Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Membentuk Jiwa Wirausaha Siswa SMK Negeri 10 Semarang Melalui Proyek Video Profil Usaha pada Mata Pelajawan Proyek Kreatif dan Kewirausahaan

Diterbitkan :

Kewirausahaan tidak lagi hanya dianggap sebagai kemampuan alami, tetapi sebagai suatu keterampilan yang dapat dipelajari dan diasah. Dalam era globalisasi dan teknologi informasi saat ini, pembelajaran kewirausahaan menjadi semakin penting untuk membekali generasi muda dengan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil di dunia bisnis yang kompetitif. Artikel ini akan membahas pentingnya pembelajaran kewirausahaan, strategi untuk meningkatkannya, dan dampak positifnya dalam menciptakan individu yang tangguh di dunia bisnis.

Kewirausahaan merupakan keterampilan kunci yang penting bagi siswa SMK untuk bersiap menghadapi dunia kerja dan bahkan merintis usaha sendiri di masa depan. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan kewirausahaan, pendekatan pembelajaran yang inovatif dapat memainkan peran kunci. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah tugas pembuatan video profil usaha yang melibatkan siswa dalam menggali dan memahami berbagai aspek bisnis di sekitar mereka.

Pembelajaran kewirausahaan di tingkat SMK tidak hanya sebatas teori, namun juga melibatkan pengalaman langsung. Dengan memanfaatkan teknologi video, siswa dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia bisnis dan sekaligus mengembangkan keterampilan interpersonal mereka melalui wawancara dengan pemilik atau karyawan usaha.

Tujuan utama dari tugas pembuatan video profil usaha ini adalah:

  • Meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai jenis usaha di sekitar mereka.
  • Melatih keterampilan siswa dalam mempresentasikan informasi melalui media video.
  • Mengembangkan kemampuan wawancara dan interaksi social siswa dengan pemilik atau karyawan usaha.

Pembelajaran dimulai dengan pengenalan konsep kewirausahaan dan langkah-langkah pembuatan video. Siswa kemudian diminta untuk memilih usaha di sekitar mereka yang menarik perhatian mereka. Setelah pemilihan, langkah-langkah berikut dilakukan:

  1. Riset Usaha. Siswa melakukan riset tentang usaha yang dipilih. Mereka mengumpulkan informasi tentang sejarah usaha, produk atau jasa yang ditawarkan, target pasar, dan potensi
  2. Pengambilan Gambar dan Wawancara. Dalam tahap ini, siswa mengunjungi tempat usaha yang dipilih dan mengambil gambar serta melakukan wawancara dengan pemilik atau Tujuan wawancara adalah mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang operasional usaha dan tantangan yang dihadapi.
  3. Pengeditan Video. Setelah data terkumpul, siswa belajar menggunakan perangkat lunak pengeditan video untuk menyusun informasi yang telahmereka dapatkan menjadi video profil yang menarik.
  4. Presentasi dan Diskusi. Setiap siswa mempresentasikan videonya di depan Setelah presentasi, dilakukan diskusi mengenai kelebihan, kendala, dan pelajaran yang dapat dipetik dari masing-masing video.

Pembelajaran kewirausahaan melalui proyek video profil usaha ini memberikan sejumlah manfaat, antara lain:

  • Peningkatan Pemahaman. Siswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai aspek bisnis dan kewirausahaan.
  • Pengembangan Keterampilan Teknologi. Siswa belajar menggunakan perangkat lunak pengeditan video, meningkatkan keterampilan teknologi mereka.
  • Pengembangan Keterampilan Sosial. Melalui wawancara dengan pemilik atau karyawan usaha, siswa mengembangkan keterampilan komunikasi dan interaksisosial.
  • Membentuk Jiwa Wirausaha: Proses pembuatan video ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memotivasi siswa untuk memiliki semangat wirausaha dan berpikir kreatif.

Pembelajaran kewirausahaan di tingkat SMK melalui proyek video profil usaha membuka peluang bagi siswa untuk belajar dengan cara yang interaktif dan mendalam. Melibatkan siswa dalam kegiatan praktis seperti ini dapat membentuk jiwa wirausaha, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia kerja, dan mendorong kreativitas serta inovasi di kalangan generasi muda.

Pembelajaran kewirausahaan bukan hanya tentang menciptakan pengusaha, tetapi juga menciptakan individu yang memiliki mentalitas proaktif, kreatif, dan inovatif. Dengan mengintegrasikan kewirausahaan kedalam pendidikan, kita dapat membantu membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis modern. Pembelajaran kewirausahaan bukan hanya investasi dalam perkembangan individu, tetapi juga investasi dalam pertumbuhan ekonomi dan inovasi global.

Hal ini sangat sesuai dengan salah satu program sekolah SMK Negeri 10 Semarang yaitu kawal wirausaha bagi lulusannya.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Antar Subandana, S.Pd., Guru Produktif Teknik Kendaraan Ringan

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

13 Komentar

Suparman, S.Pd
Selasa, 6 Feb 2024

Mantap👍👍

Balas
Hikma Nurul Izza
Selasa, 6 Feb 2024

Luar bisa

Balas
Eni Supriyati
Selasa, 6 Feb 2024

Sangat menginspirasi. Semoga para alumni SMK N10 menjadi wirausaha wirausaha yg handal. Aamiin

Balas
Helmi Yuhdana H
Selasa, 6 Feb 2024

Mantaaabbb aaahh….

Balas
Dani Sedyarto.
Selasa, 6 Feb 2024

Setelah faham teorinya, yang lebih penting adalah pratikkan.

Balas
Yusuf Trisnawan
Selasa, 6 Feb 2024

Sangat bagus 👍

Balas
NaaAchmat
Selasa, 6 Feb 2024

Bagus

Balas
Mulyo S
Selasa, 6 Feb 2024

Kereenn..👍

Balas
Endang Widayati
Selasa, 6 Feb 2024

Menginspirasi pak

Balas
Wiler Upik
Rabu, 7 Feb 2024

Mantaab

Balas
Kholifah Martha
Jumat, 9 Feb 2024

Sukses selalu pak Antar
👍

Balas
Tri Hartutik
Senin, 12 Feb 2024

Semoga Sukses untuk anak2 SMK 10

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Senin, 12 Feb 2024

Mantap.

Balas

Beri Komentar