Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Membiasakan Berbahasa Inggris melalui Kegiatan Menyanyikan Lagu di SMK: Merdukan Pembelajaran Bahasa di Era Modern

Diterbitkan :

Pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memainkan peran penting dalam mempersiapkan Siswa untuk tantangan global. Salah satu pendekatan yang efektif dalam membiasakan berbahasa Inggris, dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang cenderung disukai Siswa, yang dapat dilakukan sehari-hari. Kegiatan ini salah satunya adalah dengan musik, khususnya menyanyi. Tentunya yang dimaksud di sini adalah menyanyikan lagu berbahasa Inggris.

Dalam berbagai artikel ilmiah terkait pembelajaran Bahasa Inggris (Teaching English as Foreign Language/ TEFL) menyebutkan bahwa sebuah hal yang umum untuk menggunakan musik sebagai salah satu strategi dalam dalam mengajar Bahasa Inggris untuk berbagai usia. Strategi ini memiliki efisiensi yang cukup tinggi karena dapat menciptakan atmosfir belajar yang menyenangkan. Hal ini dapat mengurangi beban belajar dan meningkatkan motivasi Siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

Menyanyi juga dapat membantu Siswa memahami intonasi, vokal, dan pengucapan yang benar dalam bahasa Inggris. Ini adalah aspek penting dalam penguasaan bahasa. Selain itu, lirik lagu berbahasa Inggris mengenalkan kosakata baru kepada Siswa. Melalui lagu, mereka belajar kata-kata dan ungkapan dengan cara yang lebih kontekstual.

Untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran dengan menyanyi yang efektif, Guru perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  1. Pemilihan Lagu yang Releva Pilih lagu-lagu yang sesuai dengan minat dan usia Siswa. Pastikan liriknya sesuai dengan tingkat pemahaman mereka. Pastikan juga untuk menghindari lagu-lagu yang memiliki kosakata yang tidak sopan/ kasar/ memiliki tema-tema yang kurang sesuai, misal tema kekerasan.
  2. Aktivitas Pengenala Mulailah dengan memperkenalkan lirik lagu dan kosakata yang mungkin baru bagi Siswa. Diskusikan makna umum lirik sebelum menyanyikan lagu.
  3. Pendekatan Bertaha Mulailah dengan lagu-lagu yang sederhana dalam hal lirik dan melodi. Secara bertahap, tingkatkan kesulitan lagu untuk mempertajam kemampuan bahasa Siswa.
  4. Praktik Berulang. Lakukan latihan berulang dalam menyanyi lagu yang sama. Ini membantu Siswa memperkuat pemahaman mereka terhadap lirik dan mengasah keterampilan
  5. Interaksi Sosial. Anjurkan Siswa untuk berduet atau menyanyi dalam kelompok Ini membangun kepercayaan diri dan meningkatkan interaksi social dalam bahasaInggris.

Adapun bagi Siswa, manfaat yang didapat adalah sebagai berikut:

  1. Penguasaan Menyanyikan lagu memperdalam penguasaan bahasa Inggris Siswa, terutama dalam hal pengucapan, intonasi, dan kosakata.
  2. Peningkatan keterampilan โ€˜mendengarโ€™ (listening). Mendengarkan lirik lagu membantu Siswa beradaptasi dengan beragam aksen dan kecepatan berbicara dalam bahasa
  3. Pembelajaran kontekstual. Lirik lagu memberikan konteks nyata bagi kosakata dan ungkapan. Ini membuat pembelajaran lebih Guru bahkan bias memilih lagu yang terkait dengan peristiwa bersejarah sehingga dapat mendorong kegiatan diskusi untuk menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan mengemukaan opini dan pendapat secara lisan/ tulisan.
  4. Meningkatkan kreativitas. Siswa dapat terlibat dalam membuat koreografi atau mengubah lirik lagu menjadi versi mereka Ini mendorong kreativitas mereka.

Melalui kegiatan menyanyikan lagu berbahasa Inggris di SMK, Siswa tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa, tetapi juga mendapatkan pengalaman belajar yang lebih berwarna dan menarik. Pendekatan ini membantu merangkul penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan mempersiapkan Siswa untuk tantangan global di masa depan. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung, SMK dapat menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi dengan percaya diri dalam bahasa Inggris dalam berbagai situasi kehidupan.

โ€œSMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesiaโ€

Penulis: Susanti, S.Pd., Guru Mapel Bahasa Inggris

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

24 Komentar

Helmi Yuhdana H
Kamis, 18 Jan 2024

Kereeenn sekali…..

Balas
Af'idatin
Kamis, 18 Jan 2024

Pembiasan yang baik ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Digna Palupi
Kamis, 18 Jan 2024

Mantap pembelajaran menyenangkan๐Ÿ‘

Balas
Suginah
Kamis, 18 Jan 2024

Kereeen luar biasa ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Kholifah Martha
Kamis, 18 Jan 2024

Menginspirasi sekali Bu Susanti ๐Ÿ‘

Balas
Suwarni
Kamis, 18 Jan 2024

Mantab, pembelajaran yang mengasyikkan ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Dra.Warni
Kamis, 18 Jan 2024

Terus berkarya dan berinovasi untuk meningkatkan KBM diSMKN 10 Semarang.

Balas
Muslim Anwar
Kamis, 18 Jan 2024

Mantap dan luar biasa

Balas
Riska Yudha Wardhana
Kamis, 18 Jan 2024

Jos markojos

Balas
Dra.Warni
Kamis, 18 Jan 2024

Pembelajaran yg inovatif untuk menibgkatkan tujuan pembelajaran

Balas
Noor Achmat
Kamis, 18 Jan 2024

awesome

Balas
Sami
Kamis, 18 Jan 2024

Mantap luar biasa

Balas
Rodhatin
Kamis, 18 Jan 2024

Bagus untuk pebelajaran

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Kamis, 18 Jan 2024

Biasanya menyanyi apa, Bu Santi?

Balas
Suparman, S.Pd
Kamis, 18 Jan 2024

Mantap dan keren

Balas
maskur
Kamis, 18 Jan 2024

Alhamdulillah

Balas
Endang Widayati
Kamis, 18 Jan 2024

Pembiasaan budaya yang baik bu..Susanti

Balas
Wiler Upik
Kamis, 18 Jan 2024

Luar biasa, mantap

Balas
Suparyati
Kamis, 18 Jan 2024

Membangun karakter yg baik๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Hikma Nurul Izza
Kamis, 18 Jan 2024

Luar biasa bu susanti

Balas
Nindar
Jumat, 19 Jan 2024

Menambah semangat belajar

Balas
Tri Hartutik
Jumat, 19 Jan 2024

Mantap dan Luar Biasa

Balas
Antar Subandono
Senin, 22 Jan 2024

Semakin menguasai bahasa inggris semoga tetap melestarikan bahasa Jawa jangan sampai punah.

Balas
Selasa, 23 Jan 2024

Menambah semangat dalam Berbahasa inggris sambil bernyai.. Mantab.. maju tetus

Balas

Beri Komentar