Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Ikhtiar Menghebatkan SMKN 10 Semarang Melalui Lomba Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat

Diterbitkan :

Universitas Ngudi Waluyo menyelenggarakan Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat sebagai bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis UNW ke-29 pada tahun 2023. Acara ini ditujukan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas di tingkat SD, SMP, SMA, atau sederajat. Anugerah ini menjadi sangat penting karena dapat memacu kreativitas dan prestasi para pendidik serta meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat 2023 diharapkan dapat menggerakkan, menyemangati, dan mendorong para guru untuk lebih berprestasi. Dampak positifnya tentu akan terlihat pada peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Pada Minggu, 9 Juni 2024, lomba ini akan mencapai puncaknya dengan babak final yang akan mempertemukan 10 finalis terbaik, termasuk SMKN 10 Semarang, yang telah mencapai prestasi luar biasa.

Mengapa penulis tertarik untuk mengikuti lomba ini? Ada tiga inspirasi utama yang diambil dari sosok Ignasius Jonan, seorang pemimpin yang dikenal berkat kiprahnya di PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia.

Pertama, Ignasius Jonan menekankan bahwa seorang pemimpin harus terlihat. Artinya, pemimpin harus aktif dan terlibat dalam berbagai kegiatan organisasi. Mereka harus hadir dan dapat diakses oleh anggota tim, menunjukkan keterlibatan nyata dalam mencapai tujuan bersama. Sejalan dengan pemikiran Jonan, penulis menilai bahwa mengikuti lomba Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat adalah salah satu implementasi dari prinsip tersebut.

Dalam konteks pendidikan, pemimpin yang terlihat adalah mereka yang tidak hanya bekerja di balik meja, tetapi juga turun langsung ke lapangan, berinteraksi dengan guru, siswa, dan staf sekolah. Dengan mengikuti lomba Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat, berkomitmen  untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui partisipasi aktif dalam kompetisi yang mendorong inovasi dan kreativitas.

Lomba ini memberikan kesempatan bagi para pemimpin sekolah untuk memperlihatkan inisiatif mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan berbudaya. Lebih dari sekadar ajang kompetisi, Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat menjadi wadah untuk berbagi praktik terbaik dan inspirasi antar sekolah. Dengan demikian, para pemimpin pendidikan dapat saling belajar dan berkembang bersama, menciptakan dampak positif yang lebih luas bagi komunitas pendidikan.

Ketika pemimpin sekolah terlibat langsung dalam kegiatan seperti ini, mereka tidak hanya memberi contoh bagi para guru dan siswa, tetapi juga menanamkan nilai-nilai positif dalam budaya sekolah. Kehadiran dan partisipasi aktif mereka memotivasi seluruh anggota sekolah untuk turut serta dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. 

Kedua, Ignasius Jonan menegaskan bahwa pemimpin harus memberi contoh. Menurutnya, memberikan teladan adalah kunci dalam kepemimpinan. Seorang pemimpin harus menjadi role model yang baik dan menunjukkan perilaku yang diharapkan dari anggota timnya. Sejalan dengan pemikiran Jonan, penulis menilai bahwa mengikuti lomba Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat adalah bagian dari upaya memberi contoh kepada seluruh warga sekolah dari pemimpinnya.

Dalam dunia pendidikan, partisipasi aktif kepala sekolah dalam lomba seperti Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat menunjukkan komitmen mereka terhadap peningkatan kualitas lingkungan belajar. Dengan terlibat langsung, pemimpin sekolah tidak hanya berbicara tentang pentingnya budaya sehat, tetapi juga memperlihatkan aksi nyata yang dapat diikuti oleh guru dan siswa.

Selain itu, partisipasi dalam lomba ini juga memperlihatkan bahwa kepala sekolah menghargai kerja sama dan kolaborasi. Dia mengajak seluruh warga sekolah untuk terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan program-program yang mendukung budaya sehat. Dengan demikian, menciptakan semangat gotong royong dan tanggung jawab bersama di kalangan guru, siswa, dan staf sekolah.

Pemimpin yang memberi contoh juga mendorong inovasi dan kreativitas di sekolah. Dengan mengikuti lomba, mereka memotivasi guru dan siswa untuk berpikir di luar kotak, mencari solusi baru untuk masalah yang ada, dan berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Ini sesuai dengan prinsip bahwa pemimpin harus menjadi teladan dalam hal semangat inovasi dan perbaikan berkelanjutan.

Lebih jauh lagi, tindakan pemimpin yang memberi contoh menciptakan budaya sekolah yang positif. Ketika siswa melihat pemimpin mereka berusaha keras untuk meningkatkan kualitas sekolah, mereka merasa lebih termotivasi untuk berprestasi dan menjaga lingkungan sekolah. Hal ini membentuk karakter siswa yang peduli, bertanggung jawab, dan siap untuk berkontribusi secara positif di masyarakat.

Secara keseluruhan, mengikuti lomba Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat adalah langkah strategis bagi pemimpin sekolah untuk memberikan contoh nyata kepada seluruh warga sekolah. Dengan menunjukkan tindakan konkret yang mendukung budaya sehat, para pemimpin ini tidak hanya meningkatkan kualitas lingkungan belajar, tetapi juga membangun budaya kepemimpinan yang kuat dan inspiratif. Tindakan ini mencerminkan prinsip kepemimpinan yang efektif, di mana pemimpin tidak hanya mengarahkan, tetapi juga menjadi teladan dalam setiap aspek kehidupan sekolah.

Ketiga, pemimpin harus membesarkan organisasi yang dipimpin. Jonan percaya bahwa pemimpin sejati tidak hanya menciptakan pengikut, tetapi juga menciptakan pemimpin lain. Ini berarti bahwa seorang pemimpin harus mampu mengembangkan anggota timnya agar mereka juga dapat menjadi pemimpin di masa depan.

Partisipasi dalam Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat juga menunjukkan bahwa penulis berkomitmen untuk membesarkan organisasi yang dipimpinnya. Penulis tidak hanya fokus pada keberhasilan pribadi, tetapi juga mendorong dan mengembangkan kemampuan para guru dan staf agar dapat berprestasi lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan pandangan Jonan bahwa pemimpin sejati bukan hanya menciptakan pengikut, tetapi juga menciptakan pemimpin lain.

Dengan mengikuti lomba Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat, penulis menempatkan diri sebagai teladan dalam pengembangan profesional. Penulis mendorong seluruh warga sekolah untuk berpartisipasi aktif, meningkatkan kompetensi, dan mengambil inisiatif dalam setiap kesempatan. Ini membantu menciptakan budaya belajar yang berkelanjutan di sekolah, di mana setiap individu didorong untuk terus berkembang dan berkontribusi secara maksimal.

Selain itu, langkah ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi dan kerja tim. Dengan mengikutsertakan guru dan staf dalam berbagai program yang mendukung budaya sehat, penulis membangun rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama. Ini menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan profesional dan personal, serta mempersiapkan guru dan staf untuk mengambil peran kepemimpinan di masa depan.

Menutup tulisan ini, penulis telah berupaya mempersiapkan segala sesuatu dengan maksimal. Hasil akhirnya, kita serahkan pada Yang Maha Kuasa. Partisipasi dalam Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat adalah bagian dari ikhtiar untuk menghebatkan SMKN 10 Semarang. Dengan kerja keras dan dedikasi, semoga upaya ini tidak hanya membawa prestasi bagi sekolah, tetapi juga menginspirasi seluruh warga sekolah untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Mari bersama-sama menjaga semangat dan komitmen untuk mencapai pendidikan yang lebih unggul dan berbudaya.

Penulis : Ardan Sirodjuddin, M.Pd, Kepala SMKN 10 Semarang dan Finalis Lomba Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat Universitas Ngudi Waluyo Ungaran.

 

 

 

Artikel ini memiliki

83 Komentar

If
Sabtu, 8 Jun 2024

Sukses selalu Pak Ardan dan SMKN 10 Semarang

Balas
Husna
Sabtu, 8 Jun 2024

Inspiratif.. Semoga Bapak senantiàsa dìberikan kesehatan dan dimudahkan dalam setiap urusan.. aamiin 🤲

Balas
Aris Guntoro
Sabtu, 8 Jun 2024

Pak Ardan dan SMKN 10 Semarang keren banget 😱

Balas
Suparman, S.Pd
Sabtu, 8 Jun 2024

SMK Negeri 10 Semarang Juara💯👍

Balas
Mohammad Yunan Setyawan, S.Pd
Sabtu, 8 Jun 2024

Teruslah berprestasi SMKN 10 Semarang, semoga bisa Juaraa aamiin

Balas
Anik Yuswanti
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga SMK N 10 Semarang juaranya …. Aamiin

Balas
Suparyati
Sabtu, 8 Jun 2024

Smoga mendapatkan hasil yang terbaik.

Balas
Sabtu, 8 Jun 2024

kolaborasi Dengan mengikutsertakan banyak pihak dalam program budaya sehat,, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan profesional dan personal, mempersiapkan guru dan staf untuk mengambil peran kepemimpinan di masa depan.

Semangat Juara….
Good Job

Balas
Mulyo S
Sabtu, 8 Jun 2024

Bismillah..semoga mendapatkan hasil terbaik..juaraa..

Balas
Anis Indri
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapatkan Juara

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga apa yang sudah dipersiapkan dan dilaksanakan membuahkan hasil juara.

Balas
Arimurti Asmoro
Sabtu, 8 Jun 2024

Hasil dari proses pendidikan yang bermutu dimulai dari keteladanan.
Kiranya, seluruh warga sekolah terus belajar untuk mengembangkan potensi dan membesarkan lembaga di tempat yang Allah percayakan.
Aamiin.

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Sabtu, 8 Jun 2024

Smk N 10 tetap semangat mendapatkan hasil yang terbaik di berbagai kejuaraan

Balas
Joko Suwignyo
Sabtu, 8 Jun 2024

Semangat yang luar biasa demi menghebatkan SMK NEGERI 10 SEMARANG

Balas
Digna Palupi,
Sabtu, 8 Jun 2024

Semangat selalu. Semoga mendapat yang terbaik untuk SMKN 10 Semarang..

Balas
Susanti
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapat hasil yg terbaik.

Balas
Susanti
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapat hasil yang terbaik.

Balas
Dwi Palupi
Sabtu, 8 Jun 2024

Smoga mendapatkan hasil yang terbaik.

Balas
Rodhatin
Sabtu, 8 Jun 2024

Smoga yang terbaik. Amiin

Balas
Susanti
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapat hasil yang terbaik demi kemajuan SMKN 10 Semarang.

Balas
Susanti
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapatkan hasil yang diharapkan.

Balas
Agus Sby
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapat hasil yg terbaik utk menghebatkan SMK 10 semarang

Balas
Ari wijaya
Sabtu, 8 Jun 2024

SMK 10 SMG Hebat

Balas
Andhen P
Sabtu, 8 Jun 2024

Suksesss…..

Balas
Mohammad Suparjo
Sabtu, 8 Jun 2024

Good idea….. Semoga Juara
Mantap 👍🙏💖

Balas
Lestari
Sabtu, 8 Jun 2024

Bismillah. Semoga mendapatkan yang terbaik.

Balas
Drs. Mustofa, M.Si.
Sabtu, 8 Jun 2024

Saatnya grafik prestasi menuju puncak kebanggaan. Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik. Bravo SMKN 10 Semarang.

Balas
Verry
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga bermanfaat untuk K.10 ke depannya

Balas
Hikma Nurul Izza
Sabtu, 8 Jun 2024

Bismillah semoga juara 🔥

Balas
Sonalita
Sabtu, 8 Jun 2024

TS3✊✊✊ Tetap Semangat Sukses Selalu

Balas
Dian Primayanto
Sabtu, 8 Jun 2024

Sukses selalu untuk pak ardan…

Balas
Endang Widayati
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga best practice yang di lakukan SMKN 10 Semarang membawa dampak yang lebih baik ke depannya, menciptakan lingkungan sehat, suasana belajar yang kondusif, nyaman dan aman..sukses selalu

Balas
Irastuti
Sabtu, 8 Jun 2024

Hopefully all is the best for u both,
SMKN 10 Semarang and his Principal,
Keep always success👍
Aamiin…

Balas
Janto
Sabtu, 8 Jun 2024

Allahuakbar, insyaallah juara

Balas
Janto
Sabtu, 8 Jun 2024

Allahuakbar, insyaallah juara

Balas
Dini Riyani
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga pak Ardan diberikan kelancaran dan hasil yang terbaik….
Semakin istimewa SMKN 10 Semarang…..

Balas
Suwarni
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga menjadi yang terbaik, SMKN 10 Semarang jadi juara aamiin 🤲

Balas
Hesti S
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga SMK N 10 SEMARANG tambah oke, mantap, jaya, berprestasi 👍👍👍

Balas
Santosa
Sabtu, 8 Jun 2024

SMK 10 semakin hebat dan dapat juara , TETAPPP SRMANGAT DAN BERKARYA

Balas
Elmina Ita Kusuma Wardani
Sabtu, 8 Jun 2024

Semangat sll Bp Ardan …pasti terbaik

Balas
Anni Rahayuningsih
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga menang 👍

Balas
Dra.Warni
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga dapat meraih kemenangan.untuk menghebatkan SMKN 10 Semarang.mari tetap semangat untuk tetap kerja keras dan kebersamaan semua warga sekolah saling bersinergi bahu membahu.untuk suatu kemenangan.

Balas
Dra.Warni
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga meraih kemenangan utk sekolah tercinta agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar warga sekolah.

Balas
Yusuf Trisnawan
Sabtu, 8 Jun 2024

Hebat luar biasa 👍

Balas
Ilham Agum Fitra Anggesa
Sabtu, 8 Jun 2024

Sangat menginspirasi ✨

Balas
maskur
Sabtu, 8 Jun 2024

Alhamdulillah

Balas
Andi Tri Cahyono
Sabtu, 8 Jun 2024

Bismillah Juara

Balas
ERWIN SETIAWAN
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapatkan hasil yang terbaik SMK NEGERI 10 HEBAT

Balas
Wiler Upik
Sabtu, 8 Jun 2024

Bismillah. Semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Balas
Joko m
Sabtu, 8 Jun 2024

Dengan kepemimpinan yang baik dan budaya sehat di SMK N 10, InnSyaaAllah menghasilkan produk2 yang berbobot dan bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa Aamiin Shippp ….

Balas
Luthfi
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga diberikan hasil yang terbaik, aamiin

Balas
Landung jati ismoyo
Sabtu, 8 Jun 2024

Bismillah. Semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Balas
Anton Gunawan
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapatkan hasil yg terbaik
Amin…

Balas
Sami
Sabtu, 8 Jun 2024

Sangat menginspirasi, semoga mendapatkan kemenangan untuk SMKN 10 semarang

Balas
Riska Yudha Wardhana
Sabtu, 8 Jun 2024

Bismillah semoga mendapat juara

Balas
Yuli
Sabtu, 8 Jun 2024

Sebagai sebuah keluarga, besar SMKN 10, dukungan dan doa demi kebaikan dan kemajuan bersama tentunya terus kami berikan, semoga sukses selallu

Balas
Ngatinah
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga SMK N 10 mendapatkan juara

Balas
Nyaminah,S.Pd
Sabtu, 8 Jun 2024

Selamat berjuang Bapak
Smoga juara sesuai SMKN 10 Semarang juara… Semangat 🤲🤲🤲🤲💪💪💪💪👍👍

Balas
Mita
Sabtu, 8 Jun 2024

Sukses selalu pak Ardan
Semoga mendapat hasil yang terbaik 🫶🏻

Balas
Antar Subandono
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga sukses terus SMK n 10 Semarang

Balas
T Harry S
Sabtu, 8 Jun 2024

Orang-orang tidak peduli dengan cerita perjuanganmu sampai sukses. Oleh karena itu, jadilah sukses sebelum bercerita. Tetap Semangat… menghebatkan SMK Negeri 10 Semarang…. Segala mimpi bisa menjadi kenyataan, apabila kamu berusaha untuk mewujudkannya.

Balas
Selamet Pujianto
Sabtu, 8 Jun 2024

Sangat istimewa

Balas
Muslim Anwar
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga SMKN 10 Semarang juara dan hebat..

Balas
Agung Nuril Hijas
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga juara….. Bismillah

Balas
Slamet Adi
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga berhasil …..sukses

Balas
Muji
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapatkan hasil yang terbaex untuk SMK N 10 SEMARANG…….. Amin……..

Balas
Djoko Siswanto
Sabtu, 8 Jun 2024

Semakin menghebatkan diri guna menuju…cita cita naik kelas….

Balas
Johan h
Sabtu, 8 Jun 2024

Smkn 10 Semarang yang terbaik.. Jaya Selalu

Balas
Ribka
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapatkan hasil yang terbaik🙏

Balas
Ferdi
Sabtu, 8 Jun 2024

Sukses selalu semoga mendapat hasil terbaik aamiin

Balas
Mulyo s
Sabtu, 8 Jun 2024

Bismillah..semoga berhasil mendapatkan juaraa..

Balas
Suhermawan
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga dimudahkan dan dilancarkan, sukses menjadi juara dalam lomba dan menjadi inspirasi bagi semua.

Balas
Tutikw
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapatkan hasil yang terbaik dan sukses selalu…Aamiin.

Balas
Tutikw
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapatkan hasil yang terbaik ,juara dan sukses selalu…Aamiin.

Balas
Nur kholifah
Sabtu, 8 Jun 2024

Semoga mendapat hasil terbaik.🙏🏻

Balas
Kuslimanto
Sabtu, 8 Jun 2024

Hebat…. Semoga SMK Negeri 10 dapat juara…Amiiin

Balas
Sujatmiko
Sabtu, 8 Jun 2024

Juara …
Dengan doka dan ikhtiar kita semua warga SMK N 10 SMG

Balas
Imamul Huda
Minggu, 9 Jun 2024

Semoga SMK N 10 Semarang juaranya …. Aamiin

Balas
Noor Achmat
Minggu, 9 Jun 2024

Semoga menang

Balas
Af'idatin
Minggu, 9 Jun 2024

Semoga sukses dan menjadi juara

Balas
Desti Renia
Minggu, 9 Jun 2024

Bismilah semoga smk 10 mendapat juara terbaik

Balas
Senin, 10 Jun 2024

Smk negeri 10 semarang juara

Balas
Tri Hartutik
Senin, 10 Jun 2024

Semoga Sukses SMK 10 Maju terus.

Balas

Beri Komentar