikel ini memiliki

5 Komentar

Digna Palupi
Kamis, 15 Jun 2023

Semangat luar biasa sangat bermanfaat.👍👍

Balas
Charisma Chafita
Jumat, 16 Jun 2023

Semangat sangat luar biasa, bermanfaat 👍👌

Balas
Charisma Chafita
Jumat, 16 Jun 2023

Keren, luar biasa,hebat👍

Balas
Muhammad risky abdul rozzaq
Jumat, 16 Jun 2023

Good job 👍

Balas
Muhammad Zainur Rokhib
Selasa, 20 Jun 2023

semangat dan teruss belajarr 👍🏿

Balas

Beri Komentar