Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Keutamaan Adab dalam Meniti Jalan Menuntut Ilmu

Diterbitkan :

Adab dimaknai sebagai norma yang berkaitan dengan kesantunan berdasarkan nilai agama. Meniti jalan menuntut ilmu merupakan serangkaian ibadah yang mulia, karenanya penuntut ilmu senantiasa memperhatikan adab-adab supaya ilmu yang diperoleh bermanfaat dan berkah. Adapun adab dalam meniti jalan menuntut ilmu, diantanya:

  1. Meluruskan niat. Niat sebagai landasan utama dalam memulai segala aktifitas Niatkan dalam meniti jalan menuntut ilmu yakni mengharap keridhaan Tuhan Yang Maha Esa. Keikhlasan selama berproses berperan positif bagi kesiapan hati dalam menerima ilmu pengetahuan dengan ketenangan, sabar dalam berproses serta bersandar kepada Tuhan Yang Maha Esa kala kesulitan menghampiri. Penuntut ilmu senantiasa berdoa agar segala yang diniatkan diberikan kemudahan, kelancaran, bermanfaat dan berkah.
  2. Bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa. Penuntut ilmu hendaknya bertaqwa kepada Tuhan, yakni dengan cara menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan demikian maka penuntut ilmu terdorong untuk senantiasa mengamalkan ilmu yang telah Harapannya, dengan bertambahnya ilmu maka semakin bertambah pula rasa syukur serta ketaatan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
  3. Menyimak penjelasan saat menuntut ilmu. Fokus menyimak penjelasan yang tengah memberikan ilmu merupakan salah satu adab yang menjadi perhatian Menyimak penjelasan dan menuliskan beberapa hal yang penting maka dapat menajamkan pada hal yang dipelajari.
  4. Sabar. Kesabaran merupakan salah satu sikap yang mutlak diperlukan penuntut Pada satu ujian menghampiri, sifat sabar akan melekatkan keteguhan dalam menghadapinya.
  5. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Penuntut ilmu mengupayakan dan mengoptimalkan seluruh kemampuan yang dimiliki baik materi maupun waktunya untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Kesungguhan menghadirkan totalitas dalam menuntut ilmu sekaligus kualitas ilmu yang dikaji.
  6. Rendah hati. Sikap rendah hati merupakan salah satu sifat penuntut ilmu yang menghadirkan akhlak mulia dan tercapainya keberkahan dalam ilmu yang dipelajari serta saat Diantara wujud sikap rendah hati penuntut ilmu diantaranya adalah bersikap sebagai pembelajar yang baik sekalipun memiliki kelebihan lebih dari penyampai ilmu baik dari segi kedudukan, materi bahkan ilmu pengetahuan

Perjalanan menuntut ilmu memerlukan proses panjang yang tidak jarang menghadapi persimpangan, jalan terjal dan berliku. Tidak sedikit pengorbanan, peluh keringat hingga air mata tidak lagi terbendung dalam meraihnya. Karenanya keteguhan karakter penuntut ilmu diperlukan guna mendapatinya. Adab menjadi sebab diperolehnya ilmu pengetahuan. Berilmu yang didasari dengan adab maka akan menghadirkan keberkahan dan manfaat ilmu pengetahuan yang dikaji.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Tin Subekti Zaidah Darajat, S.Pd., Guru PPG Prajabatan Mapel Fisika

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar