Info Sekolah
Kamis, 22 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Mengenalkan Tokoh Wayang Lewat Karya Seni Dua Dimensi

Diterbitkan :

Perkembangan teknologi yang sangat pesat, memudahkan anak mengakses berbagai macam informasi yang mereka inginkan dengan sangat mudah melalui koneksi internet. Salah satu yang dapat diakses oleh anak adalah game online. Game online adalah permainan yang menghubungkan para pemainnya melalui koneksi internet. Game online memiliki pengaruh yang cukup besar bagi orang yang memainkan game tersebut, salah satunya adalah anak-anak karena mereka sudah memiliki dan memainkan game online. Anak-anak jaman sekarang sudah dibiasakan dengan gadget untuk bermain game online, ini kesalahan dari orang tua. Orang tua mungkin hanya ingin menunjukkan kasih sayang kepada anak dengan memberikan berbagai fasilitas misalnya gadget canggih, tetapi secara tidak langsung orang tua telah mengajarkan hal negatif kepada anak yang dapat mengganggu perkembangan anak dikemudian hari. Namun disamping memiliki dampak yang buruk tentu bermain game juga memiliki dampak yang baik pula, dengan catatan adanya pengawasan tertentu dan sesuai dengan takaran yang pas. Bagi anak-anak pun begitu pula, bermain video game akan membawa dampak pula bagi perkembangannya, baik itu dampak positif maupun dampak yang negatif.

Pertama, Melatih Kemampuan Bahasa. Pada video game, anak haruslah memahami beberapa penjelasan mengenai tantangan ataupun peraturan di dalam permainan. Hal ini adalah metode yang cukup menyenangkan bagi anak untuk melatih bahasa. Beberapa bahasa asing yang ada pun pada akhirnya memacu anak untuk mencari makna dan arti yang sebenarnya. Sehingga dengan begitu beberapa kosakata pun semakin berkembang dam bertambah pada anak.

Kedua, Melatih Logika. Saat bermain video game, kita harus memahami beberapa strategi dan cara untuk melewati setiap tantangan di dalam game. Cara inilah yang membantu anak untuk melatih diri menggunakan logikanya yang sedang dalam perkembangan. Dengan mengasah logikanya, anak akan mudah mengatasi problem strategi di dalam game untuk di pecahkan. Jika dituntun dan di berikan pengarahan oleh orang dewasa dengan baik, maka hal ini menjadi peluang emas untuk melatihnya di dalam kehidupan nyata

Ketiga, Merangsang Imajinasi. Animasi di dalam video game yang menarik dan juga bervariasi mampu untuk meningkatkan imajinasi visual anak. Hal inilah yang dapat menambah kekrativitasan anak. Terlebih lagi keadaan anak dalam masa perkembangan, akan sangat mudah untuk di kondisikan dan di bentuk kekreatifitasannya. Namun tentu hal ini haruslah mendapatkan bimbingan yang ketat bagi orang dewasa atau orang tua terhadap anaknnya.

Keempat, Melatih Fokus. Seseorang yang sedang bermain video game, tentunya harus selalu fokus dalam permainan. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk melatih anak agar ia selalu fokus di dalam mengerjakan sesuatu. Mengaitkannya dengan beberapa tugas di dalam kehidupan sehari.

Kelima, Melatih Gerak Refleks. Beberapa jenis video game yang membutuhkan reflex yang cepat seperti game sport, action, dan lainnya. Jenis game tersebut bermanfaat untuk dapat melatih koordinasi antara mata dengan gerakan tangan serta melatih reflex si anak. Akan tetapi jika bermain game tak di batasi dengan baik, dapat menyebabkan masalah pada persendian anak. karena gerakan tersebut dilakukan berulang-ulang.

Keenam, Melatih Kerjasama. Berlaku untuk jenis video game yang dapat dimainkan berdua ataupun lebih dengan teman. Dengan meningkatkan kerjasama pada game maka hal tersebut akan berdampak pula pada kehidupan nyata, terutama untuk mengurangi sifat egois pada diri anak.

Ketujuh, Melatih Otak. Bermain video game juga dapat membuat otak untuk bekerja lebih keras saat bermain, hal tersebut dikarenakan saat bermain dibutuhkan sebuah strategi dan juga formasi memori yang jitu untuk memenangkan sebuah permainan. Dengan begitu secara langsung ia memiliki fungsi pula dalam melatih kemampuan motorik anak

Siapa yang tidak kenal game Online Mobile Legend? Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga “jalur” yang dikenal sebagai “top”, “middle” dan “bottom”, yang menghubungkan basis-basis.

Di masing-masing tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai “hero”, dari perangkat mereka sendiri. Karakter terkontrol komputer yang lebih lemah, yang disebut “minions”, bertelur di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan, melawan musuh dan menara. Serta mengumpulkan Exp untuk meningkatkan level hero yang berguna untuk kelangsungan permainan. Didalam game tersebut ada tokoh yang bernama Gatotkaca; Gatotkaca merupakan hero tank Mobile Legends yang memiliki tingkat ketahanan sangat tinggi serta memiliki damage yang besar. Hal ini membuat Gatotkaca menjadi hero Tank yang gahar dan menakutkan di Land of Dawn.

Gatotkaca memiliki kemampuan di atas rata-rata hero Tank lainnya. Dia bisa menjadi hero pembuka pertarungan yang sangat bagus. Dengan menggunakan skill ultimate-nya, Gatotkaca mampu mengejutkan lawan dengan melompat ke arah target dan memberikan stun.

Apabila kamu ingin memainkan Gatotkaca, kamu harus simak pembahasan kali ini ya. Soalnya, KINCIR akan memberikan tips bermain dan build hero Gatotkaca Mobile Legends yang bisa kamu jadikan referensi.

Gatotkaca memiliki combo skill yang mudah dipahami. Pertama, gunakan skill dua untuk mengejar lawan. Kemudian gunakan skill satu untuk memberikan damage dan efek slow kepada lawan. Selanjutnya, gunakan basic attack untuk mengaktifkan skill pasifnya. Sering saya melihat ketika jam istirahat anak-anak bermain game online Mobile Legend dan memainkan tokoh Gatotkaca, namun ketika saya bertanya siapakah Gatotkaca?banyak diantara mereka tidak kenal siapa tokoh tersebut. Berawal dari hal tersebut, ketika pembelajaran seni budaya,saya sisipkan materi pengenalan tokoh-tokoh wayang, riwayat hidupnya, semua dikemas dengan karya seni rupa dua dimensi yg dibuat dengan teknik mix media doodle art; Doodle Art sendiri adalah suatu gaya menggambar dengan cara mencoret, terlihat abstract, ada yang tidak bermakna juga ada yang bermakna, terkadang karya yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang benar namun terlihat unik dan menarik. Sehingga dalam proses berkarya anak-anak tidak merasa bosan dan lebih mengenal lebih jauh seni wayang dan tokoh-tokoh pewayangan yang mereka idolakan.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis : Aris Guntoro, S.Sn, Guru Mapel Seni Budaya

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar