Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Kemanakah Arah dan Tujuan Lulusan Jurusan Teknik Pengelasan

Diterbitkan :

Masa sekolah menjadi salah satu masa paling menyenangkan dalam kehidupan, tugas utama kita sebagai Siswa adalah belajar. Akan tetapi sebagai pelajar SMK kita harus menentukan arah dan tujuan kita nanti setelah kita lulus. Banyak dari kita yang bingung akan kemana setelah kita lulus SMK? Pertanyaan seperti inilah yang kita pikirkan setelah lulus. Apakah akan melajutkan ke perGuruan tinggi, bekerja, atau berwirausaha. Hidup adalah pilihan, kita harus menentukan satu dari sekian banyak pilihan dalam kehidupan kita.  Tentu saja Ini tergantung kita menyikapi dan menanggapinya.

Lulusan di jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri 10 Semarang diarahkan untuk menjadi wirausaha atau bekerja pada industri yang bergerak dibidang pengelasan. banyak lulusan dari jurusan Teknik Pengelasan yang bekerja pada perusahaan yang bergerak pada bidang pengelasan dan bagi mereka yang tidak berkerja memilih untuk berwirausaha dibidang konstruksi dan bengkel trails pagar canopy sendiri. Menentukan pilihan untuk berwirausaha juga merupakan pilihan yang tepat ditengah semakin sedikitnya lowongan pekerjaan dikarenakan jumlah lulusan SMK yang banyak berbanding terbalik dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia.

Apabila tidak bekerja atau berwirausaha lulusan dari jurusan Teknik Pengelsan bisa menentukan pilihan untuk kuliah.ada beberapa Siswa yang melanjutkan untuk kuliah setelah lulus.  Kita sebagai Guru Teknik Pengelasan hanya bisa mengarahkan agar anak didik kita mengambil jurusan yang tepat ketika anak didik kita mengambil keputusan untuk melanjutkan untuk kuliah. Agar ilmu yang didapat selama di SMK dapat diperdalam kembali di jenjang S1.

Menentukan arah dan tujuan ketika lulus bukan merupakan hal yang mudah, tetapi apapun arah dan tujuan yang dipilih oleh Siswa kita sebagai Guru hanya bisa memberi dukungan dan memberi saran terbaik agar apa yang dipilih anak didik kita menjadi langkah yang tepat untuk meraih kesuksesan. Karena ketika anak didik kita meraih kesuksesan akan menjadi kebanggan dan kepusan tersendiri bagi kita seorang pendidik.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Septiyo Ariyanto, S.Pd., Guru Mapel Produktif TP

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Theovilus Pedo
Rabu, 19 Okt 2022

Pak Menarik Sekali Topik artikel di atas,Kemana dan dimana Kira Kira Tujuan anak didiknya ketika si anak yang tamatan dari SMK yang besicnya Tehnik Pengelasan. Kalu di tilik dari Moto SMK itu “BISA” Maka disana anak -anak di ajar dan di didik supaya Peserta Itu Punya Kompetensi atau Keterampilan Kerja sesuai dengan Ke ahlianya, maka otomatis anak itu ketika dia tamat dia sudah punya Keterampila dan Kemandirian untuk menghasilkan sesuatu yaitu; Pasti menciptakan Lapangan Kerja Sendiri Pak..Itu Pasti. Saya sepakat Pak,Kalu Pemerintah RI ini membuka Lembaga Pendidikan Kejuruan harus 75% di Banding SMA. Sekarang yang di butuhkan Orang yang Punya keterampilan Kerja; Life skill Itu. Akan tetapi Anak-anak tidak hanya sebatas ON THE JOB TRAINING di dalam Negeri Saja kalu bisa buka Akses di Negara Luar juga yang punya tempat-tempat yang bisa menerima anak- anak praktek yang sesuai dengan Basicnya. Yang lain juga setela anak-anak tamat minta untuk Magang lagi di Luar. Sekolah harus Mampu membuka akses jaringan kerja lebih khusus untuk Magang Itu. Trimakasi mohon Maf Kalu ada yang salah di luar Isi artikel di atas. Trimaksi

Balas

Beri Komentar