Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Membentuk Karakter Siswa Melalui Sholat Zuhur Berjamaah

Diterbitkan :

Sholat zuhur berjamaah merupakan kegiatan yang rutin bagi Warga SMK Negeri 10 Semarang. Kegiatan sholat zuhur berjamaah dilaksanakan  pada jam istirahat kedua yaitu dari jam 11.45-12.15 WIB yang diikuti oleh Guru, Karyawan, serta Siswa SMK Negeri 10 Semarang yang Beragama Islam. Sekolah memberi waktu untuk kepada Siswa untuk melaksanakan sholat zuhur berjamah, dengan dibimbing oleh Guru Pendidikan Agama Islam.

Kegiatan keagamaan ini sangat bermanfaat dalam membentuk karakter seluruh Siswa SMK Negeri 10 Semarang dalam meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, serta meningkatkan tali silaturrahiem, baik antara Siswa dengan Siswa, maupun antara Siswa dengan Guru.

Hakekatnya sekolah bukan hanya sebatas mendidik Siswa menjadi pandai, akan tetapi juga membentuk karakter Siswa agar taat dalam beribadah, sehingga akan diperoleh keseimbangan kecerdasan intelektual, spritual dan sosial, yang akhirnya akan mendapatkan Siswa yang berakhlaq atau berkarakter.

Selama ini ada anggapan bahwa sekolah Negeri kurang memperhatikan pendidikan Agama Islam, karena Siswa hanya mendapatkan 3 jam pembelajaran dalam satu minggu. Ternyata anggapan seperti itu  tidak benar, karena di SMK Negeri 10 semarang, Alhamdulillah Siswa mendapatkan pembinaan keagamaan diluar jam mengajar, antara lain sholat zuhur berjamaah, sholat sunah Dzuha, Sholat Jumat,  Baca Alqur’an dll.

Sholat zuhur berjamaah dilaksanakan dengan tujuan mendidik Siswa yang beragama Islam memiliki akhlaq yang mulia, taat beribadah, rajin dalam sholat berjamaah. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan usaha yang keras, karena sebagian Siswa lebih senang sholat sendiri atau bahkan tidak mengerjakan sholat berjamah . Hal tersebut menunjukkan bahwa Siswa yang sholatnya tidak berjamaah atau yang tidak melaksanakan sholat berarti belum memahami betapa pentingnya atau afdolnya sholat yang dikerjakan dengan berjamaah dari pada sholat sendirian. Oleh karena itu, agar Siswa terbiasa sholat berjamaah, maka di sekolah diajarkan Sholat berjamaah sekaligus berlatih untuk membiasakan sholat  dengan berjamaah, tidak hanya sholat zuhur akan tetapi sholat farlu yang lainnya juga.  

Menerapkan sikap disiplin pada Siswa tidaklah mudah, namun seiring berjalannya waktu, kesadaran siswa terhadap pentingnya melaksanakan sholat zuhur berjamaah mulai tumbuh, dari sinilah sikap kedisiplinan siswa terbentuk. Dampaknya, siswa tidak hanya disiplin dalam sholat berjamaah, tetapi juga dibidang lainnya.

Penulis: Muslim Anwar, S.Ag., Guru Mapel Pendidikan Agama Islam

Editor: Tim Humas

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar