Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Makna Kebiasaan Siswa SMKN 10 Semarang Mencium Tangan Orangtua dan Guru

Diterbitkan :

Perbuatan mencium tangan Orangtua dan Guru adalah suatu simbul kesopanan dalam menghormati Orangtua dan Guru. Sudah selayaknya seorang Siswa, diajarkan dan diharuskan hormat kepada Orangtua dan Guru. Memang banyak cara mengajari Siswa untuk berprilaku sopan santun baik dirumah maupun disekolah. Dan kebiasaan mencium tangan tersebut dimulai dari Sekolah dan berlanjut di rumah.  Oleh karena itu jangan meremehkan kebiasaan mencium tangan Orangtua dan Guru. Dengan membiasakan cium tangan kepada Orangtua dan Guru amat besar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Alhamdulillah Siswa SMKN 10 Semarang, sudah terbiasa ketika bertemu dengan Bapak atau Ibu Guru dan Karyawan SMKN 10 Semarang, selalu mencium tangan mereka ketika berjumpa.

Di zaman modern sekarang ini, sopan santun atau adab Siswa sedikit memudar, bahkan bisa dikatakan kurang mempunyai ‘unggah-ungguh’ atau tata krama dengan Orangtua. Kalau tidak ditanamkan kebiasaan cium tangan, sebagai bentuk rasa hormat anak kepada Orangtua dan Guru, maka akan terjadi krisis moral.  Sehingga, dimulai dari hal-hal kecil yang disepelekan akan berdampak besar bagi perilaku Siswa.

Oleh karena itu, seluruh Siswa di SMKN 10 Semarang apabila berjumpa dengan Bapak atau Ibu Guru dan Karyawan dibiasakan untuk bersalaman dengan mencium tangan. Apa makna dan manfaat yang tersirat dibalik mencium tangan Guru dan Orangtua?

Seberapa seringkah mencium tangan Orangtua dan Guru? Jika sudah menjadi rutinitas yang baik maka harus dijaga kebiasaan tersebut menjadi budaya sehar-hari, bahkan jangan sampai hilang atau pudar. Apabila masih jarang membiasakan mencium tangan Orangtua dan Guru maka harus dibiasakan agar menjadi rutinitas setiap hari.

Mencium tangan Orangtua dan Guru, memang bukan sesuatu yang wajib, akan tetapi dengan mencium tangan Orangtua dan Guru mempunyai nilai manfaat yang besar, karena sejatinya menyiratkan ada hubungan yang tidak berjarak antara Orangtua dan Guru dengan Siswa. Rasanya sangat tepat jika kebiasaan mencium tangan Orangtua dan Guru menjadi sesuatu kebiasaan atau rutinitas setiap hari, baik di sekolah maupun di rumah.

Melalui kebiasaan mencium tangan, secara simbolik, Siswa atau sesungguhnya sedang memohon ridlo dari Orangtua dan Guru. Oleh karena keberkahan dari Orangtua dan Guru, akan senantiasa mengalir melalui kebiasaan mencium tangan dalam bentuk do’a tulus ikhlas bagi kebaikan dan kesuksesan Siswa, yang memiliki manfaat sangat besar yang dapat dirasakan oleh Siswa.

Kemudian, bagaimana cara yang terbaik agar kebiasaan mencium tangan Orangtua dan Guru ini tidak hilang dalam hati dan pikiran mulai dari usia dini hingga dewasa tetap terpelihara kebiasaan mencium tangan tersebut?  Harus disadari bahwa sosok yang lebih berpengaruh untuk selalu kita hormati dengan mencium tangan Guru dan Orangtua.  Kedua sosok ini memiliki peran yang sangat besar dalam membimbing dan mengarahkan setiap Siswa agar senantiasa memelihara kebiasaan mencium tangan.

Guru dan Orangtua harus istiqomah mengajari dan memberi teladan pada Siswa atau anak untuk senantiasa mencium tangan setiap kali berjumpa. Kebiasaan tersebut dilakukan Siswa dengan Bapak atau Ibu Guru di Sekolah, maupun dengan Orangtua di rumah. Tradisi tersebut mampu membangun karakter yang kuat di dalam diri Siswa atau anak, khususnya dalam menunjukkan bakti dan penghormatan  kepada Orangtua dan Guru.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Muslim Anwar, S.Ag., Guru Mapel Pendidikan Agama Islam

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

9 Komentar

Elmina Ita Kusumawardani
Rabu, 23 Agu 2023

Sopan santun…adat e wong jowo…y kudu di Uriiiurii …

Balas
Dra. Sami
Rabu, 23 Agu 2023

Luar biasa pak Muslim, Sopan santun, unggah ungguh bagi yang muda kepada orang yang lebih tua itu perlu penjerminan adat kita bangsa Indonesia.

Balas
Tri Hartutik
Rabu, 23 Agu 2023

Siswa hrs selalu sopan dan santun kepada siapa saja, i

Balas
Hesti S
Rabu, 23 Agu 2023

SMK N 10 Semarang Hebat

Balas
Dra.Warni
Kamis, 24 Agu 2023

Kebiasaan yg dilakukan 5S untu melatih karakter siswa berakhlak yg baik.

Balas
Digna Palupi
Jumat, 25 Agu 2023

Luar biasa …Tetap sopan santun wajib melekat pada setiap siswa.👍👍

Balas
elfigo
Rabu, 30 Agu 2023

SMKN 10 SEMARANG HEBATT🤙🤙

Balas
BELVA VIVIA
Kamis, 31 Agu 2023

SMK bisa SMK hebat👍👍

Balas
Putra
Senin, 11 Sep 2023

Keren

Balas

Beri Komentar