Info Sekolah
Kamis, 22 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

E-Library Solusi Bagi Siswa yang Memiliki Minat Baca Di Masa Pandemi

Diterbitkan :

Undang-Undang Tahun 43 Tahun 2007 Pasal 4, menjelaskan bahwa: “Perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada Pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.”. Maka, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada para Pemustaka di lingkungan SMK Negeri 10 Semarang yaitu Siswa, Guru, dan Karyawan.

Pengelola Perpustakaan SMK Negeri 10 Semarang memberikan pelayanan sirkulasi yang diantaranya, yaitu: (1) melayani Bapak/Ibu Guru dan Karyawan yang berkunjung untuk membaca atau meminjam buku; (2) melayani peminjaman buku pelajaran bagi Siswa Kelas X, XI, dan XII yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal; (3) pemberian kartu bebas pustaka bagi Siswa yang telah lulus; dan (4) melayani peminjaman buku dalam versi digital (e-book) melalui perpustakaan digital (e-library).

Tetapi, sejak kondisi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di akhir tahun 2019 yang berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia, sehingga mulai tanggal 17 Maret 2020 Pemerintah memberlakukan proses pembelajaran Guru dan Siswa secara daring dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan kebijakan tersebut, maka Perpustakaan Sekolah tak terkecuali Perpustakaan SMK Negeri 10 Semarang pun menjadi sepi dan tidak ada satupun pengunjung yang datang karena ketidak hadiran Siswa ke sekolah., untuk sekedar membaca atau meminjam buku di perpustakaan.

Meskipun masih pada kondisi pandemi, kami Pengelola Perpustakaan tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada Pemustaka yang hadir. Setiap Pemustaka yang berkunjung wajib melaksanakan prokes yang ketat selama di dalam ruang Perpustakaan.

Bagaimana dengan Siswa yang memiliki minat membaca dan ingin membaca atau meminjam buku sementara tidak bisa berkunjung secara langsung ke Perpustakaan? E-library merupakan salah satu solusi bagi Perpustakaan SMK Negeri 10 Semarang untuk tetap bisa melayani dan menyediakan kebutuhan informasi bagi Siswa, seperti e-book. Dengan penggunaan e-book, Siswa tidak perlu datang ke Perpustakaan Sekolah. Kapanpun dan dimanapun Siswa, dapat membaca koleksi e-book di Perpustakaan melalui aplikasi e-library yang ada di handphone  secara gratis dan praktis.

Dengan penuh semangat, Pengelola Perpustakaan dan dibantu oleh Bapak/Ibu Guru dan Karyawan memberikan sosialisasi dan mengajarkan proses peminjaman e-book kepada Siswa. Sampai saat berita ini ditulis, perkembangan Pemustaka yang memanfaatkan e-library adalah sebagai berikut: (1) jumlah anggota yang terdaftar sudah mencapai 750 orang; (2) jumlah koleksi yang diakses sebanyak 12 judul e-book, dengan total 600 eksemplar; dan (3) jumlah transaksi peminjaman e-book tercatat sebanyak 1664 kali.

Tingginya antusias pemanfaatan e-book dan meningkatnya minat baca Siswa tersebut di atas tidak terlepas dari peran Bapak/Ibu Guru dan Karyawan yang telah menjadi mitra Pengelola Perpustakaan. Sehingga, Perpustakaan SMK Negeri 10 Semarang benar-benar telah menjadi manfaat yang sangat luar biasa untuk mendukung proses pembelajaran tetap berlangsung pada masa pandemi.

SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum., Pustakawan SMK Negeri 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar