Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Catatan Akhir Tahun 2023 Kepala SMKN 10 Semarang

Diterbitkan :

SMKN 10 Semarang adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Sekolah ini memiliki visi untuk menghebatkan SMKN 10 Semarang dengan pembangunan sekolah yang terukur. Sekolah ini juga memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berkarakter, dan berdaya saing di era global.

Selama tahun 2023, SMKN 10 Semarang telah mencapai banyak kemajuan yang patut dibanggakan. Hal ini tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama yang solid antara pimpinan, komite, guru, karyawan, dan siswa. Berikut adalah beberapa prestasi yang telah diraih oleh SMKN 10 Semarang di tahun 2023:
  1. Lolos SMK Pusat Keunggulan. SMKN 10 Semarang berhasil lolos seleksi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan. Hal ini menunjukkan bahwa SMKN 10 Semarang memiliki kinerja dan kualitas yang tinggi dalam bidang akademik, vokasi, dan karakter. Sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMKN 10 Semarang mendapatkan dukungan dan fasilitas dari pemerintah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sekolah.
  2. Juara Lomba Inovasi Sekolah. SMKN 10 Semarang berhasil meraih juara kedua dalam Lomba Inovasi Sekolah yang diselenggarakan oleh BPTIK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Lomba ini bertujuan untuk mendorong sekolah-sekolah di Jawa Tengah untuk menciptakan produk, layanan, atau solusi yang bermanfaat bagi masyarakat. SMKN 10 Semarang mengirimkan inovasi berjudul Kawal Bakule Berbantuan Literasi dan Digitalisasi. Program sekolah ini merupakan terobosan dalam meningkatkan kualitas siswa SMKN 10 Semarang melalui Kawal Bekerja, Kawal Kuliah dan Kawal Enterpreneur.
  3. Sekolah dengan kinerja terbaik Cabdin I. SMKN 10 Semarang berhasil meraih predikat sebagai sekolah dengan kinerja terbaik di wilayah Cabang Dinas Pendidikan I Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Cabdin I terhadap kinerja sekolah-sekolah di wilayahnya.
  4. Sukses program kawal kuliah dan kawal wirausaha. SMKN 10 Semarang juga berhasil menjalankan program kawal kuliah dan kawal wirausaha yang bertujuan untuk membantu siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau membuka usaha sendiri. Program kawal kuliah memberikan bimbingan dan persiapan kepada siswa yang ingin mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Program ini juga memberikan informasi dan rekomendasi tentang pilihan jurusan, kampus, dan beasiswa yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. Program kawal wirausaha memberikan bimbingan dan pelatihan kepada siswa yang ingin menjadi wirausahawan. Program ini juga memberikan informasi dan akses tentang modal, perizinan, pemasaran, dan jaringan usaha yang dapat mendukung bisnis siswa.
Di samping prestasi-prestasi tersebut, SMKN 10 Semarang juga terus melakukan pembangunan fisik dan sumber daya manusia yang berjalan lancar dan bisa selesai di akhir Desember 2023. Pembangunan fisik meliputi renovasi ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, bengkel, dan saluran air. Tahun 2023 ini sekolah mampu mengatasi banjir berkat pemeliharaan saluran air dan pembuatan saluran baru lengkap dengan kolam retensi di sisi utara sekolah.
Pembangunan sumber daya manusia meliputi peningkatan kompetensi guru dan karyawan, serta pengembangan bakat dan minat siswa. Sekolah juga mampu mendatangkan angkutan umum masuk ke Jalan Kokrosono sehingga memudahkan siswa perjalanan dari rumah ke sekolah.
SMKN 10 Semarang tidak hanya unggul dalam bidang akademik dan vokasi, tetapi juga dalam bidang literasi dan digital. Sekolah ini memiliki program-program yang membuatnya berbeda dengan sekolah lain, sekaligus berbagi ilmu dengan sekolah lain.
Salah satu program yang menjadi ciri khas SMKN 10 Semarang adalah Gerakan Guru Menulis. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas menulis guru-guru SMKN 10 Semarang. Setiap hari, setiap guru diwajibkan untuk menulis satu tulisan di website sekolah dan website Cabang Dinas Pendidikan I Kota dan Kabupaten Semarang. Tulisan-tulisan tersebut berisi tentang pengalaman, pemikiran, atau informasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan, khususnya SMK.
Program Gerakan Guru Menulis ini telah berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi guru-guru SMKN 10 Semarang. Mereka menjadi lebih terbiasa dan terampil dalam menulis, serta lebih kaya akan wawasan dan pengetahuan. Selain itu, tulisan-tulisan mereka juga bermanfaat bagi pembaca, baik dari kalangan internal maupun eksternal sekolah. Banyak sekolah lain yang terinspirasi dan mencontoh program Gerakan Guru Menulis ini.
Selain literasi, SMKN 10 Semarang juga mengedepankan digitalisasi. Sekolah ini telah mengembangkan produk-produk digital yang mendukung proses pembelajaran dan manajemen sekolah. Salah satu produk digital yang menjadi andalan SMKN 10 Semarang adalah Ulangan Tanpa Kuota. Aplikasi ini merupakan platform digital yang menyediakan layanan evaluasi pendidikan tanpa menggunakan kuota internet sehingga lebih efektif dan efisien.
Produk digitalisasi sekolah ini tidak hanya digunakan oleh SMKN 10 Semarang, tetapi juga oleh sekolah-sekolah lain yang membutuhkannya. SMKN 10 Semarang bersedia berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengembangkan produk digital dengan sekolah-sekolah lain. Banyak sekolah lain yang mengadopsi aplikasi digital yang dibangun oleh SMKN 10 Semarang, baik secara keseluruhan maupun sebagian.
Dengan produk digital yang dimilikinya, SMKN 10 Semarang juga mampu melaksanakan pembelajaran teaching factory dengan baik. Pembelajaran teaching factory adalah pembelajaran yang mengintegrasikan teori dan praktek secara langsung di dunia kerja. Siswa-siswa SMKN 10 Semarang mendapatkan kesempatan untuk belajar dan bekerja di berbagai perusahaan atau industri yang sesuai dengan jurusan mereka. Dengan aplikasi digital, siswa-siswa SMKN 10 Semarang dapat mengakses materi pembelajaran, mengirim tugas, dan mendapatkan evaluasi dari guru secara online.
SMKN 10 Semarang berharap bahwa dengan program-program literasi dan digital yang dimilikinya, sekolah ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas prestasi sekolah, serta berkontribusi positif bagi dunia pendidikan. SMKN 10 Semarang juga berharap bahwa dengan berbagi ilmu dengan sekolah lain, sekolah ini dapat memperluas jaringan dan kerjasama yang saling menguntungkan.
Menatap tahun 2024, SMKN 10 Semarang tidak akan berpuas diri dengan pencapaian yang telah diraih. Sekolah ini akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas prestasi sekolah. Untuk itu, visi sekolah berubah dari “Menghebatkan SMKN 10 Semarang dengan Penguatan Pembangunan Sekolah yang terukur” menjadi “Menghebatkan SMKN 10 Semarang dengan Tinggal Landas Pembangunan Sekolah yang terukur”. Kata “tinggal landas” berarti kemajuan sekolah dipacu lebih cepat dan lebih tinggi. Untuk mendukung visi baru ini, tagline sekolah juga berubah menjadi “SMKN 10 Semarang Juara Kelas”.
Tagline ini menggambarkan bahwa SMKN 10 Semarang adalah sekolah yang unggul di kelasnya, baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Sekolah ini juga memiliki semangat juang yang tinggi untuk terus berinovasi dan berkompetisi secara sehat dengan sekolah-sekolah lain. Sekolah ini juga memiliki rasa bangga dan cinta yang besar terhadap sekolah, guru, karyawan, dan siswa.
SMKN 10 Semarang berharap bahwa dengan visi dan tagline baru ini, seluruh warga sekolah semakin termotivasi dan berkomitmen untuk mencapai tujuan bersama. SMKN 10 Semarang juga berharap bahwa dengan prestasi-prestasi yang telah dan akan diraih, sekolah ini akan semakin dikenal dan diakui oleh masyarakat luas sebagai sekolah yang berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa.
Semarang, 28 Desember 2023
Ardan Sirodjuddin, M.Pd, Kepala SMKN 10 Semarang
Artikel ini memiliki

24 Komentar

Af'idatin
Jumat, 29 Des 2023

Keren semoga SMKN 10 Semarang semakin maju dan berkualitas

Balas
Ari Wijaya
Jumat, 29 Des 2023

Mantap betul…

Balas
Joko Suwignyo
Jumat, 29 Des 2023

Keteladanan dan kesabaran pimpinan untuk menuntun SDM akan menentukan arah tujuan ketercapaian program, Hebat dan mantab ……..

Balas
Johan h
Jumat, 29 Des 2023

Smk negeri 10 semarang bersama bapak Ardan Sirodjuddin terus berkarya untuk semakin maju dan jaya..

Balas
Bambang wahyudi
Jumat, 29 Des 2023

Alhamdulillah…Semoga dengan pencapaian2 yg telah di peroleh menjadikan SMKN 10 menjadi sekolah yg terdepan..Aminn….

Balas
Retno widjayanti
Jumat, 29 Des 2023

Alhamdulillah… semoga SMKN 10 SMG semakin maju dan sukses

Balas
Hartini
Jumat, 29 Des 2023

Semoga SMKN 10 makin jaya dan berprestasi

Balas
Dra.Warni
Jumat, 29 Des 2023

Tetap benahi kekurangan yg ada demi kemajuan sekolah ini. Terus berjuang tetap semangat raih prestasi yg lebih tinggi.

Balas
Sutirah
Jumat, 29 Des 2023

Baik

Balas
Joko setyadi
Jumat, 29 Des 2023

Smoga smkn 10 semarang semakin maju,berkwalitas,berprestasi & bs menghasilkan anak2 yg hebat πŸ€²πŸ™

Balas
Joko setyadi
Jumat, 29 Des 2023

Smoga smkn 10 smrng semakin maju & berprestasi πŸ€²πŸ™

Balas
Romadhon
Jumat, 29 Des 2023

Terus berkarya dan menciptakan inovasi inovasi terbaik semoga dari tahun ke tahun SMKN 10 semakin maju dan berkembang, serta menjadi pilihan bagi para calon2 siswa baru.

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 29 Des 2023

Mantap. Semoga tahun depan semakin berkembang.

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 29 Des 2023

Semoga tahun depan semakin berkembang.

Balas
Roma Agus Triyaningsih
Jumat, 29 Des 2023

Semoga kedepannya SMKN 10 semakin maju dan berkembang, terus berjuang dan terus tetap semangat untuk meraih prestasi yang lebih baik dan lebih tinggi Aamiin 🀲πŸ’ͺ

Balas
Muslim Anwar
Sabtu, 30 Des 2023

Sukses selalu SMKN 10 Semarang , semoga tahun 2024 lebih baik lagi dan mampu membentuk siswa yg santun dan berahllak

Balas
Wiler Upik
Sabtu, 30 Des 2023

Prestasi yang membanggakan. Luar biasa

Balas
James Arthur
Sabtu, 30 Des 2023

semoga SMKN 10 Semarang ber akreditasi A, aamiin…..

Balas
Rosyda
Minggu, 31 Des 2023

Keren, luar biasa
Semoga tahun depan dapat lebih baik lagi.

Balas
Rosyda
Minggu, 31 Des 2023

Luar biasa, mantap.
Semoga sekolah SMKN 10 Semarang tahun depan lebih baik lagi dan lebih berkembang

Balas
Antar Subandono
Minggu, 31 Des 2023

SMK N 10 semakin maju

Balas
Septiyo Ariyanto
Senin, 1 Jan 2024

Mantap, luar biasa

Balas
Mulyo S
Senin, 1 Jan 2024

Semoga tahunn depann semakin majuu..

Balas
Senin, 1 Jan 2024

SMKN 10 semakin maju

Balas

Beri Komentar