Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa dengan Metode Presentasi Menggunakan PPT

Diterbitkan :

Singkatnya, Public Speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung dimuka umum atau di hadapan sekelompok orang. Contoh kecilnya dari kegiatan public speaking adalah saat kita melakukan presentasi di depan kelas atau menyampaikan pidato di depan teman-teman satu sekolah. Namun secara umum public speaking  adalah sebuah seni berkomunikasi yang dilakukan secara lisan untuk menyampaikan ide,gagasan, pesan dan pendapat yang bertujuan menginformasikan, menghibur, mempengaruhi dan dilakukan didepan audiens dengan metode dan struktur tertentu.

Sebagai Pendidik tentunya kita harus sering menciptakan inovasi-inovasi dalam model pembelajaran guna melatih Siswa berani berbicara dan secara tidak langsung Siswa mempunyai kemampuan tambahan, contohnya dengan mengajarkan dan menerapkan metode presentasi untuk menyampaikan tugas yang sudah di beri oleh Guru.

Dalam public speaking kita juga membutuhkan metode dan struktur, Mengapa membutuhkan metode dan struktur tertentu? Sebagaimana kita pahami ketika seseorang berbicara di depan publik pastilah berbicara tidak asal asalan, berbicara haruslah minimalnya terstruktur, jelas dan tidak berbelit belit. Kemampuan berbicara seperti demikian tentu saja membutuhkan latihan dan praktik secara konsisten dilakukan dengan sungguh sungguh. Berbicara didepan umum akan menjadi lebih mudah dilakukan ketika seorang pembicara atau speaker mampu mengemas pesan yang akan disampaikan didepan audience dengan sempurna.

Nah, mari kita sederhanakan cara kita memahami mengapa public speaking itu menjadi mudah. Siapapun kita pada waktu tertentu pasti akan membutuhkan ketrampilan public speaking.
Bagi seorang Siswa menguasai kemampuan berbicara didepan publik adalah sebuah keharusan. Jadi hilangkan perasaan tidak mampu dan perasaan rendah diri sedini mungkin. Beberapa manfaat mempelajari Public Speaking adalah untuk menunjang karir, menyatukan banyak orang untuk bersama, mendukung pencapaian target, membangun keyakinan dan kepercayaan diri, menjangkau waktu orang dalam waktu yang cepat, serta berbagai manfaat lainnya.

Dalam hal ini saya terapkan terhadap Siswa untuk melakukan presentasi di depan teman-temannya menggunakan power point, selain untuk mengasah keberaniannya dalam ber public speaking Siswa juga dilatih untuk kreatif dalam membuat power point yang menarik audience dalam mendengarkan presentasi tersebut.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Mita Pramesti, S.T., Guru Produktif TPK

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar